Di era globalisasi saat ini, teknologi informasi merupakan salah satu bentuk perkembangan teknologi yang berkembang begitu cepat dan pesat. Perkembangan teknologi informasi pun sangat berpengaruh terhadap pengumpulan, pengolahan, penyajian serta penyebaran informasi.
Bentuk perkembangan teknologi informasi saat ini dapat kita amati dengan adanya kehadiran internet yang kian menjadi suatu kebutuhan bagi manusia. Dengan adanya kehadiran internet para pelaku bisnis pun memanfaatkannya sebagai sarana untuk menunjang kepentingan bisnisnya.
Melalui internet setiap pelaku bisnis dapat memperoleh keunggulan dan kemudahan dalam memanfaatkan berbagai fitur yang ada di internet guna menunjang persaingan antar pelaku bisnis, hingga akhirnya muncul konsep internet marketing.
Internet marketingatau yang bisa juga disebut sebagai e-marketing atau online marketing merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan untuk memasarkan dan mendistribusikan suatu produk berupa barang atau jasa melalui media internet. Internet marketing pun menjadi sebuah konsep baru yang memudahkan perusahaan untuk melakukan ekspansi pasar ke berbagai wilayah.
Adanya peningkatan jumlah pengguna internet di dunia pun berdampak pada pola konsumsi atau belanja masyarakat. Semenjak kehadiran internet, pola konsumsi masyarakat dapat dilakukan secara online melalui internet. Di mana mereka dapat membeli atau memesan barang melalui website/marketplacetanpa perlu bertatap muka dan melihat kondisi barang secara langsung. Sehingga transaksi pembelian pun menjadi lebih mudah dan praktis, bahkan dapat dilakukan dari mana saja dan kapan saja.
Peluang dalam memasarkan atau mempromosikan suatu produk melalui internet semakin dirasakan oleh para pelaku bisnis. Kemudahan dan keuntungan tersebut juga semakin menarik para pelaku bisnis lainnya untuk terjun atau beralih ke bisnis online. Jika semakin banyak pelaku bisnis yang terjun atau beralih ke bisnis online, maka semakin ketat pula persaingan dalam memperoleh pelanggan atau customer dalam pemasaran secara online.
Menghadapi permasalahan ini, maka pelaku bisnis harus bisa memahami konsep internet marketing dengan mengoptimalkan mesin pencari atau seringkali disebut Search Engine Optimization(SEO).
 Search Engine Optimization (SEO) merupakan serangkaian proses atau cara untuk mengoptimalkan konten website agar muncul dalam peringkat hasil pencarian di browser. SEO bertujuan menempatkan sebuah situs website pada posisi teratas, atau setidaknya di halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci atau keyword tertentu.
Situs website yang menempati posisi teratas pada penelusuran, memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung yang lebih banyak. Dengan memanfaatkan SEO secara optimal dan maksimal dapat membantu konten website yang dibuat muncul dalam ranking teratas di halaman penelusuran. Hal ini dapat membantu dan mempermudah khalayak untuk mencari dan menemukan konten website yang dimaksud dengan lebih mudah.
Tentunya hampir semua bisnis pasti harus memiliki profit. Berbagai cara dilakukan pelaku bisnis untuk meningkatkan keuntungan mereka, baik dengan melakukan pemasaran secara offline maupun secara online melalui internet marketing.
Berikut ini adalah beberapa manfaat SEO dalam pemasaran online :
- Biaya Murah
SEO tidak membutuhkan biaya begitu banyak, bahkan bisa terbilang gratis asalkan pelaku bisnis benar-benar mampu mendalami konsepnya. Biaya pemasaran pun dapat dikurangi karena tidak perlu membuat outlet secara fisik dan juga tidak perlu membuat media promosi seperti brosur, spanduk, dan sebagainya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa SEO merupakan strategi internet marketing paling murah untuk bisnis online.
- Meningkatkan Traffic yang Potensial
SEO yang sudah dimanfaatkan secara optimal, maka akan dapat meningkatkan traffic website sebuah toko online hingga mencapai ribuan pengunjung setiap harinya. Halaman website yang teroptimasi dengan baik dari sisi SEO akan mendapatkan peringkat yang baik juga di mesin pencari, misalnya Google.
Penggunaan kata kunci atau keywordyang unik akan mempermudah peluka bisnis untuk meningkatkan traffic. Semakin baik posisi halaman website di Google, maka peluang untuk mendapatkan pengunjung (traffic) yang potensial akan semakin besar. Pengunjung potensial inilah yang nantinya akan menjadi calon pelanggan atau pelanggan bagi sebuah bisnis online.
- Meningkatkan Brand Awareness atau Pengenalan Brand
Dalam bisnis online, popularitas sebuah toko online serta produknya merupakan bagian penting untuk menciptakan branding awarness. Semakin terkenal sebuah toko online serta produknya, maka akan semakin membantu pemasaran produk dan mendorong banyaknya transaksi penjualan yang terjadi. Calon pelanggan maupun pelanggan hanya akan melakukan transaksi pembelian apabila mereka sudah mengenal produk dan percaya terhadap toko onlinepenyedia produk tersebut.
Inilah fungsi SEO yang berpengaruh besar terhadap tumbuh kembang sebuh websitetoko online. SEO pun menjadi teknik  atau metode untuk meningkatkan popularitas sebuah website. SEO akan bekerja dengan menempatkan rangking website di jajaran teratas halaman penelusuran di mesin pencari seperti Google, Bing, dan sebagainya.
Jika website sebuah toko online berada pada peringkat pertama dalam penelusuran di Google, maka tentunya akan meningkatkan kepercayaan calon pelanggan maupun pelanggan terhadap sebuah toko onlineserta produknya.
- Memperoleh Data Customer secara Gratis
Pemasangan iklan pada berbagai media periklanan merupakan salah satu tujuan yang dilakukan oleh pelaku bisnis untuk memperoleh data calon pelanggan maupun pelanggannya. Dengan memiliki data calon pelanggan maupun pelanggan, maka akan lebih mudah untuk mempromosikan produk baru atau memberikan penawaran promosi khusus untuk menjual produk lama kepada calon pelanggan maupun pelanggan. Dengan demikian, pelaku bisnis akan tetap bisa terhubung dengan calon pelanggan maupun pelanggan setiap saat.
Itulah beberapa manfaat SEO bagi sebuah bisnis online yang terbilang paling penting untuk diketahui oleh para pelaku bisnis yang terjun ke bisnis online. Masing-masing dari kita akan merasakan manfaat SEO bagi bisnis mereka ketika kita sudah menjalaninya sendiri.
Selanjutnya, hal yang harus diperhatikan adalah bagaimana kita mengoptimalkan penggunaan website secara bijak agar tidak terjadi penyalahgunaan terhadap konten websitekita. Hal yang perlu diingat dan diperhatikan bahwa dalam pembuatan konten pada sebuah website, tentunya kita memiliki pesaing atau kompetitor lain.Â
Sehingga dari segi konten yang kita buat harus mudah dan praktis untuk diakses. Selain itu, dalam pembuatan konten website kita harus lebih kreatif dan inovatif dari para pesaing kita agar peringkat konten pada website kita tidak tergeser oleh konten pada website pesaing kita lainnya.
Publikasi secara online kepada orang-orang terdekat hingga orang-orang yang memang membutuhkan untuk mengakses konten websitekita, juga akan sangat membantu meningkatkan peringkat konten websitekita di jajaran teratas pada halaman penelusuran. Dengan demikian, jika kita sebagai pelaku bisnis mampu memanfaatkan SEO dengan sebaik mungkin, maka kita akan lebih mudah menjangkau khalayak. SEO pun dapat dijadikan sebagai teknik atau metode bisnis yang mutakhir.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H