Menurut Data Badan Pusat Statistik, porsi UMKM yang dikelola perempuan sebanyak 64,5% dari total UMKM Indonesia di 2018 atau mencapai 37 juta UMKM. Namun, sebagian besar usaha yang dijalankan perempuan masih bergerak di sektor mikro, informal bahkan ultra mikro yang tidak memiliki akses ke dunia digital.
Kementerian Koperasi dan UKM mendorong perempuan yang jumlahnya mendominasi pelaku UMKM mikro untuk menguasai keterampilan bisnis digital. Untuk mempercepat transformasi menuju 10 juta UMKM go digital, diperlukan kerja sama antar pemerintah, lembaga, institusi dan pihak swasta.
Hal itu disampaikan oleh Destry Anna Sari, Asisten Deputi Pemasaran, Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran, Kementerian Koperasi dan UKM, dalam seminar digital bertema "Perempuan Pelaku UMKM: Berkembang dengan Memanfaatkan Teknologi Digital", yang diselenggarakan oleh Danone Indonesia bekerja sama dengan Google Indonesia, melalui program Women Will, pada hari Jumat, 18 Desember 2020.
Danone Indonesia memiliki program-program pemberdayaan perempuan dalam hal pembinaan UMKM seperti AQUA Home Service (AHS) bagi para ibu rumah tangga, dan juga Warung Anak Sehat (WAS) yang ditujukan bagi para ibu pengelola kantin di sejumlah Sekolah Dasar di Indonesia.
Vera Galuh Sugijanto, VP General Secretary Danone Indonesia, mengatakan bahwa di tengah pandemi seperti sekarang, pengusaha perempuan AQUA Home Service dan Warung Anak Sehat mengalami situasi yang menuntut mereka untuk beradaptasi dengan teknologi.
Materi yang diberikan antara lain edukasi terkait pemanfaatan teknologi digital untuk optimalisasi bisnis seperti penggunaan media sosial dan fitur Google My Business, membangun kesiapan mental berwirausaha, dan penguatan business mindset yang disusun dalam 4 modul yang disampaikan secara bertahap selama bulan Oktober hingga November.
"Peserta dibagi dalam beberapa batch dan diberikan sesi tanya jawab secara intensif dan berbagai kisah sukses para perempuan pelaku UMKM agar peserta termotivasi mengikuti jejak sukses mereka," ujarnya.
Ia menyatakan bahwa Google Indonesia berkomitmen membantu wanita memaksimalkan teknologi untuk mengasah keterampilan, mendapatkan inspirasi, dan terhubung satu sama lain melalui pelatihan, acara, dan advokasi, karena Indonesia merupakan negara yang sangat kuat kewirausahaannya.
"Silakan cek website kami di g.co/growindonesia untuk melihat informasi pelatihan yang kami berikan kepada pelaku UMKM perempuan dimana mereka dapat menjalankan usahanya dari rumah sambil menerapkan ilmu pemasaran secara digital untuk memperluas pasar sehingga dapat mengoptimalkan bisnis mereka," tambahnya.
Menurutnya, di masa pembatasan aktivitas karena alasan keselamatan dan kesehatan seperti saat ini, masyarakat mengganti kebiasaan berbelanja dari offline ke online, dan kunci utamanya agar UMKM bisa bertahan adalah kemampuan merespons perubahan tren yang terjadi karena pandemi ini.
"Agar tetap dapat menjangkau konsumennya, UMKM perlu melakukan transformasi ke bisnis digital. Pelaku UMKM juga dituntut untuk memiliki business mindset dan jiwa kompetitif yang kuat serta daya kreativitas yang terus diasah agar dapat beradaptasi dan melakukan berbagai inovasi dalam menghadapi persaingan di bisnis online," ujar Jonathan.
Vera menambahkan bahwa kini saatnya perempuan Indonesia yang membidangi UMKM melakukan transformasi bisnis ke dunia digital agar bisa bertahan, maju dan berkembang, terutama di masa pandemi ini.
Ia menyarankan agar para pelaku UMKM untuk mulai memperkaya diri dengan wawasan dan pengalaman dengan mengikuti berbagai workshop tentang pengembangan bisnis UMKM.
Menurutnya, selain mendapatkan ilmu, dengan mengikuti workshop juga bisa merasakan manfaat lain seperti mendapatkan inspirasi dari sesama pelaku UMKM, mendapat dukungan dan pendampingan, serta kesempatan berjejaring untuk mengembangkan usaha.
"Kami yakin perempuan Indonesia bisa membangun generasi berkualitas di keluarga dan berkontribusi menggerakkan perekonomian negara!" tutup Vera.
Untuk mengetahui info selengkapnya tentang Danone Indonesia, yuk subscribe YouTube Danone Indonesia dengan klik di sini. (LKE)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H