Mohon tunggu...
Aditia Puspita
Aditia Puspita Mohon Tunggu... Freelancer - freelance

Saya adalah orang biasa yang sedang belajar menulis dan mengungkapkan semua perasaan serta pengalaman saya lewat menulis. Sejak kecil saya bercita-cita untuk menjadi seorang penulis, karena bagi saya dengan menulis saya dapat mengetahui bahwa saya masih hidup dan mampu membagikan benyak pengalaman saya dan orang-orang yang pernah saya temui.

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

5 Hal Ini Bisa Membantumu Mencapai Resolusi!

2 Januari 2023   14:05 Diperbarui: 2 Januari 2023   14:11 596
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Nggak kerasa ya udah masuk ke tahun 2023. Itu artinya masa seperempat abadku udah mau lewat 1 tahun. Kalo di flashback ke belakang, kayaknya banyak banget resolusi yang nggak kecapai. 

Kadang suka nanya ke diri sendiri, kenapa banyak resolusi yang nggak kecapai? Apakah aku yang terlalu malas, atau emang kebanyakan resolusi dan lebih sering mengejar validasi dari orang lain? Dan ternyata jawabannya adalah aku terlalu sibuk mengejar validasi dari orang lain, yang pada akhinya bikin aku nggak jadi diri sendiri sampai lupa tentang resolusi yang udah aku buat di tahun sebelumnya. Dan dari tahun ini aku banyak belajar tentang apa itu resolusi yang sebenarnya.

Jika kita lihat kata resolusi menurut KBBI adalah putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan yang ditetapkan dalam rapat (musyawarah, sidang). Biasanya berisi tuntutan tentang suatu hal. 

Resolusi juga dapat diartikan sebagai pernyataan tertulis yang berisi permintaan atas suatu masalah. Kali diterapkan ke kehidupan sehari-hari, resolusi merupakan janji atau rencana pencapaian yang dibuat pada akhir tahun yang akan dilakukan di tahun yang akan datang.

Berikut ini beberapa tips biar resolusimu nggak cuma tertulis di notebook atau handphone kamu base on pengalamanku:

1. Jangan terlalu banyak membuat resolusi

Terlalu banyak membuat resolusi hanya akan membuatmu capek dan lelah, terlebih jika resolusi yang kamu buat diniatkan untuk mendapat validasi orang lain. Cepat atau lambat kamu akan merasa lelah dan pada akhirnya kamu akan menyalahkan dirimu sendiri jika resolusi tersebut tidak tercapai. Cukup 2 atau 3 resolusi, tapi semua tercapai secara maksimal serta memuaskan.

2. Tetap jaga kesehatan dan kewarasan diri

Ambisi demi tercapainya resolusi yang telah di buat kadang kala membuat diri lupa istirahat dan lalai akan pentingnya menjaga kesehatan serta kewarasan. Padahal kedua poin tersebut sangat berpengaruh dengan resolusi yang kamu buat. 

Jangan sampai terlalu berambisi pada  resolusi membuat kamu sakit baik secara fisik maupun rohani. Nggak perlu lari mengejar ambisi, cukup jalan saja agar klta tahu agar kita tahu pelajaran apa yang bisa kita ambil di setiap prosesnya.

3. Tulis Resolusi secara spesik

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun