Mohon tunggu...
Adi Benny Bagus
Adi Benny Bagus Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pelajar

Digital marketing

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN UNTAG Surabaya R12 Bersama Warga Sumurgayam: Meningkatkan Penjualan UMKM Batik Tulis Sendang Melalui Tokopedia

14 Januari 2023   13:38 Diperbarui: 14 Januari 2023   13:54 300
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya Melaksanakan kegiatan KKN di Desa Sumurgayam yang dilakukan selama 12 hari

Dari salah satu mahasiswa Untag Surabaya yang bernama Wahyu Dwi Candra di dampingi oleh DPL yang bernama Afrigh Fajar Rosyidiin, S.ST.,M.T. KKN yang dilakukan ini mengangkat sebuah tema "Strategi Pemasaran Digital Marketing Melalui Aplikasi E-Commerce Tokopedia".

Proposal Kuliah Kerja Nyata di bidang sarana dan prasarana ini disusun setelah melakukan observasi melalui metode pengamatan langsung dan wawancara kepala desa, dan warga masyarakat Desa Sumurgayam. Dari observasi yang telah dilakukan selama kurang lebih satu hari ini, permasalahan yang ada di masyarakat dapat teridentifikasi untuk kemudian diberikan solusi melalui program kerja yang sudah ada. Desa Sumurgayam merupakan salah satu desa di Kab. Lamongan yang terletak di atas bukit, disana kita mendapatkan keluhan dari perangkat desa seperti ketidak tahuan warga sekitar atau pengunjung tentang UMKM yang berada didesa sumurgayam, maka melalui strategi pemasaran digital marketing ini akan dapat membantu mempromosikan UMKM desa sumurgayam, dengan demikian penjualan produk UMKM dapat tersebar luaskan, untuk itu program kerja ini berjudul "STRATEGI PEMASARAN DIGITAL MARKETING MELALUI APLIKASI E-COMMERCE TOKOPEDIA PADA UMKM DESA SUMURGAYAM".

 Dalam surve saya, saya bertemu dengan salah satu UMKM Batik Tulis Sendang yang ada di Desa Sumurgayam yang bernama Ibu Yetty. Sebelumnya Beliau memang ingin sekali bisa melakukan penjualan melalui E-Commerce salah satunya Tokopedia. Beliau senang dan mendukung program kerja saya. 

PT. Tokopedia merupakan perusahaan perdagangan elektronik atau sering disebut toko daring. Sejak didirikan pada tahun 2009, Tokopedia telah bertransformasi menjadi sebuah unicorn yang berpengaruh tidak hanya di Indonesia tetapi juga di Asia Tenggara. Hingga saat ini, Tokopedia termasuk marketplace yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat Indonesia. Tokopedia turut mendukung para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan perorangan untuk mengembangkan usaha mereka dengan memasarkan produk secara daring dengan Pemerintah dan pihak-pihak lainnya. Maka dari itu kita mencoba hal yang baru yang belum dilakukan oleh pelaku UMKM di desa Sumurgayam yaitu melakukan penjualan dengan strategi pemasaran digital marketing melalui Tokopedia dengan tujuan untuk mempromosikan dan memasarkan usaha kecil dan menengah di desa tersebut kepada masyarakat luas.

 UMKM merupakan sektor yang sangat penting bagi perekonomian suatu negara, terutama di daerah pedesaan. UMKM di desa Sumurgayam mungkin memiliki produk atau jasa yang unik dan berkualitas, namun kurang terkenal di kalangan masyarakat luas. Dengan melakukan strategi pemasaran digital marketing produk UMKM di desa Sumurgayam, maka dapat membantu meningkatkan visibilitas usaha kecil dan menengah tersebut, sekaligus meningkatkan penjualan dan pemasukan bagi pengusaha UMKM di desa tersebut. 

Tokopedia juga dapat digunakan sebagai sarana untuk memberikan informasi tentang UMKM di desa Sumurgayam kepada masyarakat, seperti jenis produk atau jasa yang ditawarkan, harga, lokasi usaha, dan lain-lain. Selain itu, Manfaat internet semakin terasa bagi pelaku-pelaku bisnis. Dengan adanya internet, bisnis bisa dijalannya secara online agar mencapai jangkuan yang lebih luas tanpa harus terhalang oleh jarak Dengan demikian, strategi pemasaran digital marketing melalui Tokopedia untuk produl produk UMKM di desa Sumurgayam dapat menjadi salah satu cara efektif untuk mempromosikan dan memasarkan usaha kecil dan menengah di desa tersebut kepada masyarakat luas, sekaligus sebagai sarana untuk memberikan informasi dan melakukan interaksi dengan masyarakat dengan jangkauan yang lebih luas. 

Temuan Masalah di Lokasi Kegiatan Kurangnya SDM pelaku usaha UMKM tentang digital marketing. Dan kurangnya pengetahuan para pelaku UMKM di Desa Sumurgayam tentang Strategi Pemasaran Digital Marketing. Akan tetapi pada dasarnya mereka ada keinginan bisa melakukan penjualan usahanya melalu digital marketing ecommerce seperti Tokopedia. Tujuan Kegiatan Meningkatkan Penjualan atau usaha pelaku UMKM Batik Tulis Sendang di Desa Sumurgayam melalui digital marketing e-commerce Tokopedia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun