Mohon tunggu...
Ade Supriadi
Ade Supriadi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Perkenalkan nama saya Ade supriadi, saya adalah sorang mahasiswa dari Universitas Pamulang Jurusan Akuntansi S1

Jangan pernah melihat kesalahan di masa lalu, jadi pembelajaran dan pendewasaan untuk sebuah masa lalu.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Review Usaha UMKM

26 April 2022   13:43 Diperbarui: 26 April 2022   13:46 391
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pengadaan Handphone, Elektronik dan Alat Rumah Tangga, Penjualan Voucher dan Accessories Handphone dan Top Up uang elektronik dan transaksi elektronik lainnya.

Pada kesempatan ini saya akan melakukan review atas usaha bisnis konter handphone dan transaksi elektronik milik saya sendiri  yang beralamat di kampung Pagar Haur RT02/RW01 Kecamatan Pagedangan Tangerang Selatan. Usaha ini saya dirikan sejak tanggal 22 Februari 2021 dan sudah berjalan selama satu. 

Bidang usaha yang saya jalan kan adalah pengadaan Handphone dan alat elektronik atau rumah tangga, penjualan voucher elektrik, voucher fisik, token listrik, voucher game online, top up e-money, pembayaran financing atau leasing dan penjualan aksesoris handphone.

Secara garis besar saya membagi bisnis ini kedalam 3 bidang. Yang pertama adalah pengadaan barang elektronik dan rumah tangga dengan sistem pembayaran kredit, ini merupakan bidang usaha inti dalam bisnis konter yang saya jalani. 

Modal awal saat menjalankan bisnis ini adalah Rp 5.000.000,- namun saat ini sudah menjadi Rp 12.000.000,- seiring dengan perkembangan bisnis dan minat masyarakat. Yang kedua adalah penjualan voucher fisik dan aksesoris handphone dengan modal awal Rp 1.500.000,- dan sudah ditambahkan menjadi Rp 3.000.000,- sampai bulan Maret 2022 karena meningkatnya transaksi . 

Bidang usaha yang ketiga  adalah transaksi elektronik, yang termasuk didalam transaksi elektronik adalah penjualan voucher elektrik, token listrik, top up e-money, voucher game, teransfer uang dan pembayaran finsncing. 

Modal awal untuk transaksi elektronik adalah Rp 2.500.000,- namun seiring dengan berkembangnya usaha dan semakin banyak transaksi bulanan saat ini modal sudah ditambahkan menjadi Rp 5.000.000,-.

Berikut ini adalah berberapa bisnis yang dijalankan dalam usaha saya ini secara mendetail:

Dokpri
Dokpri

1. Pengadaan dan pembiayaan handphone, alat elektronik dan rumah tangga

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun