Mohon tunggu...
Otomotif

Honda Vario 150 eSP, Puncak Kemolekan dan Kesempurnaan Paripurna

5 Mei 2016   23:58 Diperbarui: 6 Mei 2016   00:22 1453
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagi mayoritas cowok, topik pembicaraan yang sangat asyik dibahas dengan teman-teman cowok pas nongkrong ya nggak jauh-jauh seputar cewek, sepakbola, pekerjaan, gadget dan tentunya otomotif. Masing-masing peserta nongkrong saling menyampaikan opini, bercanda, membully dan kadang-kadang berdiskusi yang tak jarang berujung debat karena masing-masing membela preferensinya.

Begitu pun saya dengan sesama kolega tongkrongan. Tapi biasanya kami lebih banyak bercandanya daripada berdiskusi karena memang kami tidak sedang menghadiri rapat karang taruna.

Membahas otomotif adalah salah satu SOP wajib saat kami nongkrong, apalagi kalau membahas motor daripada mobil. Kenapa? Karena kami nggak ada yang punya mobil jadi agak miris aja kalau bahas ini itu tapi gak sanggup beli. Lebih baik mengulas isu-isu motor yang lebih related dengan gaya hidup dan tingkat ekonomi kami.

Saat itu di awal tahun 2015, isu Honda Vario 150 eSP sedang hangat-hangatnya jadi trending topik di tongkrongan kami. Semua sepakat kalau Honda Vario generasi terbaru yaitu Honda Vario 150 eSP menjadi puncak estetika dan teknologi dari semua gen Honda Vario sebelumnya, bahkan jika dibandingkan skutik yang lain.

bahan gosip biker di komplek saya (http://www.welovehonda.com)

Betapa tidak? Beberapa tahun silam kita semua tentu tau kalau Honda adalah produsen motor yang terkenal dengan desain motor yang bulat, kualitas mesin yang awet, harga bersahabat, dan juga hemat bahan bakar. Kombinasi faktor-faktor tersebut sangat digemari oleh kawula tua yang gak mau neko-neko, sehingga masyarakat banyak yang menilai kalau motor Honda adalah motor bapak-bapak padahal yang lagi bawa motor itu ibu-ibu.

Seiring tuntutan zaman dimana konsumen semakin banyak maunya tapi dikit bayarnya, Honda mulai berbenah dengan memperbaiki kualitas produk sepeda motornya di segala segmen. Mulai dari menambah varian jenis motor, facelift motor, menyematkan teknologi dan fitur-fitur baru, dan sebagainya.

Namun perubahan positif tersebut dirasa masih kurang terutama di sektor desain. Meskipun desain sudah diupgrade menjadi lebih sporty, akan tetapi desainnya masih dirasa nanggung dan masih agak membulat. Maka dari itu, ketika AHM melaunching Honda Vario 150 eSP yang wujudnya sangat sporty dan diluar dari pakem desain Honda, apalagi ditambah fitur-fitur yang melimpah, sontak hal itu  menjadi hot news di lingkaran sosial kami.

Saat itu saya belum melihat wujud asli motornya, saya penasaran seperti apa sih model baru Honda Vario 150 eSP yang banyak sekali diapresiasi orang-orang.

Saya mencari informasi tentang Honda Vario 150 eSP di internet. Kesan pertama saat lihat foto-fotonya di internet, saya sangat tertarik dengan Honda Vario 150 Exclusive Matte Black. Warnanya yang hitam doff, desainnya yang futuristik dan modern, dimana segala sudut motornya lancip nan tajam padahal gak pernah diasah spontan membuat saya bergumam dalam hati :

 “hmmm…Honda Vario 150 Sempurna”.

Kadangkala apa yang kita lihat di foto akan tampak jauh berbeda saat melihat wujud aslinya. Terlihat cantik di Facebook, aslinya malah terlihat antik (tua) saat kopdar. Terlihat lezat dan menggugah selera di daftar menu, aslinya terlihat biasa aja dan menggugah penyesalan karena udah order.

Lain halnya dengan Honda Vario 150 eSP, terlihat menawan di foto nyatanya malah lebih rupawan saat saya lihat di dealer, lebih rupawan lagi apabila kalau ada diskonan dan promo penjualan menarik, namun sayang tidak ada harga diskonan untuk Honda Vario 150 eSP mengingat statusnya yang tidak akan bertahan lama di gudang.

Pada pandangan pertama, saya kepincut dengan Honda Vario 150 eSP. Pandangan selanjutnya saya pinang dengan sejumlah uang muka yang memang sudah disiapkan. Saya membelinya dengan mencicil, bukan karena saya gak mampu beli secara cash tapi saya ingin membantu keuangan salesnya dan juga memberi kontribusi ekonomi pada leasing agar profitnya meningkat sehingga berdampak baik terhadap pertumbuhan ekonomi hehehe

Banyak perubahan dan perombakan dari Honda Vario 150 eSP. Beberapa perubahan tersebut adalah :

1. Segi Mesin dan Kinerjanya (Performa)

Perubahan yang pertama kali saya dan teman-teman ingat saat mendengar kata-kata Honda Vario 150 eSP ya tentu kubikasi mesinnya. Ada upgrade yang signifikan dari kelas 125 ke 150 cc. Mungkin mayoritas masyarakat pun menilai begitu. Embel-embel 150 cc jelas menjadi diferensiasi yang kuat dan juga menegaskan kalau Honda Vario 150 eSP adalah sang bintang dari gen Honda Vario pendahulunya begitupun dibanding skutik-skutik lain. Ibarat teori evolusi manusia Darwin, Honda Vario 150 eSP itu manusia modern, udah sempurna, pokoknya paket komplit brow!!

edp2-572b4d6e2323bd040e733f20.png
edp2-572b4d6e2323bd040e733f20.png
http://www.welovehonda.com

Disaat varian skutik-skutik standar dari Honda dan merk lain mengandalkan mesin 110-125 cc, Honda menggebrak dengan meluncurkan skutik yang memiliki kapasitas mesin seperti motor sport.

Sebenarnya, saat itu sudah ada skutik Honda yang juga bermesin 150 cc yaitu Honda PCX. Namun bagi saya, hal itu tidak terlalu istimewa mengingat model motornya yang besar sesuai dengan kapasitas mesinnya. Justru yang menjadi spesial adalah adanya skutik yang berukuran lebih kecil dari Honda PCX namun mempunyai spesifikasi mesin yang hampir serupa.

Berdasarkan sumber terpercaya dari www.welovehonda.com, Honda Vario 150 eSP memiliki mesin berkapasitas 149,3 cc dengan 4 langkah, mengaplikasikan teknologi SOHC berpendingin cairan yang bisa menjaga suhu dan stabilitas kerja mesin sehingga mesin tidak cepat overheat dan boros bahan bakar.

Honda Vario 150 eSP memiliki ukuran piston berdiameter 57.27 mm dengan langkah sebesar 57.9 mm sehingga menghasilkan kompresi pembakaran 10,6:1. Rasio tersebut menghasilkan power yang besar untuk kelas skutik.

Dari pengalaman yang saya rasakan saat mengendarai motor tersebut, tenaga responsif sangat terasa pada saat awal berkendara. Dengan torsi yang mencapai 12,8 Nm pada putaran mesin 5.000 RPM, membuat power motor tersebut sangat galak pada putaran rendah.

Kondisi yang nyaman saat mengendarai Honda Vario 150 eSP  saya rasakan ketika berkendara dengan kecepatan 40-80 km/jam, di rentang kecepatan tersebut, motor terasa stabil dan minim getaran. Akselerasi kecepatan juga mantap, Honda Vario 150 eSP juga mencatat daya maksimal yang mencapai 9,3 kW (12,46 HP) pada putaran mesin 8.500 RPM.

Tercatat motor tersebut sangup menembus waktu 11.94 detik dengan kecepatan maksimal 102 km/jam pada jarak akselerasi 0-200 m. Itu adalah data valid dan reliable dari www.welovehonda.com yang tercatat saat uji topspeed. Saya sendiri belum pernah uji coba langsung soalnya saya bukan speed freak. Saya selalu mengutamakan keselamatan dan kenyamanan berkendara, selaras dengan kampanye Astra Honda Motor (AHM) yang selalu memprioritaskan dan mengedukasi safety riding kepada masyarakat.

mesin1-572b51076c7e61780b6ae43d.png
mesin1-572b51076c7e61780b6ae43d.png
spesifikasi mesin (http://www.welovehonda.com)

Dilihat dari spesifikasi dan pengalaman mengendarai Honda Vario 150 eSP, cukup tak disangka kalau motor tersebut benar-benar bertenaga dan menggigit mengingat jenis skutik standar adalah jenis motor yang ideal untuk angkut orang dan barang bukan ajang adu garang yang kerap membuat orang berang.

Selain embel-embel 150, kata yang melekat setelah Honda Vario 150 yaitu eSP.  fitur eSP adalah fitur unggulan yang dipasang pada mesin skutik Honda, banyak sekali faedah dari fitur yang satu ini. Selain membuat mesin menjadi lebih bertenaga dan gak loyo, fitur tersebut juga berguna untuk menghemat bahan bakar karena teknologi eSP berfungsi mengurangi energi yang terbuang percuma akibat gesekan pada mesin. 

Kalau kalian lagi di lampu merah dan kebetulan sedang di belakang knalpot Honda Vario 150 eSP, tenang aja brow kalian nggak akan sampai batuk-batuk, bersin-bersin dan mata kunang-kunang karena teknologi eSP membuat output dari knalpot tersebut lebih ramah lingkungan, minim polusi dan bersahabat dengan alam.


esp-wow-572b52858623bd9b0e44ebb4.png
esp-wow-572b52858623bd9b0e44ebb4.png
deskripsi manfaat teknologi eSP (http://www.welovehonda.com)

Teknologi PGM FI yang sudah lebih dulu diterapkan juga turut berkontribusi pada tingkat konsumsi bahan bakar, sistem elektrik yang sudah terprogram dan terkontrol ini sangat efisien dan optimal dalam menyuplai bahan bakar sesuai kebutuhan mesin.

Lagi-lagi berdasarkan data dari www.welovehonda.com yang pastinya sudah diuji secara mendalam, tingkat konsumsi BBM Honda Vario 150 eSP termasuk yang paling irit di kelasnya. Diklaim satu liter bahan bakar bisa dipakai hingga jarak 52.9 km..jauh juga jaraknya brow !!!

Saya pun merasakan sendiri bagaimana hematnya motor ini, meskipun saya belum pernah mengukur berapa tingkat konsumsi BBM pada jarak tertentu tapi saya selalu mengamati pergerakan bahan bakar di panel fuel indicator speedometer. Penurunan bar nya tuh lambat sekali, itu menandakan kalau bahan bakar tidak boros, padahal saya jarang menyalakan fitur ISS, apalagi kalau saya sering menyalakan fiturnya, wihh bisa utuh terus nih isi dompet.

Teknologi eSP dan PGM FI adalah kombinasi yang sangat pengertian pada ekonomi si empunya motor. Kombinasi duo teknologi yang kompak tentunya sangat membantu rider Honda Vario 150 eSP dalam menghemat anggaran beli bensin.

Oh iya, bagi saya skutik yang menggunakan komponen eSP juga lebih enak dilihat daripada skutik-skutik lain yang tidak menggunakan eSP, kesannya kaki belakang motor jadi lebih padat dan nggak terlihat kopong

esp-572b55b7f1927339099f6b88.png
esp-572b55b7f1927339099f6b88.png
kaki motor jadi lebih padat berkat komponen eSP (foto pribadi)

2. Segi Desain dan Dimensi

Don’t judge the book by its cover

Itu adalah pepatah menghibur diri yang sering kita dengar kala orang-orang meremehkan wujud kita dibanding potensi kita. Ya memang tampak bijak, tapi bisa menjerumuskan juga bagi orang yang sok bijak.

Sadar Brow !! bagaimana klien, investor, lawan jenis dan semua stakeholder mau mencicipi dan memakai  service kita kalau penampilan kita nggak meyakinkan di matanya. Daya tarik dan impresi pertama amat sangat menentukan apakah stakeholder akan lanjut ke tahap selanjutnya dan memutuskan deal atau tidak

Rupanya pepatah pembelaan diri itu nggak berlaku bagi tim designer Honda Vario 150 eSP. mereka sadar kalau desain motor sangat berpengaruh bagi keputusan pembelian konsumen. Bagi  konsumen Indonesia, penampilan itu yang utama, soal kualitas mah tetep wahid. Itu artinya konsumen Indonesia maunya menang banyak

Kali ini saya salut dengan kerja tim designer dalam merancang Honda Vario 150 eSP. Secara keseluruhan desainnya benar-benar out of the box dari line up motor Honda yang lain. Sudah jadi rahasia umum kalau desain Honda yang dahulu itu bulat bulat dan kurang tajam, agak kurang sesuai sama ekspektasi anak-anak muda yang ingin model lancip, garang dan sporty abis. Bisa dibilang kalau desain Honda yang sekarang agak radikal dan murtad dari kaidah jalur desain Honda hehe

Sadar kalau konsumen Indonesia mayoritas berusia muda produktif yang dinamis dan mau gaya, pihak AHM tidak mau mendikte pasar. Honda Vario 150 eSP hadir untuk menjawab dan memenuhi harapan konsumen yang menginginkan desain menarik dengan kualitas premium kelas wahid.

Beberapa komponen motor yang mendapat sentuhan desain yang menawan seperti :

- Sektor Depan

Menurut saya, tampang itu sangat penting dari aspek penilaian secara fisik. Orang mah kalau mau kenalan yang dilihat muka dulu. Belum pernah saya lihat orang pengen kenalan karena lihat ubun-ubun dulu. 

Begitu juga dengan motor, desain tampang yang meliputi batok kepala setang, headlamp, fairing, shock depan menjadi penilaian dominan bagi konsumen dalam melihat desain motor. Desain headlamp Honda Vario 150 eSP ini sangat mencolok dan menarik perhatian. Tampilannya yang panjang dan lancip menambah kesan angker dan gagah saat melihatnya, seolah-olah tatapannya mengintimidasi dan merasa paling keren dibanding wajah skutik lain yang desain headlampnya cenderung kalem.

lampu-depan-572b5b337097732c0e75bf19.png
lampu-depan-572b5b337097732c0e75bf19.png
wajah sempurna (http://www.welovehonda.com)

Aplikasi dual keen eyes dengan teknologi lampu LED semakin menambah kesan Honda Vario 150 Sempurna . Bukan cuma desain lampunya saja yang keren tapi fungsionalitas lampunya juga top markotop siantar top. Meskipun lampu depan otomatis selalu menyala saat mesin hidup, tapi selama setahun saya mengendarai, belum pernah tuh lampu depannya putus, kenapa? Karena teknologi LED yang dilengkapi multireflektor mampu meminimalisir energi panas dari lampu sehingga lampu jadi hemat energi.

Selain karena awet, daya penerangannya pun patut diacungi jempol tangan dan kaki saking berkualitasnya. Sorot lampunya sangat terang saat malam hari apalagi kalau pakai lampu jauh, dan hebatnya lagi, meskipun terang ternyata sorotnya tidak menyilaukan mata loh.

lampu-on-572b5ad32e9773a009976cca.png
lampu-on-572b5ad32e9773a009976cca.png
perbandingan cahaya motor saat lampu mati, lampu dekat dan lampu jauh (foto pribadi)

Saya sering banget mengendarai motor saat malam hari. Di jalanan pastinya banyak dong ketemu Honda Vario 150 dan 125 yang berpapasan dengan saya, wajar sih banyak kan motornya laris. Saat melihatnya dari kejauhan hingga berpapasan saling mendekat pun mata saya gak menyipit tuh apalagi sampe kelilipan gara-gara silau kena cahaya lampu, sinar lampunya normal-normal aja kok.

Kalau dari segi enak dilihat sih, saya lebih suka melihat  Honda Vario 150 eSP dengan sorot lampu dekat daripada lampu jauh. Ya keren aja lampunya nyala setengah kalau berpapasan  pas cuaca terang.

Selain desain headlamp, rupa speedometer pun mengalami sentuhan desain yang ciamik. Tidak banyak yang dibahas dari desain komponen ini, Walaupun masih menggunakan panel analog dengan jarum dan belum digital, tapi itu gak mengurangi kemolekan bentuknya kok, cahaya biru yang terpancar dari speedometer menambah kesan eksklusif sang bintang Honda Vario 150 Sempurna. Panel seperti fuel indicator, sign lamp, ISS lamp dan beberapa panel instrument lain juga lengkap kok ada di speedometer.

speedo1-572b63bb07b0bdad088842eb.png
speedo1-572b63bb07b0bdad088842eb.png
desain keren speedometer (foto pribadi)

Ada juga bagian depan motor yang berubah wujud yaitu fairing. Nah ini juga vital, desain fairing Honda Vario 150 eSP cocok sama batok kepala dan headlampnya. Desainnya yang lancip ke depan membuat Honda Vario 150 Sempuna secara keseluruhan . Di bagian dalam fairing juga  tersedia rak yang berfungsi buat menaruh barang-barang minimalis. Saran saya barang-barang yang ada di rak sebaiknya hanya untuk perlengkapan berkendara yang murah aja seperti botol minum, sarung tangan, struk parkir dan masker. Jangan sekali-sekali taruh gadget, BPKB, apalagi sepatu futsal soalnya nggak muat brow raknya hehe  

rak-572b5c586c7e61470b6ae455.png
rak-572b5c586c7e61470b6ae455.png
rak dengan desain fairing lancip (foto pribadi)

Tapi saya heran kenapa rak yang dalam kok cuma sebelah?  yang sebelahnya buat apa? Dekorasi?

Sayang aja kalau rak sebelah nggak bisa buat menaruh barang, kan jadinya kaya dianaktirikan gitu, tapi it doesn’t matter, overall tampilan fairing dan rak udah oke. Di bagian dashboard bawah terdapat guratan seperti speaker di kedua sisi dalam dashboard, entah itu apa mungkin itu audio yang berbunyi “tittt” saat fitur answer back system menyala.

Selain enak dilihat mata, desain fairing yang condong ke depan juga membuat ruang dek menjadi pas untuk ukuran lutut dan kaki saya. Semakin nyaman deh berkendara dengan Honda Vario 150 Sempurna .

-Sektor Tengah

Muka udah ganteng, badan juga harus atletis dong biar makin banyak yang naksir..

Kesempurnaan wajah Honda Vario 150 eSP turut dilengkapi dengan kemolekan tubuhnya. Desain badannya saya rasa pas untuk skutik harian, sangat cocok dengan ukuran tubuh orang Asia. Tidak terlalu besar seperti Honda PCX dan juga terlalu kecil seperti BeAT Pop.

Menurut www.welovehonda.com, Honda Vario 150 eSP memiliki ukuran p x l x t = 1.921 x 683 x 1.096 mm. Dengan bobot kosong sebesar 109 Kg, jelas aja membuat skutik ini mampu bermanuver dengan baik di jalanan dan juga lincah meliuk-liuk di kemacetan. Honda Vario 150 eSP memiliki jarak terendah ke tanah sebesar 135 mm yang membuat sasis motor menjadi lebih tinggi.

dimensi-572b5d7ff1927351099f6b88.png
dimensi-572b5d7ff1927351099f6b88.png
spesifikasi dimensi (http://www.welovehonda.com)

Dengan jarak segitu, awalnya saya agak kerepotan karena harus jinjit ketika motor berhenti, tapi kerepotan saya tersebut berbuah manis karena mesin motor yang berada di sasis bawah tidak kemasukan air saat menerjang jalanan yang tergenang banjir. Itu terjadi karena manfaat sasis motor yang dibuat presisi dan lebih tinggi.

Ternyata ada kandungan hikmah juga alasan dibuatnya sasis motor yang tinggi itu, melindungi keawetan mesin dan menjaga kepuasan konsumen adalah prioritas bagi Honda. Bagi Honda, kepuasan konsumen adalah koentji.

Di bagian sisi body menempel tulisan Vario 150 dengan format huruf timbul atau bahasa kerennya emblem 3D. Saya memuji langkah penggunaan emblem 3D di Honda Vario 150 eSP, selain membuat motor tampak elegan, mewah dan eksklusif, penggunaan emblem 3D juga menegaskan perbedaan nyata dengan sang kembar Honda Vario 125 eSP

Banyak juga saya lihat Honda Vario 125 eSP yang body nya di skotlet warna putih dan hitam mulus seperti Honda Vario 150 eSP. Sekilas memang nggak keliatan bedanya antara Vario 125 dan 150. Kalau dilihat dari jauh benar-benar serupa tapi tak beda. Nah yang jadi pembeda antara kedua skutik kembar identik itu ya penggunaan emblem Vario 3D.

emblem-572b5defa623bda605507dfa.png
emblem-572b5defa623bda605507dfa.png
emblem 3D (foto pribadi)

Oh ya selain emblem 3D, Desain stripping alias stiker juga jadi pembeda antara Honda Vario 150 dengan 125 eSP. tampilan Honda Vario 125 terlihat lebih semarak meriah karena stiker, tapi ya kurang mewah aja. Beda sama Honda Vario 150 eSP, kepolosan body yang minim stiker justru lebih memikat bagi saya. Kesan prestise dan exclusive seketika hadir di benak saya saat melihat balutan emblem 3D dan warna polos di tubuh Honda Vario 150 eSP.

Lagi-lagi saya memuji pihak Honda dalam mendesain dan memilih warna yang tepat bagi Honda Vario 150 eSP. Awal launching 2015, Honda hanya memiliki dua varian warna yaitu hitam doff dan putih susu. Menurut saya, itu langkah tepat mengingat kedua warna itu sangat digandrungi oleh konsumen otomotif apalagi anak muda

Lihat saja apa warna mobil yang lagi tren saat ini, pasti putih susu. Lalu warna apa yang sering menjadi pilihan modifikator mobil, ya hitam doff. Makanya kita sering lihat mobil dengan warna hitam doff semakin banyak wara wiri di jalanan.

Tak mau terjebak dalam kemonotonan warna, tahun 2016 Honda Vario 150 eSP berinovasi dengan menambah varian warna yang juga tak kalah elegan dan mewahnya, selain itu emblem sayap mengepak juga disematkan pada varian terbarunya seperti

varian-572b600e2e9773140b976c8a.png
varian-572b600e2e9773140b976c8a.png
varian anyar Honda Vario 150 eSP (http://hondamotorjakarta.com)


Desain jok juga dibuat pipih dan melebar, pengendara dan nebengers pun nyaman duduk diatasnya, tidak merasa pegal dan sempit.

jok1-572b60ef7097733d0f75bee2.png
jok1-572b60ef7097733d0f75bee2.png
jok lebar dengan motif pori-pori (foto pribadi)


Saya salut dengan strategi Honda dalam berinovasi, tapi saya lebih salut pada satu hal yang menjadi ciri khas Honda dan tidak lenyap di tengah gempuran inovasi, yaitu handling dan kenyamanan berkendara. Honda memang dewa dalam hal handling

Coba deh naik motor Honda tipe apapun, kendarain dan rasakan, lalu bandingkan dengan motor merk lain, pasti enakan bawa motor Honda apapun jenis motornya. Itulah bagaimana seharusnya produk berinovasi namun tak meninggalkan identitasnya

Melihat sisi dalam body tersebut, terpampang bagasi yang luas dan lega. Dengan kapasitas bagasi yang berukuran 18 liter tentu sangat memungkinkan untuk menaruh barang-barang yang menunjang gaya hidup kita brow.

bagasio-572b61f8a623bd9a05507dfd.png
bagasio-572b61f8a623bd9a05507dfd.png
bagasinya lega (foto pribadi)

Saya sering mengandalkan kelapangan bagasi itu untuk menaruh sepatu, sandal, tas, jas ujan dan helm. Mengisi bensin dan berteduh adalah saat yang tepat untuk menunjukkan keunggulan bagasi ini pada pengendara lain, terutama saat berteduh di pinggir jalan.

Saat hujan turun deras, saya mencari tempat berteduh yang aman. Saat itu banyak juga biker lain yang ikut berteduh. Saya menepi lalu sengaja memarkir motor saya dekat dengan motor sport. Kenapa saya taruh dekat motorsport? Ya biar biker motorsport pada iri liat saya buka bagasi Honda Vario 150 yang lebar dan luas. Disaat saya asik santai memakai jas hujan dan melanjutkan perjalanan, si biker motorsport pada bête dan gigit jari di motornya gak ada bagasi, yah terpaksa deh mereka suka nunggu hujan berhenti biar bisa melanjutkan perjalanan

kapasitas-572b63504f7a6196099f98bf.png
kapasitas-572b63504f7a6196099f98bf.png
spesifikasi kapasitas (http://www.welovehonda.com)

- Sektor Bawah

Mengadopsi velg motorsport yang banyak menggunakan velg palang Y, Honda Vario 150 eSP juga nggak mau ketinggalan menggunakan desain velg serupa. Penyegaran desain velg tersebut semakin membuat Honda Vario 150 eSP tampil beda. Oh iya meskipun Honda Vario 150 eSP saya kembar dengan Honda Vario 150 eSP milik kalian, pasti ada yang merk velgnya beda-beda brow karena vendor velgnya banyak ada Enkei, Pako dan ZCW . silahkan dicek brow !!

rangka-572b644f709773130f75befb.png
rangka-572b644f709773130f75befb.png
spesifikasi kaki (http://www.welovwhonda.com)

- Sektor Belakang

Puas lihat-lihat dan main-main di depan yuk sekarang kita main belakang eh maksudnya main ke belakang. Desain stoplamp juga nggak kalah amazingnya dengan desain stoplamp, dengan tampilan yang eye catching dan nungging semakin menambah kadar kesempurnaan desain motor ini.

Saya lihat skutik lain atau motor lain kadang nanggung desain lampunya, desain headlampnya sudah perfect eh desain lampu belakang bikin ilfill, begitupun sebaliknya. Beda dengan Honda Vario 150 eSP, desain head dan stoplampnya pas dan enak dilihat.

ring-572b666c2323bde80d733f59.png
ring-572b666c2323bde80d733f59.png
kece (http://ringpiston.com)

Saya suka konsep lampu senja dan lampu remnya yang dibuat terpisah. Kalau mesin hidup otomatis lampu senja yang berbentuk segitiga itu menyala, begitu rem ditekan lampu belakang secara keseluruhan pun menyala dan membuat stoplamp jadi semarak

"Penampilan memang bukan segalanya, tapi segalanya berawal dari penampilan, penampilan bukan yang utama tapi yang pertama" -anonim

3. Segi Fitur Andalan

Percuma duren bagus dari luar eh pas dibelah busuk. Percuma cakep kalau otaknya dikit perangainya buruk. Ungkapan yang familiar bukan?

Bagus dari luar mampu membuat orang tertarik dan mendekat, tapi setelah mendekat dan merapat eh tiba-tiba doi menjauh karena nggak tahan dengan sikap kita yang membosankan dan tidak punya kualitas apa-apa

Fenomena ini yang dihindari oleh tim  pengembangan Honda. Honda tidak mau membuat motor yang bagus hanya dari luar saja. Tapi lebih dari itu, Honda ingin membuat motor yang benar-benar berkualitas dan membuat para konsumen tidak cuma datang dan membeli tapi juga betah berlama-lama dan puas untuk memilikinya. Beberapa strategi Honda dalam membuat Honda Vario 150 eSP semakin mantap luar dalam adalah menciptakan fitur-fitur dengan teknologi dahsyat yang tidak dimiliki kompetitor

Salah satu fitur tersebut adalah ACG starter (Alternating Current Generator), yaitu fitur yang menjadi bagian dari mesin baru eSP. fungsinya adalah membuat starter menjadi sunyi sepi saat starter dinyalakan, suara starternya jadi lebih halus dan lembut seperti kulit Luna Maya. Berbeda dengan skutik yang tidak menggunakan ACG yang kalau dinyalakan bunyinya bletakk tak tak tak tak…kasar dan menganggu

acg-572b679aa623bd9405507e13.png
acg-572b679aa623bd9405507e13.png
komponen ACG (http://www.astramotor.com)

Fitur lain yang oke adalah Answer Back System, teknologi pintar yang berfungsi sebagai alarm dan menandakan posisi motor saat parkir. Kalau kalian memarkir motor di pinggir jalan atau di minimarket, kalian nggak tahu kan bagaimana kondisi motornya apakah masih ada apa sudah raib. Untuk memastikannya ya tinggal pencet aja tombol di kunci motor, kalau nyala dan bunyi tittt berarti motor masih ada

Tapi kalau bunyi titttt ga ada alias sunyi?

Silahkan dicek sendiri brow motornya hehe..tapi pengalaman saya, saya pernah memencet tombol alarm di kunci motor tapi sepi nggak berbunyi, Nah loh kenapa tuh?

Jika kalian mengalami kasus serupa tenang jangan panik brow. Kalau lampu kedip di kunci motor kalian berwarna hijau itu tandanya alarm berbunyi, tapi kalau lampu kedip di kunci berwarna merah itu berarti alarm mati.

Bagaimana caranya agar alarm yang mati tadi bisa bunyi lagi? Tekan yang lama tombol di kunci motor sehingga lampu kedip yang berwarna merah berubah menjadi hijau. Simpel

konci-572b6939ae7a612d09998be4.png
konci-572b6939ae7a612d09998be4.png
lampu hijau menyala pada kunci berarti alarm aktif (http://www.welovehonda.com)

Bagi yang suka lupa dan waswas takut kemalingan, Honda Vario 150 eSP sangat cocok bagi kalian brow

ISS (Idling Stop System) sebuah perangkat canggih terobosan baru dari Honda. Sistem yang berguna untuk memutus aliran listrik pada mesin sehinga mesin mati sementara, lantaran mesin mati otomatis maka konsumsi BBM dan emisi gas pun berkurang. Kurang canggih apa Honda Vario 150 eSP, semua fitur seperti eSP, PGM FI dan ISS sudah terintegrasi sehingga bahan bakar semakin irit dan ramah lingkungan. Benar-benar Honda Vario 150 eSP raja teknologi dan raja irit

Fitur ini akan bekerja kalau saklar ISS dalam posisi on dan lampu indikator ISS pada panel speedometer menyala. Setelah itu, jalankan motor hingga melebihi kecepatan 10 km/jam. Jika kalian berhenti dan mesin motor mati dengan sendirinya, itu berarti syarat sah rukun ISS sudah terpenuhi. 

iss-572b6af6729373eb0b0d52bd.png
iss-572b6af6729373eb0b0d52bd.png
saklar idling stop mode on (foto pibadi)

Jika ingin menghidupkan kembali mesin, tidak usah memencet starter apalagi starter kaki, malu brow nanti dikira mogok. Cukup buka gas pelan-pelan maka mesin akan hidup kembali dan sang rider akan sumringah terus ngacirrr lagi. Fitur ini diklaim bisa mengurangi emisi bahan bakar hingga 7% !! lumayan brow.

idli-572b6b90717a61df0ff811ad.png
idli-572b6b90717a61df0ff811ad.png
bagan cara kerja ISS (http://www.hondacengkareng.com)

Gunakanlah fitur ini disaat kalian menghadapi kemacetan padat, di lampu lalu lintas yang lampu merahnya lama dan saat mengantri panjang di parkiran mall.

Kunci kontak Honda Vario 150 eSP dilengkapi dengan Secure Key Shutter, itu loh pengaman kunci dengan magnet. Jadi, kalau kita mencabut kunci maka lubang kunci otomatis akan tertutup palang, so kita ga perlu repot-repot menutup palang pada lubang kunci. Kalau mau buka jok nggak perlu cabut kunci, cukup arahkan kunci ke blok tengah (antara tulisan push dan on) lalu tekan seat maka otomatis pengait jok akan terbuka. Gokil kan hal kecil kaya gini aja jadi perhatian dari Honda Vario 150 eSP, benar-benar memanjakan konsumen

kontak-572b6c462e97732f0a976cc8.png
kontak-572b6c462e97732f0a976cc8.png
                                                                   sistem keamanan kunci ganda (foto pribadi)

Belum lagi ban tubeless yang ditawarkan, semakin membuat konsumen puas saja. Ban tubeless ini mempunyai kualitas yang lebih baik dari ban biasa, itu karena struktur ban tersebut lebih keras dan tebal sehingga melindungi ban dengan baik agar tahan lama terhadap kebocoran. Kalau pun ban bocor maka ban tidak akan rusak dan tetap terlihat normal, itu karena kebocoran pada ban tubeless tidak akan merusak jaringan karet dan kawat pada ban. Ibarat klub bola ban tubeless itu klub Liga Champions sedangkan ban biasa itu klub Liga Campina.

ban-572b6d47709773681075beca.png
ban-572b6d47709773681075beca.png
ban tubeless dengan velg palang Y (foto pribadi)

Perawatan ban tersebut juga mudah apabila ban kalian bocor. Cukup tambal dengan lem power lalu pompa ban dengan pompa manual/elektrik maka ban akan normal kembali. Semua bisa dikerjakan sendiri kok

Tapi sayang nggak semua orang puas dengan ban tubeless pada Honda Vario 150 eSP, salah satu orang yang nggak puas dengan ban ini adalah penyebar ranjau paku. Bayangkan kalau semua motor yang lewat jalan ranjau itu adalah Honda Vario 150 Sempurna, maka berapa pendapatan  per hari bengkel tambal ban di dekat jalan ranjau tersebut?

Selama setahun saya mengendarai Honda Vario 150 eSP, banyak sekali keuntungan dari skutik premium yang satu ini. Banyak aspek manfaat yang saya dapatkan mulai dari rasa prestise juga rasa percaya diri yang meningkat karena skutik ini termasuk skutik kelas menengah atas dan premium, desainnya yang keren mampu menarik perhatian orang-orang untuk melirik, meminjam bahkan mengambil tanpa izin.

Segala berkah fitur yang berlimpah pun membuat Honda Vario 150 eSP saya belum pernah mengalami permasalahan yang berarti, fitur eSP dan PGM FI membuat mesin tetap awet dan irit BBM sehingga anggaran belanja bensin saya tidak berkurang banyak. Perangkat Answer Back System dan Standar Samping Otomatis sangat membantu saya yang kadang-kadang suka lupa menaruh motor dan menaikkan standar. Dulu waktu saya pakai motor bebek saya suka diteriakin orang, “Woi Mas, standar tuh !!” tapi semenjak mengendarai Honda Vario 150 eSP penyakit saya tersebut hilang

Oh iya ada lagi yang membuat saya lupa saat berkendara, saya suka lupa mematikan kembali lampu sen saat sudah berbelok ditikungan. Mungkin hampir semua pengendara motor pun begitu, suka lupa mematikan kembali lampu sen. Hal ini bisa berbahaya loh, pengendara lain yang berada di belakang kita tentu menjadi bingung kita ini mau belok atau lurus, itu akibat lampu sen yang masih menyala. Makanya saya usul agar motor-motor Honda kedepannya menerapkan sistem lampu sen otomatis seperti mobil, disaat setang kemudi berbelok maka lampu sein akan menyala namun secara otomatis lampu sen akan mati sendiri saat setang kemudi menjadi lurus

Penggunaan fungsi rem CBS dan hand brake lock meningkatkan keselamatan berkendara. Saya merasakan betul manfaat fitur ini. Ternyata sangat membantu saya ketika saya kadang-kadang meleng dan nggak fokus berkendara. Biasalah kadang pemandangan di pinggir jalan sangat menarik perhatian daripada pemandangan di tengah jalan, true story ketika saya mulai fokus lagi melihat kedepan jalan tiba-tiba angkot di depan saya mengerem dan sontak itu mengejutkan saya. Dengan skill dan pengalaman berkendara saya akhirnya saya gunakan kedua rem tangan tersebut secara bersamaan. Mantap saya pun selamat dari tabrakan berkat kinerja maksimal penggunaan kedua rem secara bersamaan yang mampu mencengkram putaran roda.

Meskipun menurut saya harga Vario 150 eSP ini relatif mahal untuk segmen skutik, tapi kalau kalian ingin mendapatkan kepuasan maksimal memiliki motor maka Honda Vario 150 eSP adalah pilihan terbaik saat ini. Banyak kok yang merasakan manfaat dan kepuasan dari Honda Vario 150 eSP.

Indikator kepuasannya apa?

Angka penjualan Honda Vario 150 eSP termasuk tinggi. Dari data AISI 2015, sebanyak  487.975 unit Vario 150 eSP telah terjual di tahun tersebut. Hal ini menarik karena di tengah kelesuan penjualan agregat sepeda motor di tahun tersebut, Honda Vario 150 mampu bertahan dari krisis dan bahkan penjualannya membukukan angka yang fantastis. Belum lagi data agregat penjualan Honda Vario 150 eSP di tahun 2016 yang diperkirakan angka penjualannya akan meningkat dibanding tahun sebelumnya. Penjualan yang tinggi adalah salah satu indikator bahwa Honda Vario 150 eSP sangat digemari dan memuaskan bagi masyarakat Indonesia.

Apa yang saya rasakan terhadap Honda Vario 150 eSP, sungguh tidak membuat saya merasa kecewa memiliki motor ini, justru yang saya rasakan ialah kece WAH !!!

Akhir Kata...

meme2016-05-05-06-08-38-572b6fde2e9773140b976cad.jpg
meme2016-05-05-06-08-38-572b6fde2e9773140b976cad.jpg
silahkan mual-mual 

Salam Satu Hati. Ride The Perfection

Referensi data :   http://www.welovehonda.com

                               http://www.astmotor.com

                               http://www.astra-honda.com

                               http://www.hondacengkareng.com

                               http://www.aisi.or.id

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
  13. 13
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun