Mohon tunggu...
Ade Zaenudin
Ade Zaenudin Mohon Tunggu... Guru - Verba Volant, Scripta Manent.

Penikmat Cinta-Nya, Perindu Keridhaan-Nya.

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Motivasi Menulis

5 Juli 2020   17:01 Diperbarui: 5 Juli 2020   16:57 125
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Abraham Maslow dalam teori hierarchy of needs-nya mengatakan bahwa ada lima tingkatan kebutuhan manusia, fisiologis, keamanan, kasih sayang, penghargaan dan aktualisasi diri.

Adakah kaitannya dengan motivasi menulis? Ada.

Physiological Needs (Kebutuhan fisiologis)

Kebutuhan fisiologis adalah kebutuhan dasar manusia, yaitu kebutuhan yang berkaitan dengan mempertahankan hidup secara fisik. Kebutuhan ini sering kita sebut dengan istilah sandang, pangan, dan papan.

Salah seorang tokoh kepenulisan, Pak Cahyadi Takariawan menyampaikan bahwa salah satu tujuan menulis adalah tujuan ekonomis. Menulis untuk mendapatkan keuntungan.

Tahun 2019, Majalah Forbes merilis daftar penulis dunia dengan bayaran tertinggi. JK Rowling Penulis Harry Potter (US$ 92 juta), James Patterson (US$ 70 juta), dan Michelle Obama (US$ 36 juta), istri Barack Obama ini bahkan berhasil menjual Buku Becoming-nya sebanyak 10 juta copy dalam berbagai format.

Safety/Security Needs (Kebutuhan Akan Rasa Aman)

Manusia sebagai makhluk sosial bisa jadi mendapatkan penilaian subjektif dari orang lain. Kecenderungan menilai seseorang berdasarkan penampilan bisa berakibat munculnya penilaian negatif.

Penulis bisa mendeskripsikan dirinya melalui tulisan, dalam bentuk biografi misalnya, atau yang paling sederhana menulis status di media sosial. Sering kita melihat status media sosial dengan tujuan mempertahankan reputasi dirinya

Dalam konteks yang lain, seorang penulis juga ada yang ingin mengamankan idenya supaya tidak di klaim oleh orang lain. Idenya ditulis dalam sebuah buku yang kemudian mendapat pengakuan hak kekayaan intelektual atas dirinya.

Social Needs (Kebutuhan Akan Rasa Memiliki dan Kasih Sayang)

Menulis adalah salah satu bentuk amal jariah. Tulisan kebaikan yang kita publish bisa dimanfaatkan oleh orang lain, bahkan bisa menginspirasi orang lain untuk melakukan kebaikan juga.

Saling berbagi dan saling menginspirasi adalah salah satu bentuk kasih sayang antar sesama. Karenanya akan timbul kebahagiaan dan kepuasan batin, bukankah ini ibadah juga?

Esteem Needs (Kebutuhan Akan Penghargaan)

Bagaimana rasanya jika status kita di like sama orang lain?

Bagaimana rasanya jika tulisan di blog kita dibaca dan dijadikan referensi sama orang lain?

Bagaimana rasanya jika buku kita dijadikan referensi oleh mahasiswa saat menulis skripsi?

Senang, sudah pasti.

Sah saja jika menulis karena ingin dihargai orang lain, tapi penghargaan itu bisa jadi sesaat. Jadi, tidak perlu baper juga, karena itu hanya sekedar bonus untuk meningkatkan motivasi dan percaya diri.

Penulis hebat, mampu mengikis rasa paling hebat.

Self-actualization Needs (Aktualisasi Diri)

Puncak tertinggi kebutuhan manusia menurut Maslow adalah dalam rangka mengaktualisasikan dirinya.

Bagi penulis pada kategori ini, materi dan penghargaan bukan tujuan utama lagi, buatnya menulis adalah sebuah kebutuhan yang melekat dalam rangka mengoptimalkan kapasitas diri. Merasa ada sesuatu yang kurang kalau belum menulis. Menjadikan menulis sebagai kebiasaan (habit), di mana pun dan kapan pun.

Wallohu a'lam

Referensi:

https://id.wikipedia.org

https://www.forbes.com

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun