Mohon tunggu...
Adrian Rizky
Adrian Rizky Mohon Tunggu... Lainnya - Profesor

Saya tertarik dengan menulis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Bisnis Plan

29 Juni 2024   13:46 Diperbarui: 29 Juni 2024   13:51 97
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

KATA pengantar


Assalamualaikum wr.wb
Puji serta syukur atas karunia allah swt, tuhan yang maha esa atas kenikmatan dan kesempatan yang diberikan kepada kita. Sehingga kita tetap bias eksistensi sampai hari ini. Dan selalu semangat dalam menjalani rutinitas setiap harisnya.
Pada kesempatan kali ini, saya menyampaikan tujuan dari proposal usaha ini adalah untuk membangun kerja sama dalam berbagai aspek permodalan, mitra dan relasi bisnis kepada khalayakramai, investor dimanapun berada.


BAB I
pendahuluan


A.latarbelakang


Banyak orang yang ingin membuat acara atau kegiatan secara simpel dan efisien.Contohnya dalam hal penyiapan makanan dan hidangan. Biasanya mereka lebih memilihuntuk memesan makanan daripada membuatnya sendiri dengan alasan pertimbangan waktudan tenaga walaupun memang sedikit mahal. Dari pemikiran inilah kami mempunyai ide untuk membuat bisnis usaha makanan.Di zaman berkembangnya dunia ini banyak sekali jenis jenis bisnis yang dirintis oleh para pebisnis untuk mendapatkan waralaba yangmenggiurkan, dan banyak sekali perusahaan-perusahaan yang sukses berkat terjun didunia Industri pangan.
Dalam memulai usaha dalam bidang apapun, maka yang pertama kali harusdiketahui adalah peluang pasar dan bagaimanan mendapat omset dan bagaimana peluang pasar yang hendak kita masuki dalam bisnis kita dan bagaimana cara memperoleh omsettersebut. Yang kedua adalah kita harus mampu menganalisa keunggulan dan kelemahan pesaing kita dan sejauh mana kemampuan kita untuk bersaing dengan mereka baik dari sisiharga, pelayanan,suasana maupun kualitas. Yang ketiga adalah persiapkan mental dankeberanian memulai. Singkirkan hambatan psikologis rasa malu, takut gagal dan perang batin antara berkeinginan dan keraguan. Jangan lupa harus siap menghadapi resiko, dimanaresiko bisnis adalah untung atau rugi. Semakin besar untungnya maka resikonya punsemakin besar. Yang terpenting adalah berani mencoba dan memulai. Lebih baik mencobatetapi gagal dari pada gagal mencoba.Karena yang sering terpuruk adalah pertimbangan usaha caf karena caf di zaman sekarang banyak sekali di gemari oleh kalangan-kalangan remaja.Salain bisa di gunakan untuk tempat makan,caf bisa juga di jadikan tempat nongkrong.

B. A lawan

Kami memilih mendirikan usaha Coffee Shop, karena Coffee Shop adalah sebuahtempat yang biasa dijadikan pilihan untuk refreshing bagi sebagian orang, karenatempatnya mampu membuat pelanggan melupakan sejenak masalah dan kesibukan yangsedang dihadapi. Kami memilih minuman kopi dan teh untuk dijual di Coffee Shop ini,karena minuman merupakan salah satu kebutuhan manusia yang setiap saat harus selaludikonsumsi
.Usaha Coffe Shop ini kaminamakan "Secangkir  Coffee". Di Coffee Shop ini tidak hanya menyediakan kopi saja tetapi menyediakan makanan dan minuman lainya. Kami memilih kopi untuk dijual di Coffee Shop ini karena kopi mempunyai manfaat untuk kesehatan tubuh, di sisi lain kopi dan teh juga menjadi jenis minuman favorit bagi orang banyak.Pelanggan dapat menikmati berbagai macam rasa dengan harga yang ekonomis dan kualitasnya terjamin, dekorasi tempatnya yang rapih, bersih serta fasilitas dan pelayanan yang baik membuat pelanggan merasa nyaman sehingga ingin berlama-lama.

C. Tujuan Usaha


Untuk belajar berwirausaha, mengembangkan kreativitas, membuka lapangan pekerjaan, dan kemampuan dari rumpun keilmuan yang kami miliki dan berdasarkan kebutuhan usaha untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.


BAB II
PROFIL operasional


A. Nama Usahanya


Usaha yang akan kami kembangkan adalah "Secangkir  Coffee" yang merupakan usaha dalam bidang perdagangan yang menjual berbagai jenis kopi dan makanan ringan pelengkap saat ngopi.


B. Visi, dan Misi
*Visi
Menjadi kedai kopi yang mampu berkompetisi secara sehat danmempunyai daya saing yang tinggi.
*Misi perusahaan
Memberikan layanan yang berorientasi pada kepuasan konsumen
Menyajikan makanan dan minuman yang berkualitas dengan harga terjangkaunya


 C. Alamat Usaha
Secangkir Coffee terletak di Jl. Bukit Pesanggerahan Indah 1, Raga Jaya, Bojonggede, Kota Bogor, Jawa Barat 16920 Telepon : 089508543088


D. Slogan Perusahaan
"Secangkir Kopi Untuk Menemani Hari-hari"


 E. Waktu Operasional
Secangkir Coffee dibuka mulai pukul 10.00 WIB sampai dengan 24.00 WIB yang mana segala kalangan dapat mengunjungi Coffe Shop kami saat waktusenggang seperti break lunch, atau sepulang sekolah sambil mengerjakan tugas darisekolah ataupun kampus.


BAB III
STRUKTUR organisasi


A. Jumlah karyawan 5 orang terdiri dari :
1. Agung dan Wawan sebagai barista yang memiliki tugas untuk membuataneka minuman kopi hangat atau dingin untuk pemesan .
2.Agus sebagai koki yang memiliki tugas untuk membuat aneka makanan ataucemilan untuk pemesan.
3.Abdul sabagai waiter yang bertugas untuk mengantar minuman danmakanan untuk pemesan.
4.Adi Setiawan sebagai pemilik dan kasir yang bertugas untuk menerima pembayaran dari pemesan

BAB IV
PRODUK USAHA
 
A . JENIS PRODUK
Jenis produk yang kami jual adalah aneka macam kopi diantaranya kopi singleorigin, dan kopi campuran. Single origin kita sediakan diantaranya Sumatera Arabica Gayo,Kopi Muria, Arumanis Robusta dll. Untuk kopi mix kita sediakan cappucino, cappucinolatte dll. Sedangkan dalam penyajian produk, kami menawarkan banyak cara penyeduhankopi. Dari mulai penyajian vietnamese drip, V60, espresso, cappucino dll. Aneka makananringan diantaranya Friench Friesh, dll. Dari produk yang sudah kami sebutkan nantinyaakan ada pembaruan produk seperti jenis kopi baru dan makanan ringan yang bervaria.

B . PERALATAN USAHA
Untuk menunjang proses produksi kami, tentunya kami membutuhkan peralatan produksi atau alat alat yang dapat kami gunakan untuk berdagang. Adapun macam-macam peralatan yang kami butuhkan adalah ;
*Mesin Espresso
*Mesin Grinder kopi elektrik
*Mesin Grinder kopi Manual
*Peralatan seduh V60
*Peralatan seduh Vietnamese drip
*Rok Presso
*French press
*Aero Press
*Coffee equipment
*Termos Es
*Kompor
*Penggorengan
*Piring
*Gelas
*Sendok garpu
*Kursi Meja Taman


C. Bahan Baku :
*Aneka Kopi
*Susu
*Air Mineral
*Gula
*Garam
*Coklat
*Buah
*Mie instan
*Teh
*Minyak Goreng
*Tepungku


D. Kelebihan Produk :
*Harga Murah
*Higienis
*Kualiatas Rasa Yang Diutamakan
*Tempat Nyaman
*Free Hp telor


E.PEMBUATAN PRODUK
Dalam   pembuatan   produk   kami  pada  menu minuman   kopi  , pembuatannya  bermacam   macam.  Ada  yang menggunakan   mesin   kopi atau   mesin   press ada   juga dengan   menggunakan  alat manual. Alat manual sendiri akan digunakan jika mesin kopi tidak bisa digunakan atau sedang mati listrik. Tinggal sesuai permintaan dari konsumen. Sedangkan untuk pembuatan makanan    ringan  , kam i   menggunakan penggorengan  dan   alat   penggorengan untuk   memasak  prduk yang dipesan pengunjung.
Demikian proposal usaha ini, sebagai media informasi menjalin kerja sama bisnis kedepannya. Terima kasih dan sukses bisnis untuk kitasemua.


BAB V
ASPEK PEMASARAN
 
A.TARGET DAN SEGMENTASI pasar


Target kita sendiri dari segi usaha, kami sangat mengharapkan para investor bersediamendukung usaha yang akan kami buat dari segi modal. Usaha ini terbilang boomingkarena kebutuhan akan tempat berkumpul, tempat belajar dengan fasilitas free Wi-Fi
sekaligus tempat para siswa untuk menambah pengetahuan tentang produk kopi dan bagaimana penyeduhan kopi yang tepat. Disamping harga yang terjangkau, nama yang unik, dihidangkan secara unik, penataan ruang yang tidak biasa juga menarik minat konsumen untuk berkunjung dan membeli produk kami sekaligus menikmati fasilitas yangkami sediakan. Namun yang lebih diutamakan disini adalah kualitas dan kenikmatan dari produk yang berada di kedai ini.

B. FAKTOR kompetitif


Faktor kompetitif yang ada di pasaran adalah para kompetitor yang sudah terlebihdahulu menggeluti usaha kedai kopi. Keunggulan yang mungkin ada pada kompetitoradalah luasnya tempat yang disediakan dan fasilitas yang cukup mewah. Namunkebanyakan kompetitor mempunyai beberapa kelemahan diantaranya dalam pelayananyang kurang maksimal, lama dalam menyajikan pesanan, lebih mahal harga yangditawarkan untuk sebuah pelayanan yang diberikan, serta sempitnya lahan parkir.

C. RENCANA penjualan


Faktor penjualan adalah hal yang penting untuk diperhatikan, karena disinilah bagaimana kita memperkenalkan produk yang kami jual, dan menentukan berkembangnyausaha kita. Sehingga untuk penjualan sendiri dalam segi promosi kami lebih memilih mediasosial sebagai sarana promosi yang akan kami lakukan. Serta untuk mengenalkan tempatusaha yang akan kami dirikan, kami akan membuat even untuk meramaikan kedai kopikami. Dengan cara menyediakan peralatan musik untuk bisa ditempati band atau penyanyiyang ingin menaikkan namanya. Untuk pemasaran produk, kami juga akan memberikanharga khusus pada pelajar. Sehingga akan cocok dengan kantong para P belajar

BAB VI
RENCANA KEUANGAN
Berdasarkan segala sesuatunya yang belum terorganisir seutuhnya,memungkinkan bahwakeuangan yang dijalankan berdasrakn system pribadi, walaupun usaha ini belumsepenuhnya merupakan milik perseorangan. Adapun rincian sebagai berikut.Peralatan yang dibutuhkan (Aktiva Tetap)
1.Aero press : Rp. 445.000,-
2. French press : Rp. 130.000,-
3.Cookmaster Vdrip : Rp. 70.000,-
4.Hario V60 : Rp. 80.000.-
5.Kettle leher angsa : Rp. 170.000,-
6.Hario V60 drip decenter : Rp. 400.000,-
7.Timbangan kopi : Rp. 450.000,-
8.Manual handy coffee : Rp. 160.000.-
9.Grinder coffee :Rp. 750.000.-
10.Mesin kopi : Rp. 2.500.000.-
11.Milk jug : Rp. 200.000.-
12.Wajan maxim : Rp. 170.000.-
13.Kompor gas portable : Rp. 170.000.-
14.Komor gas dua tungku : Rp. 350.000.-
15.Meja kursi taman : Rp. 3.000.000.-
16.Alat goreng kentang : Rp. 1.300.000.-
17.Alat kebersihan : Rp. 155.000.-
Total Rp. 10.500.000.-
 Bahan baku untuk 3 bulan pertama (Aktiva Lancar)
1.Kopi : Rp. 1.000.000.-
2.Kentang goreng : Rp. 2.000.000.-
3.Gas : Rp. 1.500.000.-
4.Minyak goreng : Rp. 1.000.000.-
5.Lain-lain : Rp. 1.500.000.-
Total Rp. 7.000.000

Modal investasi yang diperlukan, secara ringkas adalah sebagai berikut:

Biaya sewa gedung ( untuk 1 tahun sewa ) Rp. 15.000.000.-
Biaya rancang interior  Rp. 5.500.000.-
Peralatan Rp. 10.500.000.-
Lain-lain Rp. 9.000.000.-
TOTAL Rp. 40.000.000.-

 Modal kerja yang dibutuhkan untuk operasional selama satu (1) bulan dengan rata-ratamelayani 1.050 orang (35 orang perhari) dalam 3 bulan pertama:

Pembelian Bahan Baku :Rp. 7.000.000.-
 Gaji Karyawan Rp. 3.000.000 X 4 : Rp. 12.000.000.-
Biaya Pemeliharaan : Rp. 2.000.000.-
Biaya Pemasaran : Rp. 1.000.000.-
Alat Tulis Kantor : Rp. 500.000.-
Administrasi Lain : Rp. 1.000.000.-
TOTAL; Rp. 13.500.000.-

Target Pendapatan tiap bulan (3 bulan pertama) dengan rata-rata pengunjung 35orang perhari atau 1050 pengunjung dengan rata rata konsumsi Rp.20.000,-/ orang, pembelian kopi dan variannya, adalah sebesar: Rp.20.000,- X 1.050 = Rp.21.000.000,-

Nilai Investasi Pokok :Rp. 40.000.000.-
 Pengeluaran Perbulan Selama 3 Bulan Pertama :Rp. 13.500.000.-
 Pendapatan Perbulan Selama 3 Bulan :Rp. 21.000.000.-
  Nilai Keuntungan Perbulan; Rp. 7.500.000.-
 total pengembalian dalam 2 tahun (Nilai Investasi + 20 % dari keuntungan) :Rp. 41.500.000.-
 nilai pengembalian tiap tahap ( per bulan ) :Rp. 1.730.000,-

BAB VII
PENUTUP

Minuman kopi banyak diminati dari segala kalangan. Dari mulai remaja sampaidewasa, laki-laki maupun perempuan, kalangan menengah atas sampai menengah bawah.Karena dengan meminum kopi membuat tubuh kita bersinergi lagi. Serta mengembalikan semangat yang sebelumnya berkurang. Maka dari itu untuk mengurangi angka kemiskinandi Indonesia, kami bermaksud membuka lapangan pekerjaan dengan mendirikan usaha kedai kopi. Kedai kopi yang akan kami dirikan tidak jauh beda dengan kedai kopi padaumumnya. Yang membuat kedai kopi ini berbeda, kami akan memberikan edukasi tentang pengetahuan kopi dan cara penyeduhannya. Membuka seminar tentang kopi pada sekolah tersebut maupun sekolah lain yang menginginkan. Semoga dengan adanya modal untuk mendirikan tempat usaha ini bisa mengembangkan jalannya usaha.
Wassalammualaikum wr.wb
Bogor,juni 2024

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun