Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya Melaksanakan kegiatan KKN di Desa Sumurgayam yang dilakukan selama 12 hari
Dari salah satu mahasiswa Untag Surabaya yang bernama Wahyu Dwi Candra di dampingi oleh DPL yang bernama Afrigh Fajar Rosyidiin, S.ST.,M.T. KKN yang dilakukan ini mengangkat sebuah tema "Strategi Pemasaran Digital Marketing Melalui Aplikasi E-Commerce Tokopedia".
Proposal Kuliah Kerja Nyata di bidang sarana dan prasarana ini disusun setelah melakukan observasi melalui metode pengamatan langsung dan wawancara kepala desa, dan warga masyarakat Desa Sumurgayam. Dari observasi yang telah dilakukan selama kurang lebih satu hari ini, permasalahan yang ada di masyarakat dapat teridentifikasi untuk kemudian diberikan solusi melalui program kerja yang sudah ada. Desa Sumurgayam merupakan salah satu desa di Kab. Lamongan yang terletak di atas bukit, disana kita mendapatkan keluhan dari perangkat desa seperti ketidak tahuan warga sekitar atau pengunjung tentang UMKM yang berada didesa sumurgayam, maka melalui strategi pemasaran digital marketing ini akan dapat membantu mempromosikan UMKM desa sumurgayam, dengan demikian penjualan produk UMKM dapat tersebar luaskan, untuk itu program kerja ini berjudul "STRATEGI PEMASARAN DIGITAL MARKETING MELALUI APLIKASI E-COMMERCE TOKOPEDIA PADA UMKM DESA SUMURGAYAM".
 Dalam surve saya, saya bertemu dengan salah satu UMKM Batik Tulis Sendang yang ada di Desa Sumurgayam yang bernama Ibu Yetty. Sebelumnya Beliau memang ingin sekali bisa melakukan penjualan melalui E-Commerce salah satunya Tokopedia. Beliau senang dan mendukung program kerja saya.Â
PT. Tokopedia merupakan perusahaan perdagangan elektronik atau sering disebut toko daring. Sejak didirikan pada tahun 2009, Tokopedia telah bertransformasi menjadi sebuah unicorn yang berpengaruh tidak hanya di Indonesia tetapi juga di Asia Tenggara. Hingga saat ini, Tokopedia termasuk marketplace yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat Indonesia. Tokopedia turut mendukung para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan perorangan untuk mengembangkan usaha mereka dengan memasarkan produk secara daring dengan Pemerintah dan pihak-pihak lainnya. Maka dari itu kita mencoba hal yang baru yang belum dilakukan oleh pelaku UMKM di desa Sumurgayam yaitu melakukan penjualan dengan strategi pemasaran digital marketing melalui Tokopedia dengan tujuan untuk mempromosikan dan memasarkan usaha kecil dan menengah di desa tersebut kepada masyarakat luas.
 UMKM merupakan sektor yang sangat penting bagi perekonomian suatu negara, terutama di daerah pedesaan. UMKM di desa Sumurgayam mungkin memiliki produk atau jasa yang unik dan berkualitas, namun kurang terkenal di kalangan masyarakat luas. Dengan melakukan strategi pemasaran digital marketing produk UMKM di desa Sumurgayam, maka dapat membantu meningkatkan visibilitas usaha kecil dan menengah tersebut, sekaligus meningkatkan penjualan dan pemasukan bagi pengusaha UMKM di desa tersebut.Â
Tokopedia juga dapat digunakan sebagai sarana untuk memberikan informasi tentang UMKM di desa Sumurgayam kepada masyarakat, seperti jenis produk atau jasa yang ditawarkan, harga, lokasi usaha, dan lain-lain. Selain itu, Manfaat internet semakin terasa bagi pelaku-pelaku bisnis. Dengan adanya internet, bisnis bisa dijalannya secara online agar mencapai jangkuan yang lebih luas tanpa harus terhalang oleh jarak Dengan demikian, strategi pemasaran digital marketing melalui Tokopedia untuk produl produk UMKM di desa Sumurgayam dapat menjadi salah satu cara efektif untuk mempromosikan dan memasarkan usaha kecil dan menengah di desa tersebut kepada masyarakat luas, sekaligus sebagai sarana untuk memberikan informasi dan melakukan interaksi dengan masyarakat dengan jangkauan yang lebih luas.Â
Temuan Masalah di Lokasi Kegiatan Kurangnya SDM pelaku usaha UMKM tentang digital marketing. Dan kurangnya pengetahuan para pelaku UMKM di Desa Sumurgayam tentang Strategi Pemasaran Digital Marketing. Akan tetapi pada dasarnya mereka ada keinginan bisa melakukan penjualan usahanya melalu digital marketing ecommerce seperti Tokopedia. Tujuan Kegiatan Meningkatkan Penjualan atau usaha pelaku UMKM Batik Tulis Sendang di Desa Sumurgayam melalui digital marketing e-commerce Tokopedia.
SolusiÂ
Di era digitalisasi yang marak berkembang saat ini, pelaku UMKM harus dapat memanfaatkan perkembangan teknologi yang sangat menguntungkan ini. Memanfaatkan digital marketing Tokopedia dengan cara berjualan di marketplace dapat menunjang kemajuan bisnis karena banyak keuntungan yang didapatkan oleh pelaku UMKM seperti halnya target pasar yang meluas, efisiensi biaya untuk sewa tempat, dan promo menarik yang dapat menarik para pembeli untuk membeli produk yang dipasarkan.
Pelaksanaan dan Hasil Kegiatan
Mengenalkan terlebih dahulu keuntungan digital marketing Tokopedia, Membuatkan Akun serta mengajarkan cari mengoperasionalkan, Menjadikan Mitra yang Produktif dan Aktif, Membuatkan logo UMKM Batik Tulis Sendang, Desa Sumurgayam.
SimpulanÂ
Kurangnya pengetahuan oleh Pelaku Usaha UMKM tentang digital marketing untuk meningkatkan penjualan usahanya. Padahal di era globalisasi atau modern ini perlunya kita upgrade informasi informasi yang berkembang yang terhubung dengan hajat atau kebutuhan kita. Dan kurangnya dukungan serta perhatian dari perangkat desa untuk mengadakan sosialisasi kepada warga desanya perihal hal hal yang berkembang di era modern ini.Â
SaranÂ
Perlunya ada sosial serta pelatihan untuk pelaku usaha UMKM di Desa Sumurgayam tentang Pengenalan Digital Marketing. karena keuntungan sangat besar bagi pelaku UMKM serta bisa meningkatkan penjualan produknya melalui Digital Marketing seperti Tokopedia.
TERIMAKASIH
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H