Mohon tunggu...
ADE SETIAWAN
ADE SETIAWAN Mohon Tunggu... Tenaga Kesehatan - Kepala Puskeswan Pandeglang

All is Well

Selanjutnya

Tutup

Ramadan Pilihan

Saat Lebaran Ditanya "Kapan Nikah?" Ini Jawaban Lucu Anak Saya!

5 April 2024   04:15 Diperbarui: 5 April 2024   04:23 1555
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto ilustrasi pernikahan (Shutterstock/Ruska Pixs) / Kompas.com

Pengalaman pribadi ini saya tulis untuk Mystery Topic 4 “Jawaban Lucu Pertanyaan Lebaran” Semoga bisa meredakan kegundahan hati para jomblo, lajang, dan bujang yang sering mendapat pertanyaan "Kapan nikah?".

Tradisi Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran di dalam kultur budaya masyarakat jadi momentum yang paling dirindukan para orangtua, keluarga, dan anak-anaknya.

Ya, momen Lebaran sangat tepat untuk berkumpul bersama keluarga besar. Terlebih saat Lebaran adalah hari libur nasional dan cuti bersama yang cukup panjang.

Nah, sebagai orangtua jujur saja pertanyaan “Kapan nikah” pernah saya lontarkan kepada anak pertama saya sewaktu belum menikah.

Saya pikir hal itu suatu kewajaran sebagai bentuk perhatian orangtua kepada anaknya.

Apalagi kami jarang kumpul lantaran sang anak bekerja di luar kota tempat kami tinggal. Di momen Lebaran itulah kami selalu berkumpul.

Pertanyaan tersebut saya ucapkan tidak dengan nada serius juga. Itu sekadar pengingat saja dari orangtua kepada sang anak supaya berumah tangga dan ingin tahu apakah sang anak sudah ada rencana menikah atau belum.

Terlebih pada saat itu umur anak saya sudah lebih 20 tahun, punya pekerjaan, dan kondisi keuangan yang cukup baik.

Jadi, pertanyaan tentang kapan menikah menjadi hal wajar buat orangtua. Bahkan, dalam keseharian jika kita punya anak perempuan, pertanyaan “Kapan nikah?”sudah hal yang umum untuk ditanyakan.

Belakangan saya baru nyadar pertanyaan “Kapan nikah?” harusnya tidak boleh diutarakan lantaran dinilai kurang peka atau tidak berperasaan yang berakibat akan menyakitkan bagi si pendengarnya.

Lantas, apa jawaban lucu pertanyaan Lebaran “Kapan Nikah?” dari sang anak?

Tahun pertama setelah lulus kuliah dan langsung bekerja di luar kota, saat mudik pulang kampung untuk berlebaran bersama keluarga, kepada anak perempuan saya- si sulung - saya bertanya: “Kakak Kapan Nikah?” Jawab si sulung: “Tahun depan” katanya dengan nada rada ketus.

Mendapat jawaban kepastian dari sang anak, tentu saja hati saya lega lantaran kata “Tahun depan” menunjukan waktu yang pasti yakni tahun depan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ramadan Selengkapnya
Lihat Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun