JURNAL REFLEKSI DWIMINGGUAN MODUL 1.2
Nilai dan Peran Guru Penggerak
Oleh : Ade Mamah Suryamah,S.Ag
CGP Angkatan 6Â
SDN Pipitan Kota Serang
Â
Assalamu'alaikum  Warohmatullahi Wabarokatuh
Salam dan Bahagia Guru Hebat di Seluruh Indonesia
Pada kesempatan ini saya akan menuliskan refleksi 2 mingguan modul 1.2 dengan judul modul Nilai dan peran guru penggerak,semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk kita semua.
Tidak teras akita sudah sampai dipenghujung modul 1.2. Banyak pelajaran yang berharga yang saya petik dari modul 1.2 nilai-nilai dan peran guru penggerak,banyak juga pengalaman berharga yang saya pelajari dari rekan-rekan guru hebat,pengajar peraktik,fasilitator ataupun instruktur.
Penerapan ke depan (rencana): apa pengembangan diri yang sederhana,konkret  dan rutin tyang dapat saya lakukan sendiri dari sekarang,untuk membantu menguatkan nilai-nilai dan peran saya sebagai guru penggerak.
Pembelajaran modul 1.2 tentang nilai dan peran guru penggerak ini,saya akan menuangkannya dengan model 4 F yaitu Fact (Peristiwa),Feelings(Perasaan),Findings(Pembelajaran),Future(Penerapan ke depan).
- Fact (Peristiwa)
Pada minggu kedua tanggal 12 September 2022,saya mengawali pembelajaran modul 1.2 tentang nilai dan Peran Guru Penggerak.Saya mempelajari modul 1.2  secara mandiri tentang nilai dan peran guru penggerak,diawali dengan mendownload bahan ajar kemudianmembuka pendahuluan untuk  menonton video yang berisi surat dari instruktur yang disampaikan oleh Bapak Aditya Dharma. Kemudian masuk pada forum komunikasi antara fasilitator dan CGP,yang berisi daftar hadir CGP selama mengikuti kegiatan dan informasi dari fasilitator Bapak Nana Suryana,S.Pd,M.Pd.
Pada hari yang sama,saya membuka modul 1.2.a.3 tentang mulai dari diri disitu saya membuat trapesium usia  dan menuliskan pengalaman peristiwa positif dan negatif yang masih diingat sampai sekarang,disitu juga saya merefleksikan  peran dan nilai guru penggerak menurut saya.
Pada tanggal 13 september 2022,sesuai yang sudah tertera pada jadwal adalah giliran eksplorasi konsep modul 1.2.a 4,dimodul ini saya belajar tentang hubungan antara emosi,cara kerja otak,kebutuhan dasar manusia,daya untuk memilih,motivasi intrinsic,dan struktursistemik lingkungan dalam pembentukan nilai-nilai dalam diri seseorang.Menjelaskan makna profil pelajar pancasiladalam transformasi pendidikan. Menjelaskan makna peran guru penggerak dalam transformasi pendidikan. Mengetahui bahwa keteladanan dan sistem pembiasaan yang konsisten disuatu lingkungan akan membentuk karakter dan nilai-nilai pada diri sesorang.Mengelaborasi makna pemimpin pembelajaran disekolah masing -masing .Dalam eksplorasi konsep ini terdapat 22 halaman yang harus say abaca dan saya isi.
Tanggal 14 September 2022 modul 1.2.a.4.1 pada modul ini tugasnya adalah diminta untuk merespon pertanyaan tentang nilai Guru Penggerak saya juga diminta menanggapai umpan balik terhadap terhadap peserta lain.
Pada hari Kamis 15 September 2022 pada modul 1.2.a.5 kami berdiskusi dengan kelompok yang terdiri dari 5 peserta CGP secara mandiri yang difasilitatori oleh Bapak Nana Suryana,S.Pd,M.Pd tentang nilai dan peran guru penggerak. Pada sesi ini kami masing-masing peserta menyampaikan salah satu peran guru penggerak yang sudah kami miliki dan menyampaikan nilai-nilai guru penggerak yang sesuai dengan peran guru penggerak yang sudah kami pilih.
Pada hari Jum'at tanggal 16 September 2022,pada modul 1.2.a.5.1 kami kembali diskusi dalam kelompok besar yang terdiri dari 2 kelompok yaitu kelas 43,disini kami masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok kecil yang memilih satu peran guru penggerak dengan nilai-nilai guru penggerak secara bergantian. Dalam diskusi ini kami juga saling memberikan komentar antar kelompok dan saling memberikan pertanyaan ataupun tanggapan. Setelah selesai pada modul ini kami mengunggah tugas Demonstrasi Kontekstual modul 1.2.a.5.2 dalam bentuk video pada LMS masing-masing.
Pada hari Senin 19 sampai 20 Â September 2022,kami membuat tugas Demonstrasi Kontekstual modul 1.2.a.6. Pada sesi ini kami ditugaskan untuk membayangkan 3 tahun kedepan setelah lulus program PGP. Saya menarasikan tugas ini dalam bentuk video sederhana yang menggambarkan aktivitas saya sebagai guru penggerak baik dalam keseharian,atau yang terprogram rutin berkesinambungan,ataupun yang sifatnya khusus( ad-hock).
Pada hari Rabu 21 September 2022,modul 1.2.a.7 pada sesi ini dalam LMS kami ditugaskan untuk membuat beberapa pertanyaan yang akan disampaikan pada pada diskusi melalui vicon Bersama instruktur .
Kamis,22 September 2022 modul 1.2.a.7.1 pada sesi ini kami Bersama instruktur ibu Kusuma Dewi. Kami menyimak pemaparan materi tentang Nilai dan peran guru penggerak,sebagai pembuka instruktur meminta kami mengartikan nama masing-masing atau menceritakan sejarah nama kami dan juga memberi pertanyaan pemantik,kegiatan ini ditutup dengan mengisi padlet dengan model 4 P. Pada tanggal yang sama kami membuat koneksi antar materi modul 1.2.a.8.Disesi ini kami diminta menjelaskan koneksi antar materi modul 1.1 dengan modul 1.2.Sya memilih membuat karya berupa video sederhana dengan model 4 P atau 4 F.
Jum'at tanggal 23 September 2022,kami ditugaskan membuat aksi nyata pada modul 1.2.a.9.Kami ditugaskan untuk melaksanakan apa yang sudah direncanakan yang sudah ditulis dalam refleksi 4 P dalam koneksi antar materi mengenai "Pengembangan diri yang sederhana,konkrit dan rutin yang sudah dilakukan dari sekarang.Kegiatan aksi nyata ini saya dokumentasikan dalam bentuk video.
Alhamdulillah modul 1.2 telah selesai semoga ilmu yang sudah saya pelajari dapat bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain. Dapat bergerak ,tergerak dan menggerakan orang lain.Â
Tanggal 19-23 September 2022 kami diberi tugas oleh PP ibu Raden Yosavianti,M.Pd untuk menjawab pertanyaan yang tertuang pada word yang menanyakan benang merah kaitan materi modul 1.2 dengan modul 1.1 tentang mulai diri,eksplorasi konsep,kolaborasi,demonstrasi kontekstual,elaborasi,koneksi antar materi,aksi nyata.
- Feeling (Perasaan)
Setelah saya mempelajari modul 1.2 saya merasa senang karena semakin bertambah ilmunya tentang peran dan nilai guru penggerak,dalam modul ini banyak yang baru saya ketahui diantaranya tentang potensi manusia yang hanya tampak dipermukaan 12% sedang yang tidak tampak masih 88% lagi yang butuh proses waktu yang lama untuk menumbuhkannya dengan cara pembiaan dan keteladanan.Dan masih banyak lagi pengetahuan-pengetahuan tentang nilai dan peran guru penggerak,yang bermanfaat bagi saya calon guru penggerak agar dapat mengimplementasikannya dalam rangka mewujudkan transformasi pendidikan.
Tugas-tugas dimodul ini sangat luar biasa butuh refleksi,sangat menguras tenaga dan pikiran dipenghujung modul,dimana 3 tugas diantaranya aksi nyata,tugas dari PP dan membuat Jurnal Dwimingguan diakhir pekan yang seharusnya untuk berlibut tetapi digunakan untuk mengerjakan tugas dari fasil dan PP. Walau tugas ini berat dan menyita waktu saya harus konsisten dan tanggung jawab terhadap pilihan saya untuk mengikuti program pendidikan guru penggerak ini,disini kita langsung diuji dalam mengelola emosi kita agar otak luhur kita dapat mengambil keputusan yang baik.
- Findings ( Pembelajaran )
Pada modul ini saya banyak mempelajari tentang karakter manusiacara kerja otak yaitu sistem berfikir cepat dan sistem berpikir lambat.Saya juga belajar 5 kebutuhan dasar manusia yang sangat bermanfaat dalam mendidik murid. Kemudian saya juga belajar tentang diagram gunung es yang ada ditengah lautan  yang menggambarkan tentang potensi manusia yang tampak dan tersembunyi. Yang tampak hanya 12 % sedang yang masih butuh proses untuk menumbuhkannya potensi yang tersembunyi tersebut 88 % melalui pembiasaan-pembiasaan positif dan keteladanan.
Pembelajaran pada modul ini merupakan hal yang penting dan utama dimiliki oleh calon guru penggerak yaitu kita harus menerapkan peran dan nilai-nilai guru penggerak.Peran tersebut diantaranya : Menjadi pemimpin pembelajaran,menjadi coach bagi guru lain,mendorong kolaborasi,mewujudkan kepemimpinan murid (student agency),menggerakan komunitas praktisi. Sedangkan nilai-nilai guru penggerak diantaranya : Berpihak pada murid,Kolaboratif,Mandiri,Inovatif,dan Reflektif.
- Future (Penerapan )
Setelah mempelajari modul 1.2 ini,saya akan mencoba dan berusaha      menerapkan nilai-nilai dan peran -peran guru penggerak saat sekarang maupun dimasa depan,melalui pembelajaran yang berpusat pada murid dengan menjadi among bagi murid dan mewujudkan siswa yang berkarakter profil pelajar Pancasila. Saya juga akan senantiasa berinovasi dalam pembelajaran agar dapat menciptakan pembelajaran yang aman dan menyenangkan. Saya juga akan belajar menjadi pribadi yang berfikir terbuka,belajar dari kesalahan dan pengalaman yang tidak baik sebagai nilai reflektif untuk perbaikan kedepannya. Nilai mandiri akan saya terapkan dengan cara terus belajar dan memotivasi diri dan berinisiatif untuk tergerak,bergerak dan menggerakan. Sedang nilai kolaboratif akan saya terapkan dengan berkolaborasi terbuka untuk bekerjasama dengan siapa saja baik rekan guru atau teman sejawat. Saya juga ikut serta dalam komunitas praktisi dalam mewujudkan transformasi pendidikan.
Demikian Refleksi perasaan saya tentang modul 1.2 ini yang dituangkan dalam jurnal Dwimingguan. Semoga jurnal ini bermanfaat bagi diri saya pribadi dan bagi oranglain. Dalam penyusunan jurnal ini masih banyak kekurangan ataupun kesalahannya,saya mohon maaf atas ketidaksempurnaan saya.
Â
Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokaatuh.
Salam CGP Angkatan 6
Salam Bahagia.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H