Mohon tunggu...
Adelia Putri
Adelia Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa dengan hobi bermain

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Penyuluhan Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial kepada Pelaku Usaha Jamu Tradisional

21 Juni 2022   12:00 Diperbarui: 21 Juni 2022   12:08 394
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Surabaya, 21 Juni 2022 --- Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan suatu bentuk Pendidikan dalam perwujudan bentuk pengabdian kepada masyarakat. 

Dalam pengabdian ini mahasiswa diberikan pengalaman belajar untuk hidup di tengah-tengah masyarakat di luar kampus dan secara langsung mengidentifikasi serta menangani masalah-masalah yang tengah dihadapi. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya atau dikenal dengan julukan Kampus Merah Putih ini menyelenggarakan Kegiatan KKN dengan mengangkat tema yaitu "Kebangkitan Ekonomi Kerakyatan Di Era Endemi". 

Namun sayangnya di situasi sekarang ini ada perubahan dari skema KKN tahun-tahun sebelumnya yang biasa dilakukan secara berkelompok kini berubah dilakukan secara individu karena mengingat kita semua tetap harus waspada, karena covid-19 masih ada.

Salah satu mahasiswa dari Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Program Administrasi Negara yaitu Adelia Putri Sugiarto di bawah bimbingan Ibu Nara Garini Ayuningrum, S.Tr.I.Kom., M.A selaku dosen pembimbing lapangan. Melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di wilayah Legundi RT 006, Ketabang, Surabaya. 

Pengabdian ini melibatkan salah satu pelaku UMKM Jamu Tradisional yang ada wilayah tersebut. Mahasiswa membantu pelaku UMKM Jamu Tradisonal untuk memberikan pemahaman kepada mitra tentang pentingnya strategi pemasaran melalui media sosial serta memberikan pengetahuan tentang inovasi terbaru terkait pengembangan produk dan juga dengan adanya program ini dapat diharapkan bisa mengubah pola pikir yang maju dengan memberikan edukasi terhadap pentingnya penggunaan media social untuk menjalankan suatu usaha atau bisnis.

Dokpri
Dokpri

Dokpri
Dokpri

Dokpri
Dokpri

Pengusulan program pengabdian ini didasari permasalahan yang dihadapi oleh pelaku UMKM, pertama masih banyak orang yang belum mengetahui produk jamu; kedua kurangnya biaya promosi; ketiga kurangnya pengetahuan tentang inovasi pengembangan produk. 

Program yang dilaksanakan dalam kegiatan ini adalah membantu pelaku usaha dalam melakukan pembaruan dalam hal kemasan menjadi lebih menarik dan melakukan pemasaran melalui media social. 

Sehingga nantinya hasil dari dilakukannya kegiatan KKN ini adalah dapat meningkatkan hasil penjualan jamu tradisional. Dalam mengembangkan strategi pemasaran produk yang paling tepat dengan menggunakan media sosial seperti instagram, facebook, twitter, digunakan dalam situasi yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan menggunakan media sosial saat melakukan promosi. 

"Harapan saya melalui kegiatan ini adalah, para pelaku UMKM Jamu Tradisional lebih memahami pentingnya strategi pemasaran untuk suatu kemajuan dalam menjalankan usaha serta pentingnya pemahaman dan berfikir secara matang ketika hendak mempromosikan sebuah produk. 

Ketika sebagus apupun tampilan produk yang akan di pasarkan jika tanpa menggunakan strategi pemasaran mungkin akan menjadi gagal bersaing" Ujar Adelia

Dokpri
Dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun