Nama : Adinda Zahrah Herjanto
NPM : 23010400127
Dosen Pengampu : Dr. Nani Nurani Muksin, S.Sos, M.Si
Mata kuliah : Pengantar Ilmu Komunikasi
Prodi: Ilmu Komunikasi Kelas JÂ
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
PENDAHULUAN
Media sosial telah menjadi bagian tepenting bagi Masyarakat jaman sekarang,termasuk dalam kegiatan pemasaran. Salah satu media sosial yang populer atau sering digunakan oleh khalayak masyarakat dalam pemasaran adalah Instagram. Instagram merupakan media sosial berbasis gambar dan video yang memiliiki pengguna aktif terbesar di Indonesia. Instagram memiliki kelebihan berupa visual yang menarik dan interaktif, sehingga dapat menjadi sarana yang selektif untuk menyampaikan pesan pemasaran.
Efektivitas komunikasi pemsaran online di Instagram dapat dilihat dari berbagai indikitaror yaitu:
- Awareness : Peningkatan kesadaran konsumen terhadap merek atau produk yang ditawarkan.
- Interest : Munculnya ketertarikan konsumen untuk mempelajari lebih lanjut tentenag merek atau produk tersebut.
- Desire : Timbulnya keinginan konsumen untuk memiliki produk tersebut.
- Action : Terjadinya tindakan pembelian atau transaksi oleh konsumen dengan penjual.
Penelitian-penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa Instagram dapat menjadi media yang efektif untuk meningkatkan komunikasi pemasaran. Namun, efektivitas tersebut dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti konten yang di bagikan, strategi pemasaran yang digunakan, serta karakteristik audiens.
Artikel ini membahas efektivitas komunikasi pemasaran online di Instagram, dengan fokus pada faktor-faktor apa yang mempengaruhi efektivitas tersebut. Artikel ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana menggunakan Instagram secara efektif dalam pemasaran.
METODE PENELITIAN
Artikel ini menggunakan metode penelitian kepustakaan, yaitu dengan mengumpulkan sata dan informasi dari berbagai suber Pustaka, seperti jurnal, buku, dan artikel ilmiah. Data dan informasi yang di kumpulkan akan dianalasis secara kualitatif untuk mengidentifikasi indicator dan faktor-faktor pemasaran online di Instagram.
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHSANÂ
KomunikasiÂ
Shanon dan Weaver menyatakan bahwa komunikasi adalah bentuk interaksi manusia yang paling pengaruh mempengaruhi satu sama lainnya, sengaja atau tidak sengaja. Tidak terbatas pada bentuk komunikasi menggunakan Bahasa verbal tetapi juga dalam hal ekspresi muka, lukisan, seni, dan teknologi (Cangara, 2007). Â
Komunikasi pemasaran adalah kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh pembeli dan penjual yang sangat membantu dalam pengambilan Keputusan di bidang pemasaran, serta mengarahkan pertukaran agar lebih memuaskan dengan cara menyadarkan semua pihak untuk berbuat lebih baik. Definisi ini menyatakan, komunikasi merupakan  pertukaran informasi dua arah antara pihak-pihak atau Lembaga-lembaga yang terlibat dalam pemasaran. Menurut Kotler & Keller,2009 memberikan pengertian bahwa komunikasi pemasaran merupakan sarana di mana Perusahaan berusaha menginformasikan,membujuk,dan mengingatkan konsumen secara langsung maupun tidak langsung tentang produk dan merek yang di jual ( Nia Rahmadani & Muhid Ar.Imam Riauan,2022 :15-16)
Komunikasi pemasaran terpadu terdiri dari lima alat yang dapat dikombinasikan satu dengan lainnya dalam mengkomunikasikan kepada target sasaran,yaitu:
- Iklan atau  Advertising merupakan bentuk non personal dari komunikasi massa yang menawarkan kontrol yang tinggi terhadap hasil desain dan penyampaian pesan yang target sasarannya lebih luas
- Promosi penjualan atau sales promotion,sama seperti iklan. Sales promotion merupakan bentuk non personal yang memiliki kapasitaslebih untuk menargetkan kepada sasaran yang fokusnya lebih kecil.
- Penjualan personal atau personal selling, merupakan bentuk komunikasi interpersonal yang melibatkan aktivitas tatap muka yang dilakukan seorang individu yang mewakili sebuah organisasi atau badan usaha untuk mempengaruhi atau mengingatkan target sasaran dalam melakukan pembelian.
- Public Relations adalah seni dan pengetahuan sosial dalam menganalisa trend, memprediksi konsekuensi yang akan terjadi, konsultasi bagi kepemimpinan organisasi atau badan usaha, serta implementer dari perencanaan sebuah program bagi sebuah organisasi atau badan usaha maupun terhadap ketertarikan public.
- Pemasaran langsung atau Direct Marketing, yaitu menargetkan kepada konsumen secara individual dengan tujuan untuk memberikan pesan personal dan membangun hubungan berdasarkan respon. ( Dian Sarastuti,2017: 74-75) Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Efektivitas Komunikasi Pemasaran di Instagram
Efektivitas komunikasi pemasaran berperan penting dalam meningkatkan penjualan karena dengan para pedagang atau pemasar memanfaatkan media sosial ini salah staunya Instagram dapat meningkatkan minat beli konsumen. Dalam komunikasi pemasaran mencakup beberapa elemen dalam mempromosikan produk atau brand yang dipunya seperti promosi, iklan, kemasan produk, branding, dan harga. Dalam meningkatkan efektivitas komunikasi pemasaran di Instagram memiliki dua faktor yaitu adanya faktor pendukung serta adanya faktor penghambat. Dalam faktor pendukung efektivitas komunikasi pemasaran online di Instagram yaitu, dengan memperhatikan kualitas foto yang yang di unggah serta kita harus konsisten dalam mengunggah di Instagram. Faktor penghambatnya adalah dikarenakan bentuk transaksi yang dilakukan ini melibatkan media elektronik yang terkadang mempersulit konsumen dalam melakukan transaksi. Bahkan banyak pula yang melakukan kecurangan dalam proses pemasaran online.
- Bentuk efektivitas komunikassi pemasaraan di Instagram dengan melalukan pemanfaatan di Instagram itu sendiri yaitu dengan melakukan :
- Meng-Upload gambar produk. Dalam mengunggah foto atau gambar ke media sosial termasuk dari komunikasi non-verbal yang dimana memiliki pesan bahwa sang pengunggah atau pemasar sedang mempromosikan produknya.
- Tampilan menarik, merupakan proses persuasi yang berupa menarik perhatian audiens dalam mempromosikan produk.
- Memberi caption. Dalam memberikan caption saat mengunggah gambar produk merupakan komunikasi verbal yang dimana melibatkan kata-kata tertulis berupa ajakan pemasar kepada audiens untuk membeli atau memiliki produk yang mereka jajakan
- Meng-Upload reels atau video, dalam proses ini melibatkan adanya komunikasi verbal serta non verbal. Karna kita dapat melihat proses penggunaan produk tersebut atau kita dapat melihat secara ekspresi sang pemasar  unntuk meyakinkan audiens untuk memiliki atau membeli produk mereka.
Dalam meningkatkan efektivitas komunikasi pemasaran adalah dengan memahami konsumen dan kebutuhan mereka. Dengan memahami konsumen dan kebutuhan mereka,strategi pemasaran produk dapat dirancang dengan lebih baik dan efektif. Peneleitian kualitatif dapat menjadi salah satu metode untuk memahami  pandangan dan pengalaman konsumen terhadap produk. Pengaruh komunikasi pemasaran terhadap penjual sangat besar. Karena  komunikasi pemasaran yang efektif dapat membangun brand awereness ,meningkatkan minat dan kepercayaan pelanggan, serta mempengaruhi Keputusan pembelian pelanggan. Maka dari itu, pemilik akun bisnis di Instagram perlu memperhatikan strategi komunikasi pemasaran agar dapat meningkatkan penjualan produk mereka.
KESIMPULAN
Efektivitas komunikasi pemasaran sangat penting untuk meningkatkan minat beli konsumen terhadap produk. Kemasan produk,branding,promosi, iklan, serta harga adalah elemen penting dalam komunikasi pemasaran. Penelitian kualitatif dapat menjadi salah satu metode untuk memahami pandangan dan pengalaman konsumen. Serta adanya faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli audiens atau konsumen. Dalam meningkatkan efektivitas komunikasi pemasaran di Instagram dengan melakukan beberapa hal yang berupa memanfaatkan fitur Instagram tersebut yang terdiri dari meng-Upload gambar dan video, dengan tampilan feeds yang menarik, serta caption yang meyakinkan para audiens.
Â
DAFTAR REFERENSI
Nia Rahmadani,Muhid Ar. Imam Riauan, (2022), Pemanfaatan Instagram @Houseofchic  Sebagai Media Komunikasi Pemasaran, Universitas Islam Riau, Journal of Social Media and MessageJuni2022, Vol. 1, No. 1, pp. 13-23E-ISSN: 2829-9752 View of Pemanfaatan Instagram @houseofchic Sebagai Media Komunikasi Pemasaran (rc-communication.com)
Dian Sarastuti,(2017), STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN ONLINE PRODUK BUSANA MUSLIM QUEENOVA, 1645-3670-1-SM.pdf (mercubuana.ac.id)
Okta Dilla Suryani, M. Tufiq Abadi, (2023), Memahami Efektivitas Komunikasi Pemasaran  dalam Meningkatkan Penjualan Bisnis Cireng Isi, Universitas Islam Negeri K.H Abdurrahman Wahid, URMA : JURNAL RISET MANAJEMENVol. 1, No. 2 Juni 2023e-ISSN: 2985-7627; p-ISSN: 2985-6221, Hal 64-71DOI : https://doi.org/10.54066/jurma.v1i2.320
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H