Jakarta -- Female & Children Media Grid Network menggelar pertunjukkan Fashion Date dengan konsep fashion show virtual yang memamerkan koleksi busana untuk Hari Raya Lebaran tahun 2022.
Pertunjukkan ini diinisiasi oleh Stylo Indonesia dengan menampilkan pilihan koleksi busana Muslimah dan modest wear untuk menyambut Ramadan dan Lebaran di tahun 2022.
Acara ini merupakan perpanjangan dari Beauty Date yang sempat diadakan pada 2020 lalu, dan kali ini menggandeng 9 brand media dari Female & Children Media Grid Network.
Ridho Nugroho, M.I.Kom, sebagai Head of Fashion Beauty Grid Network & Show Director Fashion Date mengisahkan latar belakangnya dalam menginisiasi acara ini.
"Sebagai inisiator, salah satu alasan saya menggelar Fashion Date perdana di tahun 2022 ini adalah sebagai perpanjangan dari acara Beauty Date yang sempat digelar di bulan Juli 2020 silam.Â
Tujuan lainnya diselenggarakannya Fashion Date untuk memperkuat posisi Female & Children Media Grid Network sebagai grup besar dari KG Media yang memiliki audiens terbesar perempuan di Indonesia serta berbagai media female dengan karakteristik khusus di dalamnya. Di antaranya ada Nova, Nakita, Sajian Sedap, Grid.ID, Stylo Indonesia, CewekBanget.ID, Parapuan, Bobo dan GridKids," ungkap Ridho.
Panggung Fashion Date ingin menampilkan kreativitas para pelaku industri fashion, dalam hal ini fashion desainer muda, brand fashion lokal, dan UMKM.
Virtual trunk show yang terdiri dari 7 sesi berbeda ini menampilkan tren-tren fashion khususnya fashion hijab, fashion muslimah, dan busana modest untuk Hari Raya.
Tak hanya media perempuan, Fashion Date juga turut menggandeng media anak agar dapat menjadi inspirasi busana Hari Raya bagi audiens perempuan dari berbagai usia mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa.
"Di perhelatan Fashion Date 2022 kali ini, kami juga menggandeng Children Media Grid Network yang hingga kini masih menjadi satu-satunya media anak terbesar dan terbaik di Indonesia lewat Majalah Bobo, Majalah Mombi, Bobo.id, serta Grid Kids. Karena salah satu yang paling menarik dan paling dicari oleh masyarakat menjelang Lebaran adalah busana anak serta busana kembaran keluarga atau sarimbit," jelas sosok yang akrab disapa Idho tersebut.
"Harapan terbesar kami, Fashion Date bisa menghadirkan beragam pilihan busana modest dan muslim untuk Ramadan dan Lebaran dari para fashion desainer berbakat Indonesia sesuai dengan tema Raya Collection 2022 yang diusung," sambungnya.
Fashion Date bekerja sama dengan Pelangi Wastra Indonesia (PWI), komunitas perkumpulan fashion desainer yang mengusung koleksi desainer yang terbuat dari kekayaan wastra khas Indonesia.
PWI sendiri selama ini memiliki tujuan untuk lebih memperkenalkan wastra Indonesia di mata dunia.
"Alasan kami menggandeng para fashion desainer dari PWI adalah tentunya kesamaan visi dan value dalam berkolaborasi. Kami pun memberi tantangan kepada masing-masing para fashion desainer PWI untuk menciptakan koleksi busana spesial yang disesuaikan dengan karakteristik media dan audiens Female & Children Grid Network yang terlibat," ungkap Idho.
Ajakan kolaborasi tersebut pun disambut dengan baik oleh PWI, diwakili oleh Leny Rafael selaku ketua PWI.
"Saya dan teman-teman sangat bangga bisa ikut berpartisipasi di event Fashion Date ini. Koleksi busana untuk acara ini kami persiapkan selama 1 bulan. Dengan acara ini berlangsung, semoga karya-karya kami bisa menjadi inspirasi di Hari Raya," ungkap Leny.
Sebanyak 8 desainer dari PWI masing-masing menciptakan dan menampilkan koleksi berupa 3 buah busana eksklusif hanya untuk Fashion Date, disesuaikan dengan tema yang telah ditentukan.
Adapun 8 orang desainer yang berpartisipasi dalam Fashion Date adalah Leny Rafael, Dwi Lestari Kartika, Nydi Citra, Fia Prasetyahadi, Lala Gozali, Ning Santoso, Adelina, dan Putri Permana.
Diinisiasi sejak Februari 2022, persiapan intensif untuk Fashion Date dilakukan selama 1 bulan terakhir dengan melibatkan total tim internal dan eksternal sebanyak 56 orang.
Tentunya Virtual Trunk Show Fashion Date juga tidak akan terwujud dengan baik tanpa dukungan dan kerja sama dari berbagai pihak.
"Secara keseluruhan, waktu persiapan acara Fashion Date 2022 ini dilakukan kurang lebih selama 1 bulan dengan melibatkan tim internal serta partner eksternal. Kami juga ingin mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada para brand partnership yaitu PWI dan seluruh desainer yang berpartisipasi, Tokopedia, Accha, Hangry Indonesia, dan Pergi Kuliner yang telah mendukung terlaksananya acara Fashion Date ini," ungkap Idho.
Dengan durasi 1 jam, Virtual Trunk Show Fashion Date akan ditayangkan secara live dan serentak di Tokopedia Play dan seluruh platform media sosial (Youtube Live, Instagram Live, TikTok Live, dan Facebook Live) milik 9 media yang berpartisipasi pada 9 April 2022 pukul 16.00 WIB.
Penayangan Virtual Trunk Show Fashion Date 2022 juga didukung oleh sejumlah media partner yaitu Stellar Women, Motion Radio, NetTV, Club Mode UI, Mind Talkers, BEM Podomoro University, BEM GAMA FIB Unpad, dan She Starts.id.
"Alasan di balik konsep Fashion Date: Virtual Trunk Show Raya Collection 2022 yang paling utama ialah kita masih berada dalam kondisi pandemi saat ini sehingga bijak rasanya tidak memaksakan diri untuk menggelar event offline. Dan, kami rasa, menonton peragaan busana secara virtual sudah menjadi tren baru di 2 tahun belakangan tanpa mengurangi esensi dari sebuah fashion show serta keindahan koleksi busana," jelas Idho.
Ke depannya, diharapkan Fashion Date bisa menjadi flagship event tahunan yang diadakan oleh Female & Children Media Grid Network.
"Fashion Date diharapkan dapat menjadi flagship event tahunan Female & Children Media Grid Network ke depannya sekaligus menjadi program tahunan yang mengukuhkan posisi kami sebagai media lifestyle terbesar dan terbaik di Indonesia," tutup Idho. (*)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H