Mohon tunggu...
Adzra Nasywa Hibatullah
Adzra Nasywa Hibatullah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UIN Jakarta angkatan 2023 Kesejahteraan Sosial

Halo! Saya Adzra Nasywa Hibatullah, biasa dipanggil Adzra, seorang mahasiswi Kesejahteraan Sosial di UIN Jakarta yang passionate tentang perubahan sosial dan pengembangan masyarakat. Di sela-sela kesibukan kuliah, saya gemar mendengarkan musik untuk menyegarkan pikiran. Selain itu, menulis dan membaca cerita adalah hobi yang tak pernah lepas dari keseharian saya. Melalui blog ini, saya ingin berbagi pengalaman, pemikiran, dan kreativitas saya dengan para pembaca. Selamat menikmati tulisan-tulisan saya. Semoga bisa memberikan inspirasi dan wawasan baru bagi Anda semua!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Memaafkan

4 Juli 2024   12:51 Diperbarui: 4 Juli 2024   13:00 87
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Nama : Adzra Nasywa Hibatullah

NIM : 11230541000073

Kelas : Kesejahteraan Sosial 2B

Matkul : Retorika

Dosen Pengampu : Muhammad Firdaus, Lc.,MA.,Ph.D.

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua. Shalawat serta salam semoga senantiasa tercurah kepada junjungan kita, Nabi Muhammad SAW, beserta keluarga, sahabat, dan pengikutnya hingga akhir zaman.

Hadirin yang berbahagia, izinkan saya mengawali ceramah pada hari ini dengan mengajak kita semua untuk merenungkan kembali nikmat dan karunia yang telah Allah berikan dalam kehidupan kita. Betapa banyak anugerah yang terkadang luput dari perhatian kita di tengah kesibukan sehari-hari. Mari kita buka hati dan pikiran untuk menyerap hikmah dan pelajaran yang akan kita bahas bersama dalam kesempatan yang berharga ini.

Maaf secara etimologi berarti menghapus. Sementara dalam bahasa arab di sebutal-'Afw terambil dari akar kata yang terdiri dari huruf ain, fa' dan waw. Maknanya berkisar pada dua hal, yaitu meninggalkan sesuatu dan memintanya. Dari sini, lahir kata 'afwu yang berarti meninggalkan sangsi terhadap yang bersalah (memaafkan).

Maaf secara terminologi adalah menghapus bekas luka hati akibat perlakuan pihak lain yang dinilai tidak wajar. maaf merupakan ajaran akhlak dalam islam bahwa, seseorang menghapuskan kesalahan atau membatalkan melakukan pembalasan terhadap orang yang berbuat jahat atas dirinya.

Memaafkan sering dikaitkan dengan konsep-konsep seperti kebesaran hati, penyembuhan emosional, dan pertumbuhan spiritual (Enright & Fitzgibbons, 2000: 65). Memaafkan adalah proses melepaskan perasaan marah, dendam, atau keinginan untuk membalas terhadap seseorang yang telah menyakiti atau merugikan kita.

Dalam Al-Qur'an dan Hadits juga menjelaskan mengenai memaafkan, yaitu

Al-Qur'an Surah Ali 'Imran ayat 134: "(yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan."

Al-Qur'an Surah An-Nur ayat 22: "Dan janganlah orang-orang yang mempunyai kelebihan dan kelapangan di antara kamu bersumpah bahwa mereka (tidak) akan memberi (bantuan) kepada kaum kerabat(nya), orang-orang yang miskin dan orang-orang yang berhijrah pada jalan Allah, dan hendaklah mereka memaafkan dan berlapang dada. Apakah kamu tidak ingin bahwa Allah mengampunimu? Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."

Hadits riwayat Muslim: Rasulullah SAW bersabda: "Sedekah itu tidak akan mengurangi harta. Allah tidak akan menambah kepada hamba-Nya yang pemaaf melainkan kemuliaan, dan tidaklah seseorang merendahkan diri karena Allah melainkan Allah akan meninggikan derajatnya."

Kesulitan dalam meminta maaf dan memaafkan sering berakar pada mekanisme pertahanan diri manusia. Mengakui kesalahan atau melepaskan rasa sakit hati dapat membuat seseorang merasa rentan atau terancam. Faktor-faktor seperti harga diri, ketakutan akan penolakan, dan keinginan untuk mempertahankan citra diri positif seringkali menghalangi proses pemaafan yang sehat.

Banyak orang menganggap meminta maaf sebagai tanda kelemahan atau kekalahan. Anggapan keliru bahwa memaafkan berarti lemah atau kalah dapat menghambat sikap pemaaf" (Luskin, 2002: 92).

Perasaan marah dan terluka dapat menciptakan keinginan kuat untuk membalas dendam. Memaafkan mungkin terasa seperti melepaskan kesempatan untuk "mendapatkan keadilan" atau membuat pelaku merasakan rasa sakit yang sama. Dendam dapat menjadi penghalang besar dalam proses memaafkan, karena ada keinginan untuk melihat orang yang menyakiti juga merasakan penderitaan" (McCullough, 2008: 87).

Kesulitan dalam memahami perspektif orang lain dapat membuat sulit untuk berempati dengan pihak yang bersalah, yang merupakan komponen penting dalam proses pemaafan. Meminta maaf atau memaafkan dapat membuat seseorang merasa rentan. Ketidakmampuan untuk memahami perspektif orang lain dapat menghambat proses memaafkan" (Hoffman, 2000: 112).Ada ketakutan bahwa dengan membuka diri, mereka mungkin akan terluka lagi di masa depan.

Memahami alasan-alasan ini dapat membantu dalam mengatasi hambatan untuk meminta maaf dan memaafkan. Ini adalah proses yang kompleks dan sering kali membutuhkan waktu serta usaha yang signifikan, tetapi dapat sangat bermanfaat untuk kesejahteraan pribadi dan hubungan interpersonal.

Memaafkan juga dapat mengurangi stres. Menyimpan dendam dan kebencian meningkatkan produksi hormon stres seperti kortisol, yang dapat berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental. Dengan memaafkan, tingkat stres menurun, yang berdampak positif pada kesehatan secara keseluruhan. Dalam psikologi positif, memaafkan dianggap sebagai salah satu kekuatan karakter yang dapat meningkatkan kesejahteraan psikologis (Seligman & Csikszentmihalyi, 2000: 5).

Sikap memaafkan juga berkaitan dengan peningkatan optimisme dan harapan. Individu yang memaafkan cenderung memiliki pandangan yang lebih positif tentang masa depan dan kemampuan mereka untuk mengatasi kesulitan.

Memaafkan dapat memperbaiki dan memperkuat hubungan interpersonal. Ini penting karena hubungan sosial yang sehat adalah komponen kunci dari kesejahteraan psikologis. Kemampuan untuk memaafkan memungkinkan individu untuk mempertahankan hubungan yang berharga dan membangun ikatan sosial yang lebih kuat.

Mengembangkan sikap pemaaf di kalangan generasi muda Muslim merupakan aspek penting dalam pembentukan karakter dan pengembangan spiritual. Proses memaafkan melibatkan aspek kognitif, afektif, dan perilaku dalam diri seseorang (Worthington, 2006: 17).

Sikap pemaaf membantu memelihara dan memperbaiki hubungan interpersonal. Dalam konteks keluarga, pertemanan, atau lingkungan kerja, kemampuan untuk memaafkan dapat mengurangi konflik dan menciptakan lingkungan yang lebih harmonis. Sikap pemaaf dapat mempererat tali silaturahmi dan menciptakan lingkungan yang lebih damai dalam masyarakat" (Al-Ghazali, 2010: 156).

Kesehatan Mental yang Lebih Baik: Memaafkan dapat mengurangi stres, kecemasan, dan depresi. Seorang Muslim yang mempraktikkan pemaafan cenderung memiliki kesejahteraan psikologis yang lebih baik, yang berdampak positif pada ibadah dan kehidupan sehari-hari. Memaafkan orang lain dapat mengurangi beban pikiran dan meningkatkan kesehatan mental" (Subandi, 2011: 87).

Pada skala yang lebih luas, sikap pemaaf di kalangan Muslim dapat berkontribusi pada perdamaian sosial dan toleransi antar komunitas. Dengan memaafkan, seseorang dapat lebih fokus pada hal-hal yang positif dan produktif dalam hidupnya" (Gymnastiar, 2015: 78).

Memaafkan merupakan sikap yang memiliki dampak mendalam pada kesehatan mental, kesejahteraan psikologis, dan kualitas hidup seseorang. Penelitian menunjukkan bahwa individu yang mampu memaafkan cenderung mengalami tingkat stres, kecemasan, dan depresi yang lebih rendah, serta memiliki harga diri dan kepuasan hidup yang lebih tinggi. Memaafkan bukan hanya tindakan, tetapi proses transformasi diri yang mendalam" (Enright & Fitzgibbons, 2000: 65).

Sikap pemaaf juga berkontribusi pada peningkatan kualitas hubungan interpersonal, yang pada gilirannya mendukung kesejahteraan psikologis secara keseluruhan. Dalam konteks spiritual, khususnya bagi umat Muslim, memaafkan sejalan dengan ajaran agama tentang rahmat dan kasih sayang, sehingga dapat memperdalam hubungan seseorang dengan Sang Pencipta.

Mengembangkan dan mempraktikkan sikap pemaaf dalam kehidupan sehari-hari memiliki implikasi praktis yang luas. Kemampuan memaafkan dapat ditingkatkan melalui latihan dan pengembangan diri yang konsisten" (Worthington, 2006: 251).Mulai dari meningkatkan kualitas hubungan pribadi, memfasilitasi resolusi konflik yang lebih efektif, hingga berkontribusi pada perdamaian sosial yang lebih luas. 

Sikap ini juga mendorong pengembangan empati dan belas kasih, meningkatkan produktivitas, serta memberikan contoh positif bagi orang lain, terutama generasi muda. 

Dengan demikian, memaafkan bukan hanya bermanfaat bagi individu, tetapi juga memiliki potensi untuk menciptakan dampak positif yang signifikan pada masyarakat secara keseluruhan, mencerminkan nilai-nilai universal tentang kemanusiaan dan harmoni sosial.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun