Sebuah organisasi ada hanya karena orang-orang yang menjadi bagian darinya, dan orang-orang itu membentuk dan menafsirkan karakter dan budaya organisasi. Artinya, sebuah organisasi orang yang berbeda mungkin memandang organisasi dengan cara yang berbeda dan berhubungan dengannya dengan cara yang berbeda. Pemimpin khususnya merumuskan sudut pandang tentang organisasi dan nilai-nilai yang dapat membantu orang mencapai misi, visi, dan tujuan strategis organisasi. Oleh karena itu, para pemimpin memberlakukan sudut pandang dan seperangkat nilai yang menurut mereka terbaik untuk membantu keberhasilan organisasi. Cara utama di mana para pemimpin mempengaruhi norma dan nilai untuk membangun budaya kinerja tinggi adalah melalui kepemimpinan budaya.
Seorang pemimpin budaya mendefinisikan dan menggunakan sinyal dan simbol untuk mempengaruhi budaya perusahaan. Pemimpin budaya mempengaruhi budaya dalam dua bidang utama:
- The cultural leader articulates a vision for the organizational culture that employees can believe in. Ini berarti pemimpin mendefinisikan dan mengomunikasikan nilai-nilai sentral yang diyakini dan akan dipegang oleh karyawan. Nilai terkait dengan misi yang jelas dan menarik, atau tujuan inti.
- The cultural leader heeds the day-to-day activities that reinforce the cultural vision. Pemimpin memastikan bahwa prosedur kerja dan sistem penghargaan cocok dan memperkuat nilai-nilai. Tindakan berbicara lebih keras daripada kata-kata, jadi pemimpin budaya ''menjalankan pembicaraan mereka.''
1. Ceremonies
Ceremonies adalah kegiatan terencana yang membentuk acara khusus dan umumnya dilakukan untuk kepentingan penonton. Para pemimpin dapat menjadwalkan upacara untuk memberikan contoh dramatis tentang nilai-nilai perusahaan. Upacara memperkuat nilai-nilai tertentu, menciptakan ikatan di antara karyawan dengan memungkinkan mereka untuk berbagi acara penting, dan mengurapi dan merayakan karyawan yang melambangkan prestasi penting.
2. Stories
Sebuah cerita adalah narasi berdasarkan peristiwa nyata yang sering diulang dan dibagikan di antara karyawan. Para pemimpin dapat menggunakan cerita untuk menggambarkan nilai-nilai utama perusahaan.
3. Symbols
Alat lain untuk menyampaikan nilai-nilai budaya adalah simbol. Simbol adalah objek, tindakan, atau peristiwa yang menyampaikan makna kepada orang lain.
4. Specialized LanguageÂ
Bahasa dapat membentuk dan mempengaruhi nilai dan keyakinan organisasi. Para pemimpin terkadang menggunakan slogan atau ucapan untuk mengekspresikan nilai-nilai utama perusahaan. Slogan dapat dengan mudah diambil dan diulang oleh karyawan.
5. Selection and SocializationÂ