Saat ini, online marketing menajadi salah satu strategi para pebisnis. Seiring berkembangnya teknologi dan era digitalisasi, sebagian banyak kaum milenial banyak yang memilih untuk menjalankan bisnis marketing menggunakan sarana media sosial.
Mengingat banyaknya pengguna media sosial, pastinya hal ini menjadi sebuah kesempatan yang menguntungkan untuk para pebisnis. Mereka dapat dengan sangat mudah menemukan pelanggan dengan metode memasarkan produk via media sosial. Untuk kalian pebisnis, bisa jadi kalian dapat menggunakan Instagram, Facebook, hingga Twitter selaku fasilitas promosi.
Namun, supaya lebih efisien, kalian wajib mengenali dahulu pola perilaku  warganet di media sosial. Tahu kapan waktunya warganet lagi aktif-aktifnya mengakses media sosial mereka? Tujuannya supaya dapat memastikan waktu terbaik untuk mempromosikan bisnismu.
Nah... bisa jadi kalian masih bimbang kapan waktu terbaik untuk melancarkan strategi online marketing. Berikut ini jam serta hari yang pas buat kalian memposting produk bisnismu.
1. Facebook
Â
Banyak industri yang sudah menekuni tren serta menganalisa waktu terbaik untuk memposting produk mereka di Facebook. Walaupun kalian sudah memakai Facebook Ads, tetapi tidak ada salahnya buat senantiasa mempraktikkan online marketing dengan mengelola artikel di akun Facebook kalian.
inilah waktu terbaik buat memposting produk bisnismu di Facebook:
* Setiap hari kerja jam 10. 00 hingga jam 15. 00
* Khusus hari Rabu sangat pas di jam 12. 00 hingga 14. 00
* Sementara buat hari Kamis merupakan hari terbaik buat mempromosikan produk di  Facebook, tetapi lebih pas di jam 13. 00 hingga 14.00
* Memposting di pagi hari serta malam hari sedikit kurang efektif
* Hari Sabtu, jumlah pengguna Facebook yang aktif lebih sedikit dibanding hari- hari yang lain.
Rata- rata jumlah pengguna Facebook  membludak pada siang hari di hari kerja. Sebab jam- jam segitu banyak pengguna yang lagi menjalani rehat makan siang. Tidak hanya itu, akhir minggu cenderung kurang efisien buat promosi sebab banyak pengguna yang lebih padat beraktifitas di dunia nyata dibanding memegang hp mereka.
2. Instagram
Mengelola artikel Instagram terlebih buat bisnis memerlukan perencanaan serta pertimbangan yang pas. Tujuannya supaya tiap postinganmu menyasar ke audiens secara efisien. Waktu yang dinilai sangat sangat efisien, tetapi bukan terbaik saat jam 2 dini hari. Mengapa efisien? sebab jam-jam segitu gak banyak orang memposting gambar di Instagram, jadi kala pagi tiba, produkmu dapat langsung dilihat oleh pengguna.
Inilah waktu yang sangat efisien serta terbaik buat mempromosikan produk via Instagram?
* Minggu, jam 17. 00
* Senin, jam 19. 00 serta 22. 00
* Selasa, jam 03. 00 serta 22. 00
* Rabu, jam 17. 00
* Kamis, jam 07. 00 serta 23. 00
* Sabtu, jam 12. 00 serta 02. 00
Penentuan waktu tersebut bukan didasarkan pada jumlah like, namun terpaut dengan seberapa banyaknya orang melihat artikel.
3. Twitter
Twitter ialah platform media sosial yang mempunyai jutaan pengguna aktif sepanjang hari, dengan total lebih dari 5 ratus miliyar tweet per harinya. Oleh karena itu, Twitter berpotensi jadi platform online marketing yang efisien, walaupun kalian bakal terbatas dengan jumlah optimal 280 karakter per artikel.
Dilansir dari thesmallbusiness, hari Senin serta Kamis, tepatnya jam 13.00 serta 15. 00. Kalian dapat menggunakan waktu ini selaku agenda yang sempurna buat memposting produkmu. Sedangkan waktu yang kurang baik pada akhir minggu, jam 20. 00 ke atas serta hari Jumat jam 15. 00 ke atas.
Demikianlah waktu-waktu yang cocok untuk menjalankan online marketing dengan fasilitas Facebook, Instagram, ataupun Twitter. Tetapi ingat, perihal ini belum pasti membuat dagangan ataupun bisnismu langsung laku keras, sebab mutu produk adalah syarat yang paling utama.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H