Penulis: Eni Mulyani, Shafira Baroroh, Zetra Hainul Putra, Neni Hermita
Program Studi Pendidikan Dasar, Universitas Riau
Pendidikan adalah landasan utama bagi kemajuan masyarakat dan generasi mendatang. Namun, dalam menghadapi tantangan zaman yang terus berubah, diperlukan pendekatan yang inovatif untuk memastikan pengalaman belajar yang memadai dan relevan bagi anak-anak kita. Salah satu metode yang menjanjikan untuk mendorong transformasi ini adalah design research, yang menggabungkan elemen desain dan riset untuk menciptakan solusi yang lebih baik dalam konteks pendidikan dasar.
Metode design research tidak sekadar tentang memberikan pengetahuan kepada siswa, tetapi lebih jauh lagi, merancang lingkungan belajar yang memungkinkan pertumbuhan dan eksplorasi. Dengan mengintegrasikan kreativitas dan inovasi, pendidikan dasar dapat berubah menjadi pengalaman yang menginspirasi dan membantu anak-anak mengembangkan keterampilan yang relevan dengan dunia modern.
Salah satu aspek kunci dari design research dalam pendidikan adalah fokus pada pengguna, yaitu para siswa. Metode ini memahami bahwa setiap individu belajar dengan cara yang berbeda, oleh karena itu, desain pembelajaran haruslah dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan minat masing-masing anak. Dengan pendekatan ini, guru dapat menjadi fasilitator pengalaman belajar yang memotivasi dan menyenangkan.
Kreativitas juga menjadi inti dari metode ini. Dalam dunia yang terus berubah, kemampuan untuk berpikir kreatif dan menemukan solusi baru sangat diperlukan. Melalui design research, pendidikan dasar dapat menanamkan nilai-nilai ini sejak dini, dengan menyediakan ruang untuk eksperimen, kolaborasi, dan pengembangan ide-ide baru.
Tidak hanya berfokus pada siswa, metode design research juga melibatkan para pendidik dan pengambil kebijakan. Dengan menerapkan prinsip-prinsip design thinking, sekolah dapat menciptakan lingkungan yang mendukung kolaborasi antara guru, orangtua, dan komunitas lokal untuk merancang kurikulum yang lebih adaptif dan berorientasi pada hasil.
Namun, untuk menerapkan metode design research dengan efektif dalam pendidikan dasar, diperlukan komitmen dan investasi yang kuat dari semua pihak terkait. Guru perlu dilatih untuk mengadopsi pendekatan ini, sementara lembaga pendidikan dan pemerintah perlu memberikan dukungan dan sumber daya yang memadai.
Dengan mengadopsi metode design research dalam pendidikan dasar, kita dapat melihat perubahan yang signifikan dalam pengalaman belajar anak-anak. Mereka akan menjadi lebih siap menghadapi tantangan masa depan, lebih terampil dalam beradaptasi, dan lebih termotivasi untuk terus belajar dan berkembang. Inilah inti dari transformasi pendidikan dasar melalui kreativitas dan inovasi.
Editor: Afdhal Lestari
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H