Nama: Ade Irawan Rao
NIM: 1903016028K
kelas PAI 4A
Judul Prinsip dan Faktor Perkembangan
FITK UIN Walisongo Semarang
Pendahuluan
Dalam ilmu psikologi, ilmu psikologi perkembangan termasuk bidang kajian yang melibatkan banyak pihak untuk mempelajarinya. Dan memahami perkembangan individu dan mengetahui fase-fase dalam dunia pendidikan contohnya seperti terdapatnya susunan kurikulum, materi, metode, sarana, dan alat alat yang sesuai dengan situasi dan kondisi anak didik yang ada.Â
Bagi orang tua dengan mengetahui pertumbuhan dan perkembangan anak mampu memberikan berbagai model pelayanan kepada anak secara psikologis sampai usia remaja. Sehingga setiap individu diharapkan bisa menjalani tugas perkembangannya dengan baik dalam setiap tahapannya sekaligus beradaptasi lingkungan sekitarnya dengan baik.
Isi/pembahasan
Perkembangan menunjukkan suatu proses tertentu, Yaitu suatu proses yang menuju ke depan dan tidak dapat diulang kembali. Dalam perkembangan manusia terjadi perubahan yang sedikit banyak bersifat tetap dan tidak dapat diulangi perkembangan menunjukkan Pada perubahan dalam Suatu arah yang bersifat Tetap dan maju. Para ahli mengutamakan psikologi untuk kepentingan pendidikan. Psikologi merupakan ilmu yang membahas tingkah laku manusia yang berinteraksi dengan lingkungannya.
Tingkah laku yang dimaksud adalah suatu aktivitas yang meliputi proses berpikir, emosi, dan membuat keputusan. Contohnya, Seorang anak yang diam sambil memperhatikan guru yang menerangkan tugas-tugas yang diselesaikan, berati anak tersebut sedang bertingkah laku.
Semua tingkah laku manusia mempunyai sebab-sebab tingakh laku oleh suatu penyebab, banyak macam-macamnya yang terkait dengan hal tersebut, seperti seorang anak didik yang malas, sering bolos sekolah, dan tidak mengerjakan tugas dari guru.
__________________
¹Ellfy Yullani Rochmah, Psikologi Perkembangan, (Sepanjang Rentang Hidup), (Ponorogo., STAIN; po, PRESS, 2014), 18
Prinsip dan faktor dalam psikologi perkembangan pada anak didik prinsip tersebut adalah:
1. Adanya perubahan
Setiap anak didik memiliki perubahan sifat tertentu dengan lingkungan sekitarnya, terdapat perubahan ukuran seperti tinggi, berat, organ pada tubuh, penalaran, persepsi, dan imajinasi pada anak didik
2. Perkembangan awal lebih kritis dari perkembangan
Lingkungan hidup yang menghabiskan sisa masa kecilnya sangat berpengaruh terhadap kemampuan mereka.
3. Perkembangan merupakan hasil proses perkembangan
Perkembangan anak sangat berpengaruhi oleh proses perkembangan membuka karakteristik secara potensial yang sudah ada pada perkembangan individu
Penutup/kesimpulan
Psikologi perkembangan merupakan bagian dari ilmu yang mempelajar tentang perkembangan psikologi perkembangan sebagai salah satu bidang psikologi fokus pada kajian mengenai perubahan tingkah laku dan proses perkembangan. Dalam mempelajari Prinsip dan faktot perkembangan kita harus memperhatikan terlebih dahulu tentang tahapan-tahapan perkembangan dan karakteristik.
Daftar pustaka
Abu Ahmadi dan Munawar Sholeh, "Psikologi Perkembangan" , PT Rineka Cipta Jakarta, 2005.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H