BAB I
PENDAHULUAN BEST PRATICE
LATAR BELAKANG
Dalam Undang – undang no 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan Nasional pasal 1 angka 14 mengatakan bahwa pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam 1 2 tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani, agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, baik pendidikan secara formal maupun secara non formal.
Latar belakang masalah dari praktik pembelajaran inovatif ini adalah kurangnya bahasa ekspresif pada anak. Anak sulit untuk mengemukakan pendapat ketika guru bertanya. Disamping itu metode dan media yang digunakan guru kurang inovatif. Guru sering menggunaakan metode yang berpusat pada guru serta guru lebih terpaku pada media buku paket sehingga menyebabkan anak menjadi pasif mengikuti proses pembelajaran.
Mengingat pentingnya perkembangan bahasa bagi perkembangan anak usia dini maka dibutuhkan cara yang tepat agar dapat membantu anak meningkatkan perkembangan bahasanya. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan untuk membantu anak dalam mengembangkan bahasanya, salah satunya adakah dengan menggunakan media pembelajaran. Dalam penelitian ini untuk mengembangkan bahasa anak, peneliti menggunakan metode bercerita dengan media gambar.
Metode bercerita dengan gambar ini penting untuk dibagikan karena tidak menutup kemungkinan banyak guru yang mengalami kesulitan untuk meningkatkan bahasa ekspresif pada anak. Melalui metode bercerita dengan gambar ini diharapkan dapat menjadi referensi dan inspirasi bagi guru dalam menghadapai kesulitan untuk meningkatkan bahasa ekspresif pada anak.
Saya sebagai guru sangat berperan dalam mencari solusi untuk menentukan metode dan media yang akan digunakan untuk meningkatkan bahasa ekspresif pada anak.
BAB II
PEMBAHASAN
LANGKAH KERJA