Mohon tunggu...
M AdjiAl
M AdjiAl Mohon Tunggu... Buruh - Content Creator
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Seputar berita terbaru kripto, keuangan, finansial, dan lain-lain https://filmcrypto.exblog.jp

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Mengenal Apa itu Pakar SEO, Sepuh Para Blogger

20 Oktober 2023   12:15 Diperbarui: 20 Oktober 2023   12:40 179
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi pakar jasa seo/foto pexels

SEO, atau Optimisasi Mesin Pencari, adalah rangkaian praktik yang digunakan untuk meningkatkan visibilitas dan peringkat situs web dalam hasil mesin pencari seperti Google, Bing, dan Yahoo. 

Praktik tersebut melibatkan pengoptimalan konten, struktur situs, dan berbagai faktor teknis lainnya agar situs yang teroptimasi lebih mudah ditemukan oleh calon pengunjung yang mencari informasi atau produk yang relevan. 

Tujuannya adalah untuk meningkatkan lalu lintas organik, meningkatkan otoritas situs, dan mencapai peringkat tinggi dalam hasil pencarian.

Apa itu Pakar SEO?

Seorang pakar SEO ialah seseorang yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengoptimalkan situs web agar mendapatkan peringkat tinggi di hasil mesin pencari, seperti Google. Mereka kerap disebut sepuh, suhu, atau sivu, yang berarti guru atau senior oleh para blogger.

Mereka memahami algoritma mesin pencari, menerapkan praktik-praktik terbaik, dan melakukan perubahan pada situs web untuk meningkatkan visibilitasnya. Mereka juga kerap membuka layanan Jasa SEO, Jasa Pembuatan Website, hingga Jasa SEO Freelance, dan hal tersebut biasa dilakukan.

Tujuan utama SEO adalah meningkatkan lalu lintas organik dan relevansi situs web dalam hasil pencarian. Pakar SEO juga terus memantau perubahan algoritma mesin pencari dan melakukan optimisasi berkelanjutan.

Mereka juga mengenai jenis-jenis SEO yang terdapat di sebuah mesin pencari. Ada beberapa jenis SEO, yang masing-masing memiliki fokus dan tujuan yang berbeda. Berikut adalah beberapa jenis SEO beserta penjelasannya:

1. Pakar SEO On-Page

SEO On-Page berkaitan dengan semua elemen yang dapat dikendalikan di halaman web, seperti judul, tag H1, tag meta, konten, URL, dan penggunaan kata kunci. Tujuannya adalah untuk memastikan setiap halaman pada situsmu dioptimalkan untuk mesin pencari.

2. Pakar SEO Off-Page

SEO Off-Page mencakup upaya di luar halaman web itu sendiri. Dalam hal berikut, termasuk membangun tautan balik (backlinks) dari situs web lain, berpartisipasi dalam media sosial, dan meningkatkan reputasi online situs milikmu. Tujuannya adalah untuk meningkatkan otoritas dan peringkat situs web di mesin pencari.

3. SEO Teknis

SEO Teknis berfokus pada aspek-aspek teknis situs web, seperti struktur URL, pengindeksan, waktu pemuatan halaman, dan sitemap. Tujuannya adalah memastikan situs web dapat diakses dan dimengerti dengan baik oleh mesin pencari.

4. SEO Lokal

SEO Lokal dirancang untuk bisnis lokal yang biasa melibatkan optimisasi agar bisnis milik pribadi muncul dalam hasil pencarian lokal, seperti Google Maps. Hal ini mencakup pengoptimalan daftar bisnis, ulasan pelanggan, dan informasi kontak lokal.

5. SEO Mobile

SEO Mobile berkaitan dengan pengoptimalan situs web khusus untuk pengguna perangkat seluler. Pengoptimalan tersebut semakin penting seiring dengan peningkatan penggunaan ponsel pintar. Tujuannya adalah memastikan situs web responsif dan dapat diakses dengan baik di perangkat seluler.

6. SEO E-Commerce

SEO E-Commerce fokus pada optimisasi situs web e-commerce, yang mencakup penanganan masalah seperti struktur kategori produk, deskripsi produk, ulasan, dan pengoptimalan halaman produk.

7. SEO Video

SEO Video berfokus pada optimisasi konten video, yang termasuk penggunaan kata kunci yang relevan, deskripsi yang baik, dan tag yang sesuai untuk meningkatkan visibilitas video karyamu di platform seperti YouTube, TikTok, atau Instagram.

8. SEO Berita

SEO Berita adalah jenis SEO yang berorientasi pada situs berita dan publikasi online. Tujuannya adalah memastikan bahwa konten berita cepat terindeks dan muncul dalam hasil pencarian berita.

9. SEO Multibahasa

SEO Multibahasa mengoptimalkan situs web yang menyediakan konten dalam berbagai bahasa yang melibatkan penggunaan tag hreflang, tautan terjemahan, dan optimisasi kata kunci dalam beberapa bahasa.

Ingat bahwa setiap jenis SEO memiliki strategi dan taktik yang berbeda, tergantung pada tujuan dan target audiens pengguna. 

Cobalah untuk melakukan kombinasi beberapa jenis SEO agar dapat membantu mencapai hasil yang lebih baik dalam upaya optimisasi situs.

Itulah pembahasan mengenai apa itu pakar SEO, seseorang yang kerap disebut sesepuh oleh blogger.***

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun