Mohon tunggu...
Adica Wirawan
Adica Wirawan Mohon Tunggu... Wiraswasta - "Sleeping Shareholder"

"Sleeping Shareholder" | Email: adicawirawan@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Financial Pilihan

PermataMobile X, Tawarkan Inovasi, Atasi Solusi

1 Agustus 2018   19:09 Diperbarui: 1 Agustus 2018   19:07 533
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
peluncuran aplikasi permata mobile x di xxi epicentrum pada tanggal 1 agustus 2018 (sumber: dokumentasi adica)

Perkenalan saya dengan PermataBank terjadi tanpa disengaja. Beberapa bulan lalu, saya mendapat informasi dari staf pusat agar membuka rekening di PermataBank, sebab perusahaan tempat saya bekerja berniat "menyeragamkan" rekening karyawan agar mempermudah penyetoran gaji. Maka, berangkatlah saya kantor cabang PermataBank di kawasan Kemang Pratama, Bekasi Selatan.

Proses pembukaan rekening di situ terbilang mudah dan singkat. Sebab, saya hanya menunjukkan surat pengantar dari kantor, kemudian mengisi data administrasi. Uniknya, semua layanan papperless. Tak ada kertas yang digunakan. Semuanya dilakukan secara digital, termasuk pembubuhan tanda tangan. Dalam waktu sekitar sepuluh menit, jadilah saya nasabah PermataBank.

Sejatinya itu adalah wujud inovasi yang dilakukan PermataBank. Sebuah inovasi yang mempermudah setiap nasabah yang hanya punya sedikit waktu untuk mengurus administrasi perbankan yang agak bertele-tele. Sebuah inovasi yang juga menjadi solusi atas persoalan masyarakat urban yang menginginkan layanan yang serbacepat. Sepertinya manajemen PermataBank menyadari bahwa kecepatan, keamanan, dan kenyamanan adalah "kunci" untuk memuaskan nasabahnya.

Inovasi PermataBank pun masih berlanjut. Sebut saja peluncuran Permatamobile X pada hari ini. PermataMobile X adalah aplikasi mobile banking yang bertujuan memberikan pengalaman terbaik untuk menjawab kebutuhan nasabah dan calon nasabah. Harapannya, PermataMobile X dapat mewujudkan transaksi perbankan tanpa stres dan tanpa buang waktu karena semua transaksi mudah dan cepat.

Hadir dalam acara peluncuran PermataMobile X ini Prijono Sugiarto -- Presiden Direktur PT Astra International Tbk, Sebastian R. Arcuri -- Komisaris Utama PermataBank, Suparno Djasmin -- Wakil Komisaris Utama PermataBank sekaligus Director In Charge Astra Financial, Ridha DM Wirakusumah -- Direktur Utama PermataBank, Abdy D. Salimin -- Direktur Technology & Operation PermataBank, Direksi dan Manajemen Senior PermataBank dan Astra Financial serta para tamu undangan lainnya.

Ridha DM Wirakusumah -- Direktur Utama PermataBank mengatakan,"PermataMobile X adalah platform andalan untuk semua layanan digital banking kami.  PermataMobile X bukan hanya sekadar persembahan teknologi digital, melainkan merupakan solusi utama dalam melayani nasabah. 

Kami selalu mendengar dan belajar dari nasabah bagaimana pengalaman ber-banking-nya sehingga PermataMobile X telah didesain secara khusus untuk menyempurnakan dan memberikan customer experience yang optimal.  Kami akan senantiasa berinvestasi di platform ini secara berkelanjutan dengan menempatkan teknologi yang tepat dan sesuai untuk mewujudkan aspirasi kami, yaitu menjadi Bank yang simple, fast dan reliable."

aplikasi permata mobile x resmi diluncurkan (sumber: dokumentasi adica)
aplikasi permata mobile x resmi diluncurkan (sumber: dokumentasi adica)
Di sisi lain, Abdy D. Salimin -- Chief Information Officer serta Direktur Technology & Operation PermataBank menjelaskan, "PermataMobile X kami dedikasikan untuk merayakan customer experience dan era baru masa depan mobile banking di Indonesia dengan merancang ulang platform digital ini. Kami menyederhanakan kerumitan perbankan dan menghilangkan kebosanan ber-banking dengan mendesain ulang dan merombak total mobile banking kami sebelumnya sehingga PermataMobile X kini menjadi lebih menarik, cepat dan mudah digunakan sebagai aplikasi yang menyenangkan dalam melakukan perbankan digital dan menjadikannya masa depan mobile banking".

"PermataMobile X memiliki lebih dari 200 fitur dalam satu aplikasi. Fitur-fiturnya menarik seperti Single Customer View yang menunjukkan semua akun di satu tempat, Peeking yang memungkinkan nasabah dapat melihat saldo dengan cepat tanpa login dan transfer ke handphone sehingga membuat transfer dana menjadi sangat mudah dilakukan. 

Di samping itu, fitur-fitur lainnya adalah kemampuan untuk share receipt dengan cepat melalui WhatsApp, LINE, SMS dan email; membuka rekening giro, tabungan dan deposito berjangka; membeli dan menjual reksadana dan obligasi; melihat mutasi rekening di semua akun selama lebih dari 12 bulan. PermataMobile X adalah building block yang penting dalam strategi digital banking PermataBank dan kami akan terus berinvestasi untuk mewujudkan brand promise kami -- simple, fast dan reliable", jelas Abdy.

PermataMobile X menyajikan lebih dari 200 fitur dalam satu aplikasi dan merupakan aplikasi mobile banking yang paling lengkap saat ini.  Fitur utama PermataMobile X di antaranya adalah (1) Face Id, (2) Touch Id dan Fingerprint, (3) Peeking, (4) Mutasi Transaksi hingga 12 bulan untuk semua jenis akun, (5) Transfer ke nomor handphone, (6) share receipt semua transaksi lewat whatsapp, sms, e-mail, (7) buka akun tabungan dan giro online, (8) buka deposito online, (9) jual-beli reksa dana dan obligasi online.

Selain meluncurkan PermataMobile X, PermataBank juga mempersembahkan Application Program Interface (API) Banking yang mempermudah nasabah SME dan Wholesale Banking dalam melakukan transaksi perbankannya.  API Banking merupakan salah satu yang pertama di industri perbankan Indonesia dan menjadi tren baru dalam perekonomian digital di Indonesia.

Dengan API Banking, PermataBank dapat dengan mudah mengekspos dan menawarkan aset dan layanan sehingga nasabah dan mitra kerja kami dapat mengintegrasikan layanan tersebut ke platform mereka dengan cepat, mudah dan efisien.

Lebih dari 1.100 mitra bisnis PermataBank sudah mulai beralih menggunakan API Banking PermataBank yang mencakup pembukaan akun untuk giro, tabungan, deposito berjangka, transfer dana, pembayaran, permintaan saldo, permintaan transaksi, order management untuk penilaian properti, layanan notaris, pengumpulan premi asuransi, dan pembayaran gaji.

inovasi yang akan dilakukan oleh permatabank dalam waktu dekat (sumber: dokumentasi adica)
inovasi yang akan dilakukan oleh permatabank dalam waktu dekat (sumber: dokumentasi adica)
Ada pun inovasi lainnya yang berlabel "coming soon" ialah layanan pengajuan kredit personal secara online dan digital enterprise. Demikianlah inovasi-inovasi yang dilakukan oleh PermataBank. Dengan semakin banyaknya inovasi yang dikembangkan, nasabah diharapkan mendapatkan layanan yang lebih mudah, cepat, dan real time untuk menunjang proses transaksi dan memuluskan roda ekonomi.

Salam.

Adica Wirawan

Referensi

PermataMobile X

#IndonesiaTanpaStres

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun