Mohon tunggu...
Aditya AgustiDivanto
Aditya AgustiDivanto Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa S1 IAIN Jember

Saya Aditya Agusti Divanto. Saya lahir di Malang, 3 Agustus 2000. Tempat tinggal saya di Jl. Hasanudin GG 2 No. 28 Kel. Karanganyar Kec. Panggungrejo Kota Pasuruan tetapi berdomisili di Jember karena saya menempuh pendidikan strata 1 di IAIN Jember program studi Pendidikan Agama Islam

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Dampak Daring (Pembelajaran Online) bagi Peserta Didik

9 Mei 2020   15:23 Diperbarui: 9 Mei 2020   15:29 483
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Assalamualaikum wr. wb.

Bagaimana kondisi para penikmat ilmu semua kali ini.? Semoga dalam perlindungan dan rahmat dari Allah SWT. Ok, saya (Aditya Agusti Divanto) akan membahas sebuah artikel baru yang berjudul " Dampak daring (pembelajaran online) bagi peserta didik ". Mari kita simak sama-sama dalam pembahasan berikut ini.

Di tengah pandemi COVID-19  seluruh kegiatan sosial harus diberhentikan sejenak dan seluruh kegiatan harus dilaksanakan dirumah demi mengurangi penularan dari virus corona. Di Indonesia, kali ini dalam kegiatan pembelajaran, kegiatan pembelajaran mulai jenjang sekolah dasar (SD) sampai perguruan tinggi baik negeri atau swasta (PTN/PTS) harus melaksanakan kegiatan pembelajaran dirumah demi menjaga kondisi fisik kesehatan dan mengurangi angka penyebaran dari virus corona.

Pelaksanaan DARING (Pembelajaran online) dirumah ini, ada beberapa sudut pandang  yang membahas mengenai efek pelaksanaan DARING (Pembelajaran online). Pelaksanaan DARING (Pembelajaran online) juga terdepat beberapa dampak bagi guru dan peserta didik. Dampak dari DARING ini bisa mengungkapakan antara dampak positif dan dampak negatif.

Diantaranya dari beberapa dampak DARING baik positif dan dampak negatif berdasarkan sudut pandang penulis yaitu Aditya Agusti Divanto diantaranya sebagai berikut:

1.Dampak Positif dari DARING (Pembelajaran online) :

A.Pembelajaran dapat dilaksanakan dirumah dengan pemanfaatan jejaring sosial.

B.Mendapatkan pengalaman pembelajaran online melalui aplikasi EDMODOO, Zoom Cloud Metting atau situs web yang dibuat oleh sekolah yang berguna untuk memudahkan peserta didik dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran.

C.Kegiatan positif dapat tercipta dengan melaksanakan pembelajaran online sebagai wujud mentaati aturan pemerintah untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran dirumah.

2.Dampak Negatif DARING (Pembelajaran online) :

A.Manajemen waktu yang sulit dilakukan oleh peserta didik karena banyaknya tugas pribadi yang diberikan oleh guru dalam memahami materi pembelajaran.

B.Kendala sinyal yang dialami oleh peserta didik bagi yang berada di daerah plosok atau pedesaan sehingga kegiatan pembelajaran online (DARING) terganggu dan mengharuskan peserta didik ke tempat WIFI atau mencari sinyal ke tempat lapang supaya dapat mengikuti kegiatan pembelajaran.

C.Waktu istirahat dari peserta didik kurang sehingga ini dapat membahayakan kondisi psikis dan kesehatan dari peserta didik.
Dari beberapa ungkapan diatas, itu menurut sudut pandang penulis artikel (Aditya Agusti Divanto) karena pemerintah setempat melakukan physical distancing maka penulis artikel (Aditya Agusti Divanto) tidak dapat mencantumkan beberapa opini tentang dampak daring bagi peserta didik dari orang lain.

Tetapi penulis artikel (Aditya Agusti Divanto) dapat memaparkan solusi untuk mengurangi dampak negatif dari pembelajaran online (DARING) seperti halnya paparan berikut ini :

I.Orang tua memberikan bimbingan kepada peserta didik mengenai manajemen waktu sehingga peserta didik tidak merasa bingung dalam manajemen waktu dan dapat menyelesaikan tugas pribadi sesauai deadline.

II.Orang tua memberikan fasilitas berupa pembemasangan WIFI pribadi supaya kegiatan pembelajaran dapat dilakukan oleh peserta didik secara maksimal tanpa ada kendala, sekolah juga dapat memberikan bantuan berupa paket data dengan kualitas sinyal yang baik kepada peserta didik sehingga pembelajaran dapat berlangsung secara maksimal tanpa ada kendala.

III.Ketika memberikan tugas pribadi kepada peseta didik, guru juga harus memperhatikan kondisi psikis dan kesehatan peserta didik dengan pemberian tugas yang tidak berlebihan sesuai dengan kapasitas peserta didik dalam menyelesaikan tugas pribadi tersebut.

Kesimpulan yang dapat diambil dari penjelasan diatas yaitu setiap kegiatan pembelajaran baik itu secara online atau tidak pasti memiliki dampak positif dan negatif terhadap peserta didik sehingga peran orang tua dan lembaga formal disini sangat penting demi meminimalisir dampak negatif dari pembelajaran online (DARING) yang bertujuan untuk mencapai tingkat mutu pendidikan yang baik dan dapat menyelaraskan dengan visi misi keberhasilan pembelajaran.

Semoga artikel ini dapat berguna bagi seluruh penikmat ilmu dan bagi para pembaca artikel ini, dan semoga artikel ini dapat memberikan wawasan kepada para penikmat ilmu semuanya dan dapat dijadikan referensi dalam pelaksanaan pengurangan dampak negatif DARING.

Wassalamualaikum wr wb.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun