ergonomi? Mungkin banyak dari kalian yang masih jarang atau mengetahui mengenai apa itu ergonomi. Ergonomi itu sendiri adalah ilmu yang mempelajari mengenai interaksi antara manusia dengan elemen-elemen lain dalam suatu sistem, serta profesi yang mempraktikkan teori, prinsip, data, dan metode dalam perancangan untuk mengoptimalkan sistem agar sesuai dengan kebutuhan, kelemahan, dan keterampilan manusia.Â
Apakah kalian sering mendengar kataAtau dengan kata lain ergonomi dalam ranah pekerjaan adalah tata cara atau aturan bagaimana melakukan suatu pekerjaan dengan benar termasuk sikap kerja karyawan, dengan tujuan agar karyawan merasa nyaman dalam mengerjakan pekerjaannya. JadiÂ
Ergonomi itu sendiri adalah interaksi kompleks antara aspek pekerjaan seseorang dengan kondisi fisik atau psikis dalam lingkungan pekerjaannya. Jadi adanya hubungan tentang pekerjaan dengan lingkungan kerjanya.Â
Ergonomi bisa dikatakan menjadi metode yang tepat yang ditujukan kepada individu dalam sebuah sistem maupun lingkungan pekerjaan. Setelah membahas sedikit mengenai definisi dari ergonomi, kita berlanjut ke pembahasan prinsip-prinsip ergonomi.Â
Pada dasarnya prinsip ergonomi itu bertujuan untuk mengatur dan mendesain lingkungan kerja kita sesuai dengan kebutuhan kita, sehingga dapat menghindari dari yang namanya cedera kerja. Dengan adanya ergonomi tersebut, dapat meminimalisir terjadinya cedera kerja, dan membuat lingkungan kerja menjadi nyaman sesuai dengan model yang kita inginkan dan tentunya sesuai dengan kebutuhan kita dalam ranah pekerjaan. Jadi, ada beberapa prinsip dari ergonomi itu sendiri :
1. Menjaga posisi badan/postur tubuh
Posisi badan yang baik adalah saat seorang berposisi secara normal dan netral, dimana tubuh kita sedang seimbang dan tidak ada tekanan. Jadi, dapat dilakukan dengan cara menyesuaikan cara duduk yang benar, dan menempatkan segala sesuatu sesuai dengan takarannya.
2. Mengurangi kekuatan yang berlebihan
Terkadang memang banyak sekali jenis pekerjaan yang memerlukan kekuatan yang berlebihan, sehingga kerja otot dan saraf bisa meningkat tidak seperti biasanya. Jadi, dengan adanya salah satu prinsip ergonomi tersebut, bisa menyadarkan bahwa tidak perlu memakai kekuatan yang berlebihan saat bekerja, namun kita bisa mensiasatinya dengan menggunakan alat bantu, misalnya mesin-mesin yang sudah canggih dan tidak terlalu butuh kekuatan manusia.
3. Menghindari gerakan yang berlebihan
Suatu yang berlebihan pastinya tidak baik bukan? Gerakan yang berlebih juga tidak dianjurkan dalam Ergonomi, dikarenakan gerakan yang berlebihan dan diulang berkali-kali akan berpengaruh terhadap postur netral seseorang.
4. Memberi kesempatan untuk perenggangan
Suatu aktivitas yang sama yang dilakukan terus-menerus akan membuat kita merasa tidak nyaman dan kelelahan, oleh karena itu seorang karyawan yang bekerja dan melakukan hal yang ds setiap saat, sangat dianjurkan untuk melakukan peregangan, peregangan tersebut bisa mengurangi kelelahan dan merelaksasi otot agar menjadi nromal kembali.
Setelah membahasa mengenai prinsip dari ergonomi, maka kita lanjutkan bahasan mengenai seberapa pentingnya penerapan egonomi kerja tersebut.
1. Meningkatkan produktivitas
Seorang akan merasa lebih nyaman dalam bekerja jika ergonomi itu dilaksanakan, makin ergonomis seorang bekerja, makin nyaman pula ia dalam pekerjaannya. Dengan adanya ergonomi, pekerjaan terasa lebih mudah dilakukan karena rasa nyaman dan aman tersebut. Dan terdapat riset juga membuktikan,bahwasannya karyawan merasa lebih nyaman,aman dan semangat dalam bekerja bahkan frekuensi karyawan yg mengajukan izin bekerja itu menurun.
2. Hemat biaya
Dengan desain lingkungan kerja yang baik, dan menerapkan ergonomi dalam pekerjaan, dapat membuat karyawan lebih sehat, dan terhindar dari yang namanya cedera, dan jika dilihat dari segi biaya atau keuangan, maka perusahaan lebih bisa menghemat biaya dan dapat menekan kompensasi biaya yang mungkin dikeluarkan.
3. Meningkatkan kualitas kerja
Saat karyawan bekerja dalam lingkungan yang nyaman,aman dan sesuai dengan kebutuhan,tentu saja hal itu berpengaruh besar dalam peningkatan kualitas kerja karyawan tersebut, dengan adanya hal tersebut, karyawan jadi lebih rilex dan semangat dalam pekerjaannya. Dan karyawan juga merasa lebih tenang dikarenakan sudah ada jaminan bahwa lingkungan kerjanya aman dan sehat. Dan itulah yang menjadikan karyawan dapat meningkatkan kualitas kerjanya.
Dan itulah beberapa bahasan mengenai egonomi dalam dunia kerja.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H