Iklan ini  memiliki peran yang  sangat penting dalam meningkatkan sebuah usaha  ekonomi umkm, karena iklan adalah pemasaran yang paling efektif dalam dunia bisnis. Dengan ada nya iklan, usaha juga  lebih signifikan dalam penjualan produk atau layanan jasa. Berikut  adalah contoh-contoh dampak iklan dalam meningkatkan ekonomi UMKM:
1.Meningkatkan dan memperkenalkan merek / brand.
Iklan sangat membantu dalam meningkatkan dan menyebarluaskan serta memperkenalkan produk atau layanan jasa UMKM kepada khalayak ramai atau luas, sehinga produk atau jasa tersebut bisa dikenal, diminati dan diketahui oleh khalayak ramai. Semakin banyak orang yang melihat keberadapan UMKM, semakin besar juga peluang mereka untuk membeli  produk atau layanan jasa tersebut.
2.Meningkatkan royalitas kepada pelanggan
 Iklan harus konsisten dalam informatif, sehingga pelanggan akan royal dan loyalitas dalam membeli produk atau menggunakan jasa, yang akan cenderung untuk kembali lagi dalam membeli produk atau jasa dan juga memperkuat kepercayaan khalayak kepada produk atau jasa tersebut. Dengan ada nya loyalitas kepada pelanggan dan kepuasan  pelangan, maka akan semakin banyak juga orang yang akan membeli dan percaya kepada produk dan jasa yang pelaku usaha tawarkan kepada khalayak.
3.Meningkatkan citra dan Reputasi UMKM
Iklan dapat meningkatkan reputasi kepada umkm dalam bisnis produk atau jasa. Hal ini juga dapat membuat produk atau jasa UMKM dapat di percaya oleh pelangan dan konsumen. Iklan yang baik, informatif dan menarik, juga akan meningkatkan citra dalam perusahaan di mata publik dengan ada nya citra yang positif, akan bisa berdampak kepada hubungan bisnis dan kerja sama dengan orang lain. Citra yang baik juga akan menimbulkan daya tarik kepada investasi dan mendukung bisnis jangka panjang.
4.Jangkauan target pasar yang tepat
Memastikan target pasar yang tepat adalah kunci kesuksesan dalam keberlanjutan UMKM. Dengan ada nya strategi iklan yang tepat, maka target  penjualan UMKM akan semakin luas dan melesat dalam target pasar dan juga menambah peminat dalam produk atau jasa nya  yang sangat ideal dalam produk penjualan  atau layanan mereka dan juga dapat meningkatkan efektivitas dalam kampanye pemasaran  sehingga audiens tertarik dalam produk atau jasa. Berikut adalah target  pasar yang tepat:
*Riset pasar (survive): Melakukan riset pasar ( tinjauan lokasi) menjadi hal yang sangat penting dalam penjualan, karena pelaku usaha memahami kepada siapa target pasar tersebut ditujukan, riset pasar bisa dilakukan melalui metode survei, dengan ada nya survei  pelaku usaha dapat mengumpulkan data untuk memusatkan target pasar  bisa melalui tatap muka ataupun kuisioner
*Wawancara:  pelaku usaha juga bisa melakukan percakapan  secara langsung dengan individu dari target pasar  untuk mendapatkan wawasan yang informatif  dan juga mendalam mengenai target pasar tersebut
*Menganalisi data: pelaku usaha harus melakukan analisis data dan problematika dalam penjualan, media social, Â dan juga website untuk mengetahui sebuah inovasi terbaru dan menyesuaikan dengan pola pikir dan peradaban yang sedang berlangsung.
5.Meningkatkan Daya Saing / kompetisi
Di pasar yang kompetitif, iklan ini dapat membantu UMKM  Dalam menonjolkan daya saing dan membedakan ciri khas mereka dalam apa  yang mereka jual baik produk maupun jasa yang di tawarkan mereka.
Iklan yang memiliki daya kreasi yang tinggi dan inovatif akan menarik perhatian dan memiliki daya saing  dalam penjualan UMKM supaya di minati oleh banyak khalayak dan dan produk nya akan jadi daya tarik banyak orang.
6.Meningkatkan lapangan pekerjaan dan mengurangi tingkat pengangguran.
 Pertumbuhan dan kemajuan usaha UMKM yang didorong oleh iklan akan menciptakan lapangan pekerjaan  yang banyak atau luas  bagi khalayak  dan membantu perekonomian masyarakat dalam kehidupan mereka, sehingga masalah tingkat pengangguran di daerah tersebut akan semakin berkurang dan dapat teratasi.
7.Bersaing dengan bisnis besar, baik itu lokal maupun internasional.
Iklan memiliki peluang untuk membantu para pendiri usaha agar berkembang lebih pesat. Terutama bersaing dengan bisnis-bisnis besar yang telah memiliki brand ternama yang diketahui khalayak, serta memiliki sumber daya dan jangkauan yang lebih besar untuk pemasaran. Sehingga, produk atau layanan jasa yang ditawarkan tidak tertinggal jauh dari kualitas brand ternama yang menawarkan produk atau layanan jasa yang sama.
8.Meningkatkan pendapatan dan penjualan
Keuntungan paling efektif yang dapat dipetik oleh pelaku usaha dari iklan yaitu meningkatnya permintaan pasar yang banyak sehingga dapat menimbulkan tingginya angka pendapatan di setiap penjualan produk atau jasa. Hal ini dapat juga akan  mendorong pertumbuhan ekonomi secara berkala.
9.Memberikan dukungan kepada perekonomian nasional
UMKM menjadi salah satu tulang punggung perekonomian dalam nasional. Dengan ada nya UMKM dan berkembang nya iklan  dapat memberikan kontribusi dalam perkembangan dalam perekonomian nasional secara keseluruhan dan juga dapat meningkatkan  taraf dalam hidup masyarakat
10. Memberikan efisiensi biaya pada UMKM
Dengan ada nya iklan di era digital saat ini kita bisa menawarkan bisnis kita dalam iklan media social dengan harga yang efisien di bandingkan iklan tradisional. Dengan ada nya ini  UMKM mendapatkan anggaran yang lebih terbatas dalam memanfaatkan iklan dengan baik dan efektif tanpa memerlukan modal biaya yang banyak  dan lebih praktis  untuk dilihat oleh khalayak dalam  bisnis UMKM yang  ditawarkan  dalam iklan di media social.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H