Mohon tunggu...
Kamu Kerja
Kamu Kerja Mohon Tunggu... Lainnya - Kami hadir untuk membantu KAMUKERJA lebih baik. Mulai dari KELAS, INSTRUMEN, hingga ALAT KAMUKERJA

Kami hadir untuk membantu KamuKerja lebih baik melalui berbagai hal. Mulai dari kelas belajar online untuk upgrade skill supaya KamuKerja lebih mahir, Instrumen kerja yang bisa bantu KamuKerja lebih cepat hingga Alat kerja yang bisa bikin KamuKerja lebih sehat dan nyaman. Semua yang dibutuhkan untuk KamuKerja ada disini!

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

User Generated Content: Pengertian, Strategi, dan Manfaatnya dalam Dunia Digital

3 November 2023   19:05 Diperbarui: 3 November 2023   19:08 108
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Freepik.com

Di dalam dunia digital kepercayaan adalah sebuah hal penting yang harus dilakukan oleh setiap bisnis. Bisnis tanpa kepercayaan bukanlah sesuatu yang baik karena setiap calon pelanggan akan melakukan berbagai pertimbangan untuk membeli sesuatu, dan salah satu pertimbangannya adalah tingkat kepercayaan. Maka dari itu, di era digital ini tugas besar dari setiap bisnis adalah membangun sebuah kepercayaan sebaik mungkin.

Salah satu cara yang sering dilakukan oleh sebuah bisnis untuk membangun kepercayaan adalah dengan membuat bukti atau testimoni dari pelanggan terhadap produk atau jasa yang telah digunakan. Istilah tersebut sering disebut dengan user generated content. Lantas apakah yang dimaksud dengan user generated content? Simak penjelasannya di bawah ini. 

Apa itu User Generated Content?

Sebelum membahas lebih dalam mengenai user generated content (UGC) sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu definisi dari UGC tersebut. Dilansir dari Hootsuite UGC adalah adalah konten asli khusus brand atau bisnis yang dibuat oleh pelanggan dan dipublikasikan di media sosial atau saluran lainnya. UGC hadir dalam berbagai bentuk, termasuk gambar, video, review, testimonial, atau bahkan podcast.

UGC adalah salah satu langkah untuk meningkatkan kepercayaan bagi sebuah bisnis yang sedang fokus membangun bisnisnya di dunia digital.  Dengan adanya UGC bisnis bisa meningkatkan loyalitas pelanggan dan menemukan calon pelanggan baru karena UGC bisa membuat pelanggan mempublikasikan konten mengenai bisnis kita kepada orang lain. 

Berdasarkan definisi tersebut, UGC memang tidak mudah untuk dilakukan karena bisnis harus mampu membuat pelanggan melakukan review dengan sebaik mungkin untuk bisnis.  Maka dari itu, berikut adalah beberapa strategi yang bisa diterapkan untuk membuat UGC.

Baca Juga: Kamu Tertarik dengan Marketing Online? Ini Kelebihan dan Tips Mudahnya!

Strategi dalam Menerapkan UGC

Menurut Sprout Social, ada beberapa strategi yang bisa dilakukan oleh setiap bisnis untuk menerapkan UGC, berikut adalah beberapa strateginya: 

Menentukan Media Sosial yang Berdampak bagi Bisnis 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun