Sebagai mahasiswa komunikasi semester 4 kami mendapati mata kuliah penulisan berita dan penulisan kreatif, pada awalnya ada ketakutan untuk menghadapi mata kuliah tersebut tetapi setelah di jalani, hal tersebut justru sangat menyenangkan karena dalam prosesnya kita diharuskan meng-observasi berita apa yang akan kita tulis dan publikasi.
Pada semester 4 ini kami sering kali menghadapi mata kuliah yang mengharuskan kita untuk terjun langsung ke lapangan salah satunya mata kuliah yang di ampu oleh bapak ikhsan sebagai dosen penulisan berita dan penulisan kreatif, tetapi karena hal tersebut kami jadi terbiasa untuk menghadapi dunia nyata bukan cuma teori belaka.
Untuk penugasan penulisan berita sendiri menurut saya sangat efektif, di awal kami di beri tugas untuk membuat berita dan opini lalu di publikasi ke salah satu media di banten.
Sebagai mahasiswa semester 4 kami sangat terbantu dengan adanya penugasan yang bisa langsung melihat dan mendengar proses penulisan pada sebuah media itu seperti apa, sehingga bisa mengasah hard skill maupun soft skill kita.
Kami pun sebagai penulis pemula banyak menghadapi tantangan saat proses penulisan berita dikarenakan dalam penulisan berita bukan saja melibatkan observasi sehingga berita yang keluar tersebut akurat tetapi lebih dari itu kita harus melibatkan imajinasi dan bagaimana cara kita sebagai penulis bisa masuk ke dalam pikiran pembaca agar mereka tertarik untuk membaca berita yang kita publikasi.
Berita yang keluar harus lulus dari kaidah kaidah penulisan berita diantara lain :
1.Fakta dan Kebenaran:
•Berita harus berdasarkan fakta yang dapat diverifikasi.
•Hindari spekulasi dan rumor.
2.Struktur 5W+1H:
•What (Apa): Peristiwa apa yang terjadi?
•Who (Siapa): Siapa yang terlibat dalam peristiwa tersebut?
•When (Kapan): Kapan peristiwa tersebut terjadi?
•Where (Di mana): Di mana peristiwa tersebut terjadi?
•Why (Mengapa): Mengapa peristiwa tersebut terjadi?
•How (Bagaimana): Bagaimana peristiwa tersebut terjadi?
3.Piramida Terbalik:
•Menyusun berita dengan informasi paling penting di awal, diikuti oleh detail tambahan, dan diakhiri dengan informasi yang kurang penting.
•Hal ini memudahkan pembaca untuk mendapatkan informasi utama dengan cepat.
4.Objektivitas:
•Penulis berita harus bersikap netral dan tidak memihak.
•Hindari penggunaan opini pribadi dalam berita.
5.Bahasa yang Jelas dan Sederhana:
•Gunakan bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca.
•Hindari jargon atau istilah teknis yang tidak umum kecuali dijelaskan.
6.Lead yang Menarik :Â
•Lead adalah paragraf pertama dalam berita yang harus menarik perhatian pembaca.
•Lead harus mencakup inti dari berita dan menggugah minat pembaca untuk membaca lebih lanjut.
7.Akurasi dan Verifikasi:
•Pastikan semua informasi dalam berita akurat dan telah diverifikasi dari sumber yang terpercaya.
•Hindari kesalahan fakta dan data.
8.Sumber yang Jelas:
•Cantumkan sumber informasi dengan jelas.
•Hindari informasi dari sumber yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.
9.Etika Jurnalistik:
•Patuh pada kode etik jurnalistik, seperti menghormati hak privasi, tidak menulis berita bohong, dan tidak melakukan plagiarisme.
Kesimpulannya melalui mata kuliah penulisan berita dan penulisan kreatif yang saya dapat pada semester 4 ini, saya belajar banyak hal tentang bagaimana proses lapangan yang terjadi ketika sebuah berita itu dalam proses pembuatan dan belum di publikasi ke masyarakat.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H