Logo
Pada lambang logo kami memiliki arti kecintaan bagi para pecinta coffee yang akan menarik kepada pelanggan, serta dalam arti dari nama logo yaitu elnos terinspirasi dari nama pemilik coffee. Makna dari coffe tersebut yang berwarna cokelat cappucinno, menggambarkan salah satu jenis coffee yang terlaris. Warna tersebut juga menggambarkan kenyamanan yang menggambarkan tempat kedai kami yang sangat nyaman, dan juga menggambarkan kehangatan seperti Anda meminum kopi di kedai coffee kami.
BrandÂ
Kami memiliki brand minuman coffee yang ciri khas untuk para pelanggan yaitu varian Coffe exspresso, americano, cappucinno, mochacinno serta jenis kopi lainnya. Tak hanya kopi suatu caffe harus memiliki menu penunjang, misal teh, aneka makanan ringan, bahkan sampai makanan berat. Tujuannya adalah untuk konsumen yang tidak suka kopi juga dapat menikmati menu menu yang lain, Dan tidak lupa menu cemilan dengan konsep penamaan yang menarik.
INOVASI
Saat ini kesuksesan dalam menjalankan bisnis caffe ternyata tidaklah mudah, banyak pelaku usaha yang lebih memfokuskan untuk menbidik komunitas tertentu sehingga memiliki pangsa pasar sendiri, apalagi belakangan ini caffe bukan hanya sekedar untuk menikmati secangkir kopi saja tetapi masyarakat banyak mengganggap bagian dari gaya hidup termasuk juga sebagai tempat mereka bersantai, bertemu dengan relasi bisnis ataupun juga untuk merilekskan pikiran.
Fenomena ini telah disadari oleh salah satu pelaku usaha kedai kopi yang bernama elnos yang membuka bisnisnya dikawasan Pondok Bahar, Ciledug, Kota Tangerang. Berawal hanya mencoba dan melihat kondisi kawasan daerahnya belum banyak caffe caffe ataupun coffee shop maka diciptakannya atau dihadirkannya caffe Bang Elnos ini  konsep unik tradisional yan diupgrade ke modern.
- Pemilihan lokasi untuk tempat usaha
- Lokasi yang sering menjadi pilihan favorit dalam usaha Caffe seperti di kawasan kampus, kantor-kantor dan pusat bisnis lainnya. Tetapi kami memberanikan diri untuk memilih tempat daerah perkampungan dimana agar konsumen tidak perlu jauh jauh untuk mencari caffe/coffee shop terdekat.
- Agar caffe/coffee shop tidak menjadi monoton, penyesuaian tema pun harus yang berbeda dari segi suasananya seperti lebih ke classic, modern, dan minimalis.
- Penyiapan peralatan usaha
- Peralatan yang utama dalam membangun bisnis terutama bisnis caffe/ coffee shop adalah mesin pembuat kopi, carilah mesin sesuai budget namun kualitasnya dan kapasistasnya tidak diragukan. Dan siapkan alat perlengkapan lainnya.
- Varian menu yang kreatif
- Setiap orang mempunyai selera yang berbeda-beda. Ada yang suka dengan Coffee Americano, Cappucinno, Exspresso, dan jenis kopi lainnya. Tak hanya kopi suatu caffe harus memiliki menu penunjang, misal teh, aneka makanan ringan, bahkan sampai makanan berat. Tujuannya adalah untuk konsumen yang tidak suka kopi juga dapat menikmati menu menu yang lain, Dan tidak lupa menu cemilan dengan konsep penamaan yang menarik. Tak lupa caffe shop juga harus menyediakan penunjang lainnya seperti jaringan wifi, dan berbagai mainan sepeti uno, dan lainnya, agar saat nongki tidak terlalu boring.
- Melakukan promosi melalui media sosial
- Dalam menjalankan usaha caffe/ coffee shop , sosial media menjadi alat yang cukup efektif dalam mempromosikan usaha caffe tersebut. Jejaring sosial seperti yang banyak digunakan masyarakat seperti instagram, twitter, youtube, dan yang sedang booming saat ini adalah tiktok yang telah tumbuh pesat dan banyak digunakan oleh pengguna internet di dunia. Dalam bisnis apapun penggunaan sosial media menjadi hal yang diwajibkan, karena kita bisa melakukan promosi lebih mudah dan tentunya hemat biaya.
Gambaran Cafe
ORGANISASI
Barista
Pemilik: Elnos
Pengawas : Lina
Pembuat Minuman : Alfresha
Pembuat Makanan : Adi
Kasir : Shela
Pelayan/ pramusaji : Beni
Struktur Organisasi
Job Desk
Pengawas : seorang yang mengawasi berjalannya suatu usaha caffe/ coffe shop agar tidak ada kendala.
Pembuat Minuman/ Barista : barista merupakan peran penting dalam sebuat caffe. Barista mengerjakan hampir semua hal mengenai racikan kopi atau minuman. Melayani pemesanan minuman dari konsumen dan menjelaskan jenis-jenis kopi yang sedang dijual.
Pembuat Makanan/ Chef : layaknya seperti barista, seorang chef juga mengerjakan hampir semua hal mengenai makanan yang caffe sediakan. Tentunya chef bertugas untuk membuat aneka dessert hingga berinovasi dalam membuat menu dessert di caffe.
Kasir : kasir juga merupakan peran yang tidak kalah pentingnya dengan peran lainnya. Tidak hanya di caffe, dimanapun kasir pasti pekerjaan sehari harinya melayani proses transaksi konsumen
Pramusaji/ Pelayan : bagian pekerja paling depan dalam sebuah caffe. Karena umumnya caffe memiliki konsep dimana konsumen akan memesan hidangan langsung ke pembuat hidangan, maka pelayanan biasanya tidak perlu lagi melayani pemesanan makanan dan minuman konsumen. Pelayan caffe biasanya bekerja untuk merapihkan meja konsumen setelah digunakan.
Â
Pengarahan
Dalam membangun sebuah usaha, ide sangat dierlukan dalam strategi pengembangan dimana caffe memiliki daya tarik sendiri bagi kaum anak muda. Dalam pengarahan ini pihak caffe harus memiliki beberapa strategi seperti:
- Memahami tipe pelanggan yang datang
- Membangun usaha tentu berbicara tentang pelanggan. Yang ada di pikiran Anda tidak akan terlepas dari bagaimana agar mendapatkan pelanggan dan menjadi penikmat setia. Hal ini akan dibicarakan oleh seorang konsultan bisnis. Anda akan diberitahu tentang cara mengenal pelanggan dari mulai namanya sampai menu kesukaannya. Walaupun terbilang banyak tetapi jika ada pendekatan yang intens tentu pelanggan menjadi nyaman.
- Membangun suasana caffe yang banyak diminati
- Setelah pelanggan, suasana cafe jadi perhatian yang lebih spesifik. Karena ketika pelanggan datang akan langsung menilai tempatnya. Bahkan jika sebuah tempat sudah didesain menarik orang yang tak tahu pun menjadi penasaran. Untuk itu penting membuat desain interior dan eksterior yang sesuai usia rata-rata pelanggan. Jika ternyata lebih banyak anak muda berarti di buat sesuai dengan keinginan dan keseharian mereka. Apalagi sekarang sedang ramai tempat-tempat instagramable yang menjadi incaran semua orang.
- Memperhatikan kualitas produk yang tersedia
- Kualitas produk yang di jual pun sangat penting untuk direncanakan. Anda bisa memilih satu tema cafe saja agar dapat dikelola dengan maksimal. Artinya menu yang dihidangkan menampilkan satu ciri khas yang membuat pengunjung akan mengingat cafe Anda. Misalkan memilih jenis hidangan tradisional yang di upgrade ke modern.
- Menjaga loyalitas karyawan
- Dan terakhir mengenai loyalitas karyawan. Disini Anda berperan untuk mempertahankan karyawan dalam melayani pengunjung. Jika ternyata ada pengunjung yang merasa nyaman dengan pegawai yang ramah pada Cafe, maka bukan tidak mungkin untuk datang kembali. Anda pun akan mendapat pelanggan setia.
Controling/ pengawasan
Pengawasan tidak hanya dilakukan oleh pemilik caffe bahkan assistant nya namun pengawasan dilakukan oleh para karyawan. Pengawasan atau mengecekan seperti situasi, stok bahan, atau juga kinerja karyawan. Begitu pula dengan melakukan pengecekan keuangan secara teratur. Tujuannya agar keuangan tetap sehat dan terhindar dari segala kecurangan.
Penulis :
Adi Eko Saputro
Alfresha Ilham Hafisz
Marlina Astuti Ningsih
Shela Wijaya
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H