Mohon tunggu...
Adevi Adipananjung
Adevi Adipananjung Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Akuntansi Syariah, UIN Raden Mas Said Surakarta

Adevi Adipananjung lahir di Sukoharo, 12 Juni 2004. Mahasiswa semester 3, dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Penggunaan Media Sosial Untuk Keperluan Bisnis Kian Semakin Meningkat

18 Maret 2024   21:20 Diperbarui: 18 Maret 2024   21:38 240
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Wanita melakukan pembelian online (shutterstock.com) 

Pada bulan Januari 2024, We Are Social mengungkapkan bahwa terdapat sejumlah 139 juta individu yang menggunakan media sosial di Indonesia. Jumlahnya sama dengan hampir separuh total populasi nasional, yaitu sekitar 49,9%. Salah satu platform media sosial yang paling populer dan banyak digunakan di Indonesia adalah aplikasi WhatsAPP. 

Dari jumlah pengguna internet di Indonesia yang berusia antara 16-64 tahun, sebagian besar atau sekitar 90,9% dari mereka menggunakan aplikasi tersebut. Instagram menduduki peringkat kedua dengan jumlah pengguna sebesar 85,3%, diikuti oleh Facebook dengan persentase 81,6% dan TikTok dengan 73,5%. 

Setelah itu, pengguna Telegram mencapai 61,3% dari total pengguna (sebelumnya menggunakan Twitter) sebesar 57,5%. Setelah dilakukan penelitian lebih lanjut, dapat ditemukan bahwa pada bulan Januari 2024, ada peningkatan sebanyak 75 juta pengguna media sosial. Hal ini menunjukkan kenaikan sebesar 1,5% dibandingkan dengan kuartal keempat tahun 2023.             

Media sosial memfasilitasi terjalinnya komunikasi dengan pelanggan dan mengiklankan produk yang dimilikinya. Selain itu, media sosial juga bisa menjadi alat yang membantu pebisnis untuk memantau pencapaian keberhasilan dalam upaya pemasaran produk mereka serta memahami jenis konten yang paling disukai oleh pelanggan. Beberapa manfaat media sosial sebagai platform bisnis, antara lain:

Media Sosial Menjadi Alat Promosi Yang Paling Efektif

            Adanya kemudahan dan kecepatan akses, yang memungkinkan produk yang dipasarkan melalui platform media sosial dapat segera dikenal oleh masyarakat. Individu yang ingin mempromosikan bisnis mereka tidak lagi perlu menghabiskan waktu yang lama. Mereka hanya perlu mengunggah gambar dan deskripsi produk mereka di platform media sosial. Selain itu, pengiklanan di situs-situs mereka dapat diakses secara nyaman dan fleksibel, baik waktu maupun tempat.

Media Sosial Memperluas Jangkauan Pasar

            Platform komunikasi yang luas dan tak terbatas ini juga dapat digunakan sebagai alat untuk memasarkan produk secara global. Di masa lampau, bersaing dalam pasar internasional amatlah sulit serta memerlukan investasi yang besar. Namun, dengan kemajuan media sosial, pelaku bisnis kini tidak perlu lagi khawatir karena mereka bisa memasang iklan di platform tersebut untuk memperkenalkan produk mereka kepada khalayak internasional. 

Dari telepon genggam, semuanya telah mengubah cara kita bekerja, berkomunikasi, dan berinteraksi dengan dunia di sekitar kita. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk terus mempelajari dan mengikuti perkembangan teknologi agar kita dapat memanfaatkannya dengan bijaksana dalam kehidupan sehari-hari.

Media Sosial Dapat Menghemat Anggaran Promosi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun