Desa Batursari, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak -- Afarina Azatil Isma, Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro Tahun 2022, Program Studi Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) melaksanakan program monodisipliner terkait Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Membuat Konten Gambar Pada Media Sosial Sebagai Upaya Meningkatkan Branding Produk UMKM di Desa Batursari, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak pada Kamis (28/7/2022).
Pada tahun 2022 terdapat lebih dari 200 UMKM yang ada di Desa Batursari. Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh pelaku UMKM adalah sulitnya memperkenalkan produk kepada konsumen. Pelaku UMKM beranggapan bahwa hanya dengan pembuatan logo maka produk sudah memiliki identitas dan dikenal luas.Â
Anggapan ini kurang tepat karena jika ingin memperkenalkan produk lebih dalam kepada konsumen maka pelaku usaha perlu memiliki branding yang kuat terhadap produknya.Â
Untuk itu pelaku usaha perlu menciptakan logo yang menarik, konten publikasi pada media sosial, dan membuat citra positif pada produknya. Berdasarkan permasalahan tersebut maka saya membuat program mengenai Edukasi Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Membuat Konten Gambar Pada Media Sosial Sebagai Upaya Meningkatkan Branding Produk UMKM di Desa Batursari. Tujuan dari program ini adalah untuk memperkenalkan aplikasi desain Canva kepada pelaku UMKM agar mereka dapat membuat logo atau konten publikasi yang menarik sehingga produk mereka dapat dikenal luas.
Aplikasi desain Canva memiliki beberapa kelebihan. Pertama, tersedia banyak template sehingga memudahkan penggunanya untuk mengedit gambar. Aplikasi Canva menyediakan ribuan template sehingga pengguna hanya perlu menggunakan sistem drag and drop sesuai selera. Kedua, aplikasi Canva bisa diunduh dan dibagikan dengan beragam format seperti PNG, PDF, JPG, SVG, GIF, MP4, dan PPT. Ketiga, aplikasi Canva tidak berbayar sehingga pelaku UMKM tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk melakukan desain gambar.
Langkah awal dari program ini yaitu dengan melakukan survei dan wawancara singkat kepada pemilik UMKM; ZHAFIRA SNACK dan WARUNG STEAK 99. Usaha ZHAFIRA SNACK bergerak dalam bidang pembuatan jajanan pasar. Sedangkan usaha WARUNG STEAK 99 bergerak dalam bidang kuliner pembuatan steak. Berdasarkan hasil survei ini diperoleh informasi bahwa usaha tersebut memiliki permasalahan dalam melakukan branding produk.
Langkah selanjutnya pada hari Kamis (28/07) saya bertemu kembali dengan pemilik UMKM; ZHAFIRA SNACK dan WARUNG STEAK 99 secara langsung untuk melakukan edukasi penggunaan aplikasi Canva. Saya juga memberikan leaflet dan buku panduan mengenai aplikasi Canva untuk mempermudah penyampaian informasi. Pemilik UMKM; ZHAFIRA SNACK dan WARUNG STEAK 99 sangat bersemangat dan aktif bertanya saat kegiatan edukasi berlangsung. Â Output dari program monodisipliner ini adalah pelaku UMKM dapat menggunakan aplikasi Canva, kemudian dapat mendesain logo dan gambar konten publikasi
Penulis : Afarina Azatil Isma_12020119130071_Ilmu Ekonomi_FEB UNDIP
DPL : Dr.Ir.Martini.,M.Kes.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H