Mohon tunggu...
Aditiya Naufal
Aditiya Naufal Mohon Tunggu... Mahasiswa - saya mahasiswa dan pernah menjuarai lomba puisi tingkat sekolah

saya hobi menulis artikel tentang makanan, berita dan disamping itu saya juga hobi berolahraga

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Cara Penulisan Surat Notula

25 Desember 2024   16:50 Diperbarui: 25 Desember 2024   16:50 36
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Dalam KBBI notula adalah laporan tertulis yang singkat dari sebuah rapat serta hal - hal yang dinyatakan dan diputuskan dalam sebuah rapat. Terkadang, notula juga disebut sebagai notulen.

Notula rapat merupakan rangkuman dari seminar, diskusi atau sidang dan hal-hal yang dirujuk dan diputuskan di dalam rapat dari mulai hingga berakhirnya suatu rapat. Notula rapat harus ringkas, padat, sistematis, dan komprehensif. Notula rapat dibuat sehingga kita dapat mengetahui hasil dari pertemuan dan juga sebagai dokumentasi rapat. Notula atau notulen catatan ringkas yang disusun oleh notulen. Notulen rapat adalah laporan tertulis yang sangat penting bagi mereka yang mengikuti rapat. Notula rapat dapat berupa data tentang materi yang dibahas, bagaimana rapat ditutup dan alternative atau putusan apa yang telah disepakati.

Dalam sistematika penulisan notula, ada rangkaian yang harus diperhatikan agar saat notula tersusun singkat dan sistematis. Berikut ini adalah susunannya:

1. Kepala Notula

   a. Nama atau tema yang dibahas.

   b. Hari dan tanggal pertemuan diadakan.

   c. Waktu terjadinya pertemuan acara.

   d. Tempal acara.

   e. Elemen - elemen yang ada dalam acara (Ketua dan wakil ketua, sekretaris, notulis, serta peserta pertemuan).

2. Isi notula

   a. Kata Pembuka.

   b. Pembahasan.

   c. Saran dan keputusan dari pelaksanaan rapat.

   d. Hal- hal yang akan dibahas dalam rapat.

   e. Tujuan kegiatan rapat/sidang.

   f. Waktu pelaksanaan kegiatan rapat.

   g. Pembacaan Keputusan.

   h. Waktu Penutupan.

3. Bagian akhir notula

   a. Nama jabatan.

   b. Tanda tangan.

   c. Nama pajabat, pangkat, atau NIP.

4. Penandatanganan

Isi dari penandatanganan adalah tanda tangan dari mereka yang dianggap memiliki posisi sentral dan bertanggung jawab atas berlangsungnya suatu pertemuan. Notula ditandatangani secara teratur mulai dari ketua rapat, wakil ketua, sekretaris, dan notulis.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun