Mohon tunggu...
Adhicipta Wirawan
Adhicipta Wirawan Mohon Tunggu... Desainer - Professional Game Designer dan Dosen Praktisi International Program Digital Media Petra Christian University (PCU), Penulis Buku Yuk Bikin Board Game Edukasi: https://bit.ly/bukubikinboardgame

Ciptakan Pendidikan yang Mudah dan Menyenangkan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Guru Penggerak Literasi Finansial Bermain Board Game Cashflowpoly Edisi Khusus LPS

24 Januari 2025   10:52 Diperbarui: 24 Januari 2025   10:52 67
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
52 Guru Penggerak Literasi Finansial Surabaya bermain board game Cashflowpoly Edisi LPS (Sumber: Pribadi)

Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) II bekerja sama dengan Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Surabaya dalam menyelenggarakan acara edukasi literasi finansial yang bertujuan meningkatkan pemahaman guru-guru SMA di Surabaya mengenai perencanaan keuangan dan literasi finansial. Acara ini berlangsung di Kantor LPS II yang berlokasi di Pakuwon Tower, Tunjungan Plaza 6, Lantai 27, Surabaya.


Pembukaan dan Sambutan

Acara ini diawali dengan sambutan dari Ketua ISEI Surabaya, Dr. Drs. Soni Harsono, M.Si., yang menekankan pentingnya literasi finansial dalam menciptakan generasi muda yang mampu mengelola keuangan dengan baik. Kehadiran Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya yang diwakili oleh Tri Endang Kustianingsih, M.Pd., serta Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur memberikan dukungan penuh atas inisiatif ini. Kepala Kantor Perwakilan LPS II, Bp. Bambang S. Hidayat, SE., MBA., juga memberikan sambutan hangat yang menyoroti peran LPS dalam mendukung pendidikan literasi finansial di Indonesia.


Materi Literasi Finansial

Acara ini menghadirkan sejumlah narasumber ahli yang membahas berbagai aspek literasi finansial sesuai dengan panduan dari BSKAP (Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan). Guntari Hudiwinarti, SE., MM., CFP, AEPP, QFC, membawakan materi tentang pentingnya pendidikan literasi finansial bagi generasi muda, termasuk pengintegrasiannya dalam kurikulum pendidikan. Beliau menjelaskan bagaimana literasi finansial dapat membantu siswa memahami konsep dasar keuangan seperti tabungan, investasi, dan manajemen risiko.

Selanjutnya, Prof. Dr. Sautma Ronni Basana, SE., ME., AEPP, CFP, memberikan pemaparan mendalam tentang perencanaan keuangan pribadi. Beliau menekankan pentingnya menentukan tujuan keuangan, membuat anggaran, serta memahami produk keuangan yang tersedia di pasar. "Dengan perencanaan yang baik, seseorang dapat mencapai kestabilan finansial dan mempersiapkan masa depan dengan lebih percaya diri," ujar Prof. Sautma.

Office Tour dan Edukasi tentang LPS

Sebanyak 52 guru SMA dari berbagai sekolah di Surabaya mendapatkan kesempatan untuk mengikuti office tour di Kantor LPS II. Dalam sesi ini, para peserta diajak untuk memahami lebih dalam tentang fungsi dan peran LPS sebagai lembaga yang menjamin simpanan nasabah perbankan di Indonesia. Penjelasan ini disampaikan oleh Ibu Fitri Rosi Septiana, S.H., M.Kn., yang menjabat sebagai Kepala Divisi Edukasi, Hubungan Masyarakat, dan Hubungan Lembaga di LPS II.

Ibu Fitri menjelaskan bahwa LPS memiliki tanggung jawab untuk menjaga kepercayaan masyarakat terhadap sistem perbankan dengan memberikan jaminan atas simpanan nasabah hingga batas tertentu. Selain itu, peserta juga diajak berdiskusi tentang langkah-langkah yang dapat diambil untuk meningkatkan literasi finansial di sekolah masing-masing.

Simulasi Perencanaan Keuangan dengan Cashflowpoly Boardgame

Salah satu sesi menarik dalam acara ini adalah simulasi perencanaan keuangan yang menggunakan Cashflowpoly Boardgame edisi khusus LPS. Simulasi ini dipandu oleh Adhicipta Raharja Wirawan, Alan Jonathan, dan Emanuella Christianti. Melalui permainan ini, para guru diajarkan cara mengelola keuangan dengan cara yang interaktif dan menyenangkan.

Cashflowpoly Boardgame dirancang untuk mensimulasikan berbagai situasi keuangan, seperti menerima pendapatan, membayar kebutuhan, menabung, berinvestasi, dan mengelola risiko. Dalam sesi ini, peserta tidak hanya belajar teori, tetapi juga mempraktikkan pengambilan keputusan keuangan secara langsung. Hal ini diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi para guru untuk menerapkan metode pembelajaran serupa di sekolah mereka.

Permainan ini memberikan manfaat besar bagi guru penggerak literasi finansial. Dengan menggunakan media yang interaktif, para guru dapat mengajarkan siswa tentang pentingnya perencanaan keuangan melalui pendekatan yang lebih menarik. Board game ini juga memungkinkan siswa untuk mengalami simulasi pengelolaan keuangan dalam situasi nyata, sehingga pembelajaran menjadi lebih aplikatif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun