1. Apa sih definisi konsep dasar komunikasi digital
Konsep Komunikasi Digital adalah konsep-konsep penting dalam komunikasi digital termasuk internet dan juga mencakup elemen-elemen yang tidak ada pada internet, seperti CD-ROM, multimedia, atau perangkat lunak komputer virtual reality.
2. Sejarah dan perkembangan media digital
Meskipun teknologi komputer telah ada selama beberapa dekade, konsep transformasi digital tergolong baru. Konsep ini muncul pada tahun 1990-an seiring dengan diperkenalkannya internet arus utama. Sejak saat itu, kemampuan untuk mengubah bentuk media tradisional (seperti dokumen dan foto) menjadi angka satu dan nol tidak lagi penting dibandingkan dengan apa yang telah dihadirkan oleh teknologi digital bagi masyarakat. Saat ini, digitalisasi menyentuh setiap bagian kehidupan kita, memengaruhi cara kita bekerja, berbelanja, bepergian, mendidik, memerintah, dan hidup.
Praktik transformasi digital umumnya digunakan dalam konteks bisnis. Pengenalan teknologi digital telah memicu terciptanya model bisnis dan aliran pendapatan baru. Teknologi yang muncul seperti kecerdasan buatan (AI), komputasi awan , dan Internet of Things (IoT) mempercepat transformasi, sementara teknologi dasar seperti manajemen dan analitik data diperlukan untuk menganalisis sejumlah besar data yang dihasilkan dari transformasi digital.
3. Teori-teori komunikasi yang relevan dengan teknologi
Tulisan ini dimaksud untuk mendeskripsikan media baru, Ujian
Nasional Berbasis Komputer (UNBK), sebagai wahana evaluasi
pembelajaran yang bertujuan untuk melihat sejauh mana teknologi
informasi dan komunikasi merambah kedunia pendidikan.
Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam kepada
pihak terkait, observasi dan juga dokumentasi. Hasil-hasil temuan
saintifik yang diperoleh adalah bahwa Media Baru secara kualitas
memberikan evaluasi yang unggul dengan menampilkan sifatnya yang
memberikan efisiensi biaya, bahan, dan waktu penyelenggaranan ujian.
Dengan media baru jangkauan wilayah yang luas dapat dicapai. Selain
itu, sifat transparansinya dalam mekanisme penyajian soal dan juga
dalam keamanan naskah menjadi akibat hadirnya new media di ranah
pendidikan. Tulisan ini dikaji dengan pendekatan teori New Media yang
merefleksikan media evaluasi belajar siswa yang ditandai dengan
penggunaan jaringan internet, Teori Determinisme Teknologi yang
mengimplikaskan penggunaan teknologi sebagai faktor dominan yang
berpengaruh dalam media evaluasi belajar, Teori Konstruktivisme
pendidikan yang megindikasikan siswa belajar aktif dengan kehadiran
new media dalam evaluasi belajar dan juga Teori Difusi Inovasi yang
merepresentasikan inovasi kebijakan pemerintah yang didiseminasikan
kepada sekolah-sekolah penyelenggara ujian berbasis komputer.
Sehingga, dapat disimpulkan bahwa presensi new media mengubah
perubahan perilaku dari satu sisi evaluasi pembelajaran.
4. Jenis-jenis komunikasi digital dan peranannya
Secara sederhana, daring dapat dikatakan sebagai padanan dari kata online. Â Kegiatan yang dilakukan secara daring sudah pasti membutuhkan jaringan internet dan alat-alat yang mendukung, seperti ponsel, komputer, laptop, dan sebagainya.
Jenis komunikasi jaringan daring berdasarkan medianya dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Berikut penjelasannya
1. Komunikasi Sinkron Chat
Bagi pengguna yang menggunakan aplikasi semacam WhatsApp, Line, Telegram, dan semacamnya. Itu artinya para pengguna sudah melakukan komunikasi sinkron chat.
Komunikasi sinkron chat merupakan komunikasi yang dilakukan melalui internet. Namun, hanya berupa pesan teks atau obrolan lain yang hanya berupa pesan teks saja.
2. Komunikasi Asinkron Chat
Komunikasi asinkron chat dengan komunikasi sinkron chat memiliki fungsi yang sama. Fungsinya adalah untuk mengirimkan pesan teks kepada seseorang yang ingin diajak komunikasi.
Akan tetapi, perbedaan dari keduanya adalah, komunikasi asinkron chat adalah komunikasi daring yang tertunda. Chat atau teks pesan yang dikirim tidak langsung dibalas orang sang penerima.
Contoh komunikasi asinkron chat adalah seperti sesi bertanya ketika sedang dilakukan webinar atau diskusi. Pertanyaan akan ditampung dan dijawab pada sesi atau waktu yang seharusnya.
Informasi penting disajikan secara kronologis
3. Komunikasi Sinkron Call
Jenis komunikasi daring ini adalah komunikasi dimana seseorang bisa berkomunikasi melalui sambungan telepon yang harus menggunakan internet. Komunikasi ini tidak terbatas waktu dan jarak. Aplikasi yang digunakan beragam, tentu harus ada fitur telepon.
4. Komunikasi Sinkron Video Call
Komunikasi daring jenis ini tidak jauh berbeda dari komunikasi sinkron call, karena dapat berkomunikasi dengan seseorang melalui suara.
Namun, yang membedakan dari komunikasi sinkron video call ini adalah terdapat fitur video yang bisa memperlihatkan wajah orang yang sedang berkomunikasi dengan pengguna. Aplikasi penunjang untuk komunikasi sinkron video ini pun sudah beragam.
5. Komunikasi Asinkron Video
Komunikasi asinkron video adalah komunikasi daring yang sama dengan komunikasi sinkron video. Namun, perbedaan dari komunikasi asinkron video adalah, seseorang hanya mengirimkan bentuk komunikasi berupa video.
Tidak terjadi komunikasi dua arah di dalam komunikasi asinkron video. Sehingga orang yang mengirimkan videonya tidak dapat mengetahui bagaimana respon dari penerima video tersebut.
Komunikasi asinkron video ini biasanya digunakan untuk guru-guru yang membuat materi pembelajaran dalam bentuk video. Guru tersebut akan mengirimkan video tersebut kepada murid-muridnya.
6. Komunikasi Daring Formal
Komunikasi daring formal adalah komunikasi yang dilakukan dalam keadaan formal. Biasanya komunikasi ini dilakukan ketika ada suatu kepentingan atau sebuah keharusan untuk melakukan komunikasi daring formal.
7. Komunikasi Daring Non Formal
Komunikasi daring non formal adalah komunikasi yang dilakukan di luar acara yang formal atau resmi. Jika komunikasi non formal dilakukan dalam situasi yang resmi, biasanya orang yang diajak berkomunikasi adalah kerabat atau yang memiliki hubungan dekat.
Baca juga: Pengertian Topologi Mesh dalam Jaringan Komputer
Demikianlah penjelasan mengenai jenis komunikasi jaringan daring yang sering digunakan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
5. Apa saja yang kamu ketahui tentang strategi komunikasi melalui medsos
1. Menarik Pelanggan Potensial
Strategi komunikasi lewat media sosial untuk bisnis yang pertama adalah menarik pelanggan potensial. Media sosial memiliki beberapa platform yang bisa Anda gunakan untuk menarik lebih banyak pelanggan. Salah satu cara yang dapat digunakan adalah dengan membuat sebuah iklan yang menginformasikan tentang produk bisnis Anda.
Anda juga bisa menggunakan fitur iklan yang ada pada platform media sosial tersbeut, misalnya Instagram Ads yang ada di Instagram.
2. Bereaksi Secara Efektif
Ketika memutuskan menggunakan media sosial untuk bisnis yang Anda jalani, maka Anda harus bereaksi secara efektif. Bereaksi secara efektif artinya Anda harus berusaha memberikan respon secepat mungkin jika ada berbagai macam pertanyaan dari konsumen maupun calon konsumen mengenai produk bisnis Anda.
Selalu update informasi pada media sosial yang digunakan tentang bisnis Anda, sehingga pelanggan akan percaya bahwa akun media sosial tersebut benar-benar aktif.
3. Membangun Fan Club
Jika bisnis Anda memiliki banyak pelanggan, maka Anda harus mengetahui seberapa besar respon pelanggan terhadap produk yang anda tawarkan sehingga dapat mengetahui apakah produk tersebut bagus atau tidak, maka dari itu Anda perlu melakukan sebuah survey.
Namun ada kemungkinan bahwa pelanggan Anda tidak tertarik dengan survey tersebut, oleh karena itu buatlah sebuah perkumpulan untuk melakukan survey. Dengan begitu mereka akan mengeluarkan pendapatnya mengenai produk yang merekai sukai dan tidak disukai.
4. Mendengarkan Konsumen
Strategi komunikasi lewat media sosial untuk bisnis yang keempat adalah mendengarkan apa yang disampaikan oleh konsumen. Melalui jejaring media sosial yang Anda gunakan untuk menjual produk bisnis, Anda dapat mengidentifikasi apa yang diinginkan oleh pelanggan.
Lakukan sharing dengan konsumen, Anda dapat melakukannya dengan sebuah survey. Misalnya jika Anda menjual kue dan sedang berencana untuk meluncurkan menu baru, Anda bisa bertanya kepada seluruh konsumen Anda mengenai kue mana yang sesuai dengan selera pengikut Anda.
Dengan mendengarkan konsumen Anda, Anda dapat menghasilkan produk yang sesuai keinginan konsumen dan akan meningkatkan penjualan bisnis Anda.
5. Mengkomunikasikan Pesan promosi
Promosi menjadi strategi yang harus dilakukan oleh setiap pelaku bisnis. Mengkomunikasikan pesan promosi dapat menarik lebih banyak pelanggan dan meningkatkan penjualan Anda. Lakukan promosi di waktu yang tepat. Selalu update informasi mengenai produk-produk bisnis Anda, namun jangan update promosi terlalu sering, karena hal tersebut dapat membuat jenuh pelanggan dan mereka dapat meniggalkan Anda.
6. Mengunggah Konten yang diakurasi
Dalam media sosial, akurasi sebuah konten memiliki nilai yang penting. Mengunggah konten yang diakurasi adalah strategi komunikasi lewat media sosial yang keenam. Anda harus membuat konten yang berkualitas untuk menarik lebih banyak pelanggan.
Mengakurasikan sebuah konten sangat penting untuk dilakukan karena memiliki beberapa manfaat, diantaranya adalah meningkatkan ranking SEO, membangun bisnis menjadi lebih baik dan menambah jumlah follower.
7. Membuat Konten yang Valueable
Strategi komunikasi di media sosial dikatakan efektif apabila menggabungkan konten yang dikurasi maupun konten yang dibuat sendiri. Anda harus memastikan bahwa konten yang dibuat memiliki pesan yang berguna dan berharga untuk konsumen.
Ciri konten yang valiable adalah konten tersebut dapat menjawab pertanyaan dari pembaca, dapat menyelesaikan masalah dan dapat memberikan manfaat bagi pengikut Anda di media sosial.
Mengunggah konten yang valuable memiliki banyak manfaat, seperti membangun reputasi bisnis, menaikkan ranking SEO dan bisnis Anda kan direkomendasikan oleh para ifluencer terpercaya di media sosial.
8. Mengadakan Percakapan yang Menarik
Strategi komunikasi lewat media sosial untuk bisnis selanjutnya adalah membangun percakapan yang menarik dengan pengikut media sosial Anda. Selain memberikan informasi mengenai produk bisnis, Anda juga dapat berkomunikasi secara langsung dengan pengikut Anda. Ciptakan percakapan yang dapat menarik perhatian pelanggan, seperti meminta pendapat tentang produk baru bisnis Anda. Mengadakan percakapan dengan pelanggan dapat menciptakan rasa percaya terhadap pelayanan dn produk yang Anda tawarkan.
9. Gambar yang Menarik
Penggunaan gambar yang bagus dan menarik akan dapat menarik perhatian pelanggan untuk membeli produk bisnis Anda. Anda dapat menggunakan gambar yang berisi tentang deskripsi produk atau jasa. Buatlah gambar yang informatif dan mengedukasi sehingga pesan dari gambar tersebut dapat sampai ke pelanggan Anda.
10. Menjalin Relasi
Strategi komunikasi lewat media sosial untuk bisnis yang terakhir adalah menjalin relasi. Ketika aktif dalam memanfaatkan media sosial tentu saja Anda akan berhubungan dengan banyak orang. Untuk mengoptimalisasi bisnis supaya dapat berkembang dengan baik maka Anda dapat memperluas relasi bisnis Anda. Dengan begitu kemungkinan besar Anda dapat bertemu dengan investor, mitra maupun pelanggan potensial untuk bisnis Anda.
Itulah 10 strategi komunikasi lewat media sosial untuk bisnis yang bisa Anda terapkan untuk kemajuan bianis yang Anda jalani. Lakukan strategi tersebut untuk mendapatkan lebih banyak konsumen potensial sehingga akan meningkatkan keuntungan dari bisnis Anda.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H