Sekarang ini  telah menjadi pengetahuan umum bahwa konten kreator merupakan salah satu pekerjaan yang sedang berkembang pesat. Konten kreator dapat menjadi wajah maupun penyambung komunikasi antara perusahaan atau brand dengan konsumen melalui jaringan media sosial, sehingga kehadirannya sangat dibutuhkan.
Dalam mengontrol citra atau reputasi suatu perusahaan melalui media sosial, dibutuhkan cara yang kreatif dan ide-ide baru untuk membangun strategi pemasaran. Hal tersebut dapat dicapai melalui kreatif ekonomi ekosistem dari para konten kreator di TipTip yang merupakan individu atau komunitas, di  mana mereka bisa monetisasi tanpa perlu memiliki banyak followers.
TipTip merupakan platform sekaligus tempat yang tepat bagi content creators dan ekosistemnya. Karena, selain bisa mendapatkan banyak ilmu melalui digital content, aplikasi ini juga bisa membuat para creator-promoter-supporter mendapatkan penghasilan tambahan lewat fitur TipTip.
Kali ini di Kompasianival 2022, TipTip membagikan tips menjadi konten kreator handal melalui sesi Live Podcast yang bertemakan Better Lifestyle - #LakuindiTipTip. Dihadiri oleh Tyas Rarasmurti selaku Public Relations Lead dari TipTip, Coki Wicaksono selaku VP Brand Strategy, dan Sultan Tanjung selaku Head of Channel Performance.
Coki Wicaksono menyampaikan bahwa platform Tiptip tidak membatasi siapapun yang memiliki karya-karya digital yang kreatif dan original. Siapapun bisa bebas mengekspresikan diri, mendorong dan mengembangkan agar kualitas content mereka menjadi lebih baik sehingga dan menambah penghasilan melalui platform ini.
"TipTip akan membantu mengembangkan karya teman-teman. Selain itu masalah hak cipta masing-masing kreator juga akan dijaga supaya tidak bisa di plagiat oleh orang lain", jelas Coki
Salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh TipTip kepada para konten kreatornya adalah memberikan hasil yang transparan di Creator's Hub, di mana para konten kreator TipTip bisa melihat hasil yang mereka peroleh dan memahami konten seperti apa yang efektif sehinga bisa lebih menjual.
"Orang-orang yang suka menonton konten kami biasanya disebut sebagai suporter. Di TipTip ini adalah sebum media penghubung, yang meaghubungkan 3 pilar ekosistem yaitu, suporter sekaligus promotor dan kreator. Jadi, teman-teman yang telah menjual karyanya di TipTip akan dibantu promote oleh para suporter", kata Sultan Tanjung.
TipTip ingin membantu meningkatkan perekonomian dengan menyediakan jalan bagi para kreator untuk memonetisasi karya mereka dan memperluas akses bagi siapa saja untuk mendapatkan ilmu pengetahuan serta karya digital secara langsung dari para kreator favorit mereka.
"Jadi kami memiliki visi misi yaitu ingin meningkatkan perekonomian tidak hanya untuk para kreator tetapi juga untuk para suporter dan promotor. Tiga pilar ini dibangun secara bersama di dalam satu ekosistem ekonomi agar dapat grow together dalam satu platform, yakni TipTip", ungkap Tyas.
Dalam penggunaan aplikasi TipTip, para konten kreator tidak dibatasi karyanya, mereka dapat  bereksplorasi dalam banyak macam eksekusi digital konten termasuk bermusik, edukasi, seni, maupun olahraga. Dalam bincang-bincang terserbut, Coki Wicaksono juga menambahkan bah saat ini TipTip sedan menjalankan kampanya Desember Spektakuler dimana consumen akan mendapatkan potongan harga 90% Untuk pembelian pertama Tanya bagi 20 konten kreator terpilih dan hanya Untuk 50 konten pilihan, dengan memasukkan kode TIPTIP90 pada saat proses pembayaran.
Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antara narasumber dan Kompasianer yang hadir pada Kompasianival 2022. (LKE)
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI