Lini masa dihebohkan dengan video komplain disertai kekerasan fisik dari seorang Bapak terhadap seorang perawat di Rumah Sakit Siloam Sriwijaya, Palembang, kemarin, 16 April 2021.
Usut punya usut Bapak tersebut tersulut emosi karena anaknya yang dua tahun yang masih aktif bergerak dicabut infusnya oleh seorang perawat bernama Christina Marauli, entah karena kondisi anak yang sedang aktif atau cara mencabut infusnya yang kurang baik sehingga ketika dicabut darah mengalir dari bekas tempat infus sang anak.
Terlepas benar tidaknya kurangnya kualitas pelayanan Rumah Sakit atau kondisi anak yang aktif, dari kejadian tadi kita melihat sebuah benang merah bagaimana sang bapak tidak dapat menyampaikan komplain atau keluh kesahnya terhadap pelayanan rumah sakit dan akhirnya berujung kekerasan fisik yang tentu disesalkan oleh banyak pihak.Â
Peristiwa tadi sebenarnya bukan di kasus ini saja terjadi banyak kejadian sejenis yang terjadi dalam kehidupan kita, ketika kita mengajukan komplain dengan cara yang tidak benar lalu justru berujung bentrokan sampai penyerang fisik.
Lalu bagaimana sih  sebenarnya menyampaikan komplain atau keluhan yang baik tanpa perlu kekerasan ? Berikut 5 tips yang bisa kita lakukan.
Pertama, Verifikasi Kebenaran Komplain Anda
Banyak dari kita yang terkadang bersikap reaktif dan tidak melihat suatu keadaan secara jernih ketika kita meraa dirugikan oleh pihak lainnya semisal ketika berada di fasilitas pelayanan publik seperti sekolah ataupun kantor-kantor pemerintahan.
Lebih parahnya kita justru salah mengidentifikasi kebenaran masalah yang terjadi dan langsung saja menyalahkan pihak lainnya.
Semisal ketika sedang menunggu antrean di toilet yang cukup lama kita langsung teriak dan marah kepada yang sedang di toilet, ternyata faktanya yang sedang di toilet adalah seorang disabilitas yang mempunyai kesulitan bergerak atau orang tersebut ternyata sedang sakit diare yang parah yang seharusnya kita maklumi.