Hai sahabat kompasianer, banyak dari kita yang tidak bisa memanajemen waktu dengan baik. Terkadang kita berpikir kita memiliki waktu yang sama dengan orang lain yaitu dua puluh empat jam dalam sehari ,tapi kenapa kita tertinggal ya. Ketika teman kita mungkin yang seumuran dengan kita telah berhasil mencapai sesuatu, sedangkan kita  masih gini-gini aja.Â
Pernah gak sih merasa bahwa kita ingin melakukan sesuatu tapi ujung-ujungnya hanya scrolling sosial media dan kita gak jadi melakukan sesuatu itu. Pada akhirnya waktu kita seharian itu jadi sia-sia dan gak produktif. Mungkin kalo dilakukan sesekali untuk melepaskan capek atau stress gak masalah, namun kalo ini sudah menjadi kebiasaan tentu kita harus cepat-cepat berbenah.  Ada kata-kata bijak dari Mahat Maghandi  "Masa depan tergantung pada apa yang kamu lakukan hari ini" .
Pernah gak kita berpikir kenapa kita bisa kayak gini ya, apa sih penyebabnya ?
Nah ada beberapa penyebab kita sulit sekali untuk bisa memanajemen waktu, seperti :
1. Tidak bisa memperkirakan keperluan waktu
Hal pertama yang menjadi sebab kita sulit untuk memanajemen waktu adalah kita tidak mampu memperkirakan waktu yang kita perlukan untuk setiap task, projek atau apa yang ingin kita lakukan. Banyak dari kita yang fokusnya itu ke idel waktu bukan ke keperluan waktu yang kita butuhkan.
Nah, tidak bisanya kita dalam memperkirakan waktu ada 5 penyebabnya
a. Kita terlalu meremehkan kompleksitas     pekerjaan
b. Mengabaikan pengalaman sehari-hari     atau juga dimasa lalu untuk tugas yang    sama
c. Kita berpikir pekerjaan ini akan berjalan    mulus tanpa adanya hambatan atau ada    perubahan.
d. Membuat pikiran yang optimis agar        terlihat hebat karena mampu untuk        menyelesaikan tugas atau pekerjaan       dengan cepat.
e. kurangnya aware terhadap kompetensi     pribadi
Untuk masalah ini ada beberapa solusi yang bisa diterapkan agar lebih pandai dalam memperkirakan waktu :
a. Menghitung rasio fudge
b. Selalu review time tracker untuk apapun pekerjaan yang dilakukan
c. Pertimbangkan kemungkinan terburuk     seperti kondisi mental blok, interupsi      dan lain-lain
d. Kalau mungkin minta feedback dari        orang lain yang berkaitan dengan cara     kamu memanajemen waktu.
2. Tidak menerapkan Attantion Management