Oleh : Nur Ikhwan Ainun
ABSTRAK
Di era digital saat ini, komunikasi yang cepat, akurat, dan relevan sangat penting untuk keberhasilan bisnis. Dengan kemajuan teknologi juga telah mengubah cara kita berinteraksi dengan orang-orang di dalam perusahaan dengan orang-orang di dalam perusahaan dan orangorang di luar perusahaan, seperti pelanggan dan mitra bisnis. Namun, masalah komunikasi masih ada, terutama dengan meningkatnya penggunaan berbagai platform digital dan perbedaan preferensi komunikasi.
Strategi Untuk Meningkatkan Komunikasi Bisnis di Era Digital
Memanfaatkan Teknologi AI Dalam Komunikasi
 AI dapat berguna untuk membantu komunikasi agar lebih personal dan efesien, misalnya melalui chatbot yang dapat memberikan tanggapan yang cepat kepada pelanggan dan analisis data percakapan agar dapat memehami apa kebutuhan mereka.
Membuat Panduan Komunikasi Digital
 Paduan Komunikasi digital harus dimiliki di setiap perusahaan karena dipanduan komunikasi digital yang menjelaskan platform apa yang digunakan untuk tujuan tertentu, etika komunikasi, dan protokol respons.
Pelatihan Keterampilan Komunikasi Digital Untuk Karyawan
 Keterampilan komunikasi digital harus ditingkatkan, seperti bagaimana menulis peran email yang efektif atau memahami etika komunikasi di media sosial, sehingga dapat membantu karyawan berkomunikasi dengan baik.
Mengukur dan Mengevaluasi Efeketivitas Komunikasi
 Menggunakan alat seperti survei kepuasan di media sosial dapat memberikan wawasan tentang efektivitas komunikasi perusahaan. Evalusi secara berkala akan membantu perusahaan untuk mengetahui apa saja yang akan diperbaiki atau ditingkatkan.
Kelebihan Komunikasi Bisnis di Era Digital
Lebih Cepat
Melalui komunikasi daring ini dapat mempersingkat waktu dan biaya sehingga dapat lebih ceapt bertukar informasi, dan akan lebih efesien dan cepat menghubungi mirta bisnis atau sesama karyawan.
Dapat Dilakukan Dimana Saja
Pengguna dapat melakukan komunikasi daring dimana saja dan kapan saja dengan syarat harus tetap terhubung ke internet.
Efesien Waktu
Komunikasi dapat dilakukan dengan cepat tanpa harus bertemu langsung atau bertatap muka.
Tantangan Komunikasi Bisnis di Era Digital
Informasi yang Berlebihan
 Dengan banyaknya saluran komunikasi, informasi yang berlebihan dapat karyawan ataupun pelanggan bingung dan melelahkan, perusahaan harus menentukan informasi yang akan disampaikan agar tetap fokus kepada hal-hal yang penting saja.
Resiko Kesalahpahaman
 Pesan tertulis, terutama pesan yang singkat akan lebih mudah disalahartikan, oleh karena itu penting memastikan bahwa pesan ditulis secara jelas.
Keamanan Data
 Komunikasi digital akan membawa resiko kebocoran data, terutama jika perangkat atau aplikasi yang digunakan tidak aman. Menggunakan sistem yang memiliki keamanan dan mengedukasi karyawan tentang keamanan data sangat penting unutk melindungi informasi perusahaan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H