Mohon tunggu...
Adila DwiJulianti
Adila DwiJulianti Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Tidak mungkin berjalan sejauh ini hanya untuk gagal.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Peran Peserta Didik dalam Pelestarian Aneka Kegiatan Berkarya Seni Rupa di SD

5 Mei 2024   14:40 Diperbarui: 11 Mei 2024   14:03 172
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Penulis: Adila Dwi Julianti (Mahasiswi PGSD FKIP UPR)

Seni itu bermacam-macam salah satunya yang kita kenal yaitu seni rupa. Seni rupa merupakan bagian integral dari kurikulum pendidikan di Sekolah Dasar (SD), yang memainkan peran penting dalam membentuk pemikiran kreatif, ekspresi diri, dan apresiasi terhadap seni.

Seni rupa juga merupakan salah satu ekspresi kreatif manusia yang memiliki peran penting dalam memperkaya budaya dan merangsang pemikiran kreatif. Namun seni rupa bukan hanya sekadar sebuah bentuk ekspresi, tetapi juga merupakan jendela bagi budaya, identitas, dan kreativitas manusia.

Dalam  seni rupa, terdapat aneka kegiatan berkaraya seni rupa yang sangat beragam di antaranya yaitu berkarya seni rupa dwimatra (dua dimensi), berkarya seni rupa trimatra (tiga dimensi), seni melipat kertas (origami), seni kerajinan simpul (makrame), dan aspek pembelajaran apresiasi seni rupa.

Melalui berbagai aneka kegiatan berkarya seni rupa tersebut peserta didik di Sekolah Dasar harus turut aktif berperan penting di dalamnya, guna untuk melestarikan kegiatan berkarya seni rupa.

Di dalam dunia pendidikan, peserta didik memegang peranan vital dalam pelestarian aneka kegiatan berkarya seni rupa.  Dan dalam konteks pelestarian seni rupa, peserta didik juga memegang peran yang sangat penting.

Peserta didik tidak hanya menjadi pemain utama dalam proses penciptaan seni, tetapi juga sebagai agen perubahan yang berkontribusi pada keberlanjutan dan perkembangan seni rupa.

Foto Bersama Beberapa Peserta Didik SDN 4 Palangka
Foto Bersama Beberapa Peserta Didik SDN 4 Palangka

Peran peserta didik dalam melestarikan aneka kegiatan berkarya seni rupa itu bermacam-macam dan dalam melestarikannya tentu akan berdampak terhadap budaya, pembelajaran, pengembangan kreativitas, dan apresiasi seni nya. 

Berikut ini peran peserta didik dalam pelestarian aneka kegiatan berkarya seni rupa di Sekolah Dasar, diantaranya yaitu:

Menjadi Pencipta Karya Seni: Peserta didik berperan sebagai pencipta karya seni rupa yang baru. Mereka diberi kesempatan untuk mengembangkan ide-ide kreatif mereka melalui berbagai teknik dan media yang tersedia. Dengan berpartisipasi aktif dalam mencipta karya seni, peserta didik dapat menghasilkan karya yang unik dan orisinal, sehingga nantinya dapat menjadi bagian dari warisan budaya seni rupa.

Memelihara Warisan Budaya dan Tradisi: Partisipasi peserta didik dalam kegiatan seni rupa membantu dalam memelihara warisan budaya dan tradisi yang ada. Mereka diajak untuk mempelajari teknik dan motif seni rupa tradisional dari berbagai budaya, serta menerapkannya dalam karya-karya mereka. Dengan demikian, peserta didik turut serta dalam menjaga keberlanjutan seni rupa tradisional dan mencegah kepunahan warisan budaya yang berharga.

Mendorong Inovasi dan Kreativitas: Peserta didik memiliki peran penting dalam mendorong inovasi dan kreativitas dalam seni rupa. Mereka didorong untuk berpikir di luar kotak, mencoba pendekatan baru, dan bereksperimen dengan berbagai teknik dan material. Dengan mengembangkan keterampilan kreatif mereka, peserta didik dapat menciptakan karya-karya yang inovatif dan memberikan kontribusi baru terhadap perkembangan seni rupa.

Membangun Kepekaan dan Apresiasi Terhadap Seni: Partisipasi dalam kegiatan seni rupa juga membantu peserta didik Sekolah Dasar membangun kepekaan dan apresiasi terhadap seni. Mereka diajak untuk mengamati, menganalisis, dan menghargai karya seni, baik karya mereka sendiri maupun karya orang lain. Dengan demikian, mereka belajar untuk melihat keindahan dalam berbagai bentuk ekspresi seni dan mengembangkan kemampuan untuk mengekspresikan pendapat mereka tentang seni.

Menginspirasi antar sesama dalam Lingkungan Sekolah: Karya seni yang dihasilkan oleh peserta didik juga dapat menjadi sumber inspirasi bagi orang lain. Melalui pameran seni, pertunjukan, atau media sosial, peserta didik dapat berbagi karya-karya mereka dengan masyarakat luas. Dengan demikian, mereka tidak hanya memperoleh penghargaan atas usaha dan bakat mereka, tetapi juga menginspirasi orang lain untuk mengeksplorasi dan menghargai seni rupa.

Dalam dunia yang terus berkembang ini, pelestarian aneka kegiatan berkarya seni rupa merupakan tugas bersama yang membutuhkan kontribusi dari berbagai pihak, termasuk peserta didik.

Melalui peran aktif mereka dalam mencipta karya seni, memelihara warisan budaya dan tradisi, mendorong inovasi dan kreativitas, membangun kepekaan dan apresiasi terhadap seni, dan menginspirasi antar sesama dalam lingkungan sekolah, peserta didik dapat menjadi agen perubahan yang penting dalam melestarikan warisan budaya dan memajukan dunia seni rupa.

Dengan demikian, peserta didik dapat berkontribusi pada pengembangan seni rupa serta memperkaya budaya di lingkungan sekolah. Peserta didik juga memegang peran yang tak tergantikan dalam menjaga warisan budaya dan merayakan keindahan seni dalam masyarakat.

Penulis: 

Adila Dwi Julianti (Mahasiswi PGSD FKIP UPR)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun