Mohon tunggu...
adelia meilani
adelia meilani Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa UIN SMH BANTEN

"HIDUP TIDAK SELALU TENTANG MELEBARKAN LENGAN MENERIMA KEDATANGAN, TETAPI JUGA TENTANG MELEPAS PELUKAN MERELAKAN KEPERGIAN"

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix Strategy)

23 Desember 2021   16:01 Diperbarui: 23 Desember 2021   16:16 883
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Apa itu bauran pemasaran?

Bauran pemasaran adalah kata yang menyerap bauran pemasaran yang menunjukkan penjualan atau strategi pemasaran dengan satu titik harga.

Bentuk promosi pemasaran ini dirancang khusus dan sedemikian rupa sehingga menghasilkan hasil ynag menguntungkan di pasar sasaran.

Pemasaran tidak bersifat statis, tetapi fleksibel dan terus-menerus beradaptasi, membutuhkan pendekatan yang berbeda.

Pendekatan untuk memasarkan produk atau jasa perusahaan ini dikenal sebagai bauran pemasaran.

Adapun beberapa pengertian berbeda untuk bauran pemasaran berdasarkan para ahli.

  • Marketing mix (bauran pemasaran) adalah strategi mencampur kegiatan-kegiatan marketing, agar dicari kombinasi maksimal sehingga mendatangkan hasil yang paling memuaskan (Buchari Alma, 2007:130)
  • Marketing mix (bauran pemasaran) adalah elemen- elemen organisasi perusahaan yang dapat dikontrol oleh perusahaan dalam melakukan komunikasi dengan tamu dan untuk memuaskan tamu (Zeithaml dan Bitner, 2008:48).
  • Marketing mix is good marketing tool is a set of products, pricing, promotion, distribution, combined to produce the desired response of the target market Bauran pemasaran adalah perangkat pemasaran yang baik yang meliputi produk, penentuan harga, promosi, distribusi, digabungkan untuk menghasilkan respon yang diinginkan pasar sasaran (Kotler dan Amstrong, 2013:92).

Bauran pemasaran atau Marketing Mix merupakan strategi pengembangan pemasaran yang keempat setelah 1) segmentasi dan penargetan 2) pemosisian pasar 3) strategi memasuki pasar 4) bauran pemasaran atau Marketing Mix dan 5) penentuan waktu 

merupakan seperangkat alat pemasaran untuk mencapai kesuksesan tujuan pemasaran terdiri dari 4 P yang dijadikan panduan cara kerja tim pemasaran (Swastha, 1981).

Dan adapun yang terdiri dari 4P itu adalah:

  • Product (produk)
  • Prince (harga)
  • Promotion (promosi)
  • Place (tempat)

Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix Strategy)

Saat ini, strategi bauran pemasaran tidak hanya berhenti di 4P.

Menurut devinisi dan maknanya evolusi membawa bauran pemasaran ke 7P.

Ini adalah 7P dari bauran pemasaran.

  • Product (produk)

Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk diperhatikan dimiliki digunakan atau dikonsumsi termasuk arang  fisik jasa kepriadian tempat organisasi dan gagasan atau pemikiran. Produk mengandung fungsionalitas produk  dan elemen lain yang diharapkan oleh konsumen yang sering dinyatakan seagai nilai tamah dari produk (layanan). Faktor yang termasuk dalam suatu produk adalah kualitas penampilan (features) pilihan yang tersedia (option) gaya (style) merek (rand name) kemasan (packaging) ukuran (size) jenis (product line) jenis (product or arang) garansi (garansi) dan layanan (layanan). Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk diperhatikan dimiliki digunakan atau dikonsumsi termasuk arang  fisik jasa kepriadian tempat organisasi dan gagasan atau pemikiran. Produk mengandung fungsionalitas produk  dan elemen lain yang diharapkan oleh konsumen yang sering dinyatakan seagai nilai tamah dari produk (layanan). Faktor yang termasuk dalam suatu produk adalah kualitas penampilan (features) pilihan yang tersedia (option) gaya (style) merek (rand name) kemasan (packaging) ukuran (size) jenis (product line) jenis (product or arang) garansi (garansi) dan layanan (layanan).

Tujuan utama strategi produk adalah untuk dapat mencapai sasaran pasar yang dituju dengan meningkatkan kemampuan bersaing atau mengatasi persaingan. Oleh karena itu, strategi produk sebenarnya merupakan strategi pemasaran, sehingga gagasan atau ide untuk melaksanakannya harus datang dari bagian atau bidang pemasaran.

  • prince (harga)

Harga adalah satu-satunya elemen auran pemasaran yang menghasilkan  penjualan sedangkan yang lainnya hanyalah faktor iaya. Penetapan harga selalu menjadi dilema agi setiap isnis karena penetapan harga  ukanlah kekuasaan atau wewenang mutlak  seorang pengusaha. Seperti diseutkan di atas dengan penetapan harga isnis dapat menghasilkan pendapatan penjualan dari produk yang diproduksi dan dipasarkan. Peran penetapan harga akan menjadi sangat penting terutama mengingat persaingan yang semakin ketat dan tren permintaan yang teratas.

Tujuan Penetapan Harga

Memperoleh laba yang maksimum, mendapatkan share pasar tertentu, memerah pasar (market skimming), mencapai tingkat hasil penerimaan penjualan maksimum pada waktu itu, mencapai keuntungan yang ditargetkan dan mempromosikan produk.

  • Place (tempat)

Untuk mencapai maksud dan tujuan  perusahaan di idang pemasaran setiap perusahaan melakukan kegiatan distriusi. Distriusi adalah kegiatan mendapatkan produk kepada pengguna atau konsumen pada waktu yang tepat. Oleh karena itu keijakan distriusi merupakan salah satu keijakan pemasaran terpadu yang meliputi identifikasi fisik saluran distriusi dan pemasaran. Kedua faktor ini memiliki huungan yang  erat satu sama lain dalam keerhasilan kegiatan distriusi maupun keerhasilan kegiatan pemasaran produk perusahaan. Penggunaan saluran distriusi yang efisien diperlukan untuk memastikan ketersediaan produk di setiap mata rantai dalam rantai distriusi.

  • Promotion (promosi)

Keijakan promosi ini tidak terlepas dari keijakan pemasaranreferensi yang terintegrasi sehingga keerhasilan atau efektivitasnya sangat ergantung pada keijakan pemasaran lainnya pada umumnya. Kegiatan promosi yang dilakukan oleh suatu perusahaan merupakan gaungan penggunaan elemen atau perangkat promosi yang mencerminkan pelaksanaan keijakan promosi perusahaan. Kominasi item atau perangkat promosi ini dikenal seagai auran rujukanpromosi yang mencakup periklanan penjualan priadi promosi penjualan dan periklanan. Dengan kegiatan promosi yang dilakukan perusahaan  erusaha meyakinkan pemeli dan calon konsumen untuk memeli produk pemasaran dalam hal ini perusahaan erkomunikasi dengan  konsumen.

Seperti diketahui bahwa kegiatan promosi yang dilakukan oleh setiap perusahaan bertujuan untuk merangsang permintaan primer (primary demand) yang mungkin memakan waktu lama dan biaya mahal. Dalam hal ini, personal selling sangat berguna, terutama dalam pemasaran barang-barang industri.

  • People (orang)

Sumer daya manusia adalah elemen penting dari strategi auran pemasaran. Faktor sumer daya manusia  menentukan maju  tidaknya suatu perusahaan. Seiring isnis yang Anda jalankan semakin populer dan  luas langkah selanjutnya adalah menentukan struktur organisasi internal Anda. Dimana Anda mengatur anyak orang dalam posisi yang sesuai dengan kapasitas dan keahlian masing-masing karyawan. Saat menerima karyawan atau karyawan aru anyak hal yang perlu dipertimbangkan.

Faktor penting dalam SDM adalah sikap dan motivasi  karyawan di industri jasa. Sikap dapat diterapkan dalam eragai cara seperti penampilan fisik karyawan nada suara ahasa tuuh ekspresi wajah dan kata-kata. Selama ini motivasi akan menentukan seerapa esar keinginan atau kesenangan karyawan terhadap pekerjaannya saat ini.

  • Process (proses)

Proses di sini meliputi agaimana isnis memenuhi keutuhan setiap pelanggan mulai dari pesanan (order) konsumen  hingga akhirnya  mendapatkan apa yang diinginkan.

Beerapa perusahaan seringkali memiliki cara yang unik atau khusus dalam melayani pelanggan. Sama seperti di seuah restoran ada eerapa restoran yang menawarkan peralatan "cooking demo" dimana konsumen isa melihat setiap hidangan yang mereka pesan. Mode layanan ini merupakan contoh penerapan auran pemasaran di perusahaan katering. Para pelaku isnis pasti akan menyadari ahwa tata letak angunan dalam seuah isnis pasti akan mempengaruhi mood pengunjung. Desain interior yang terlihat erantakan pasti memuat konsumen  tidak nyaman dengan keadaan dalam erisnis. Bangunan harus mampu menciptakan suasana yang menyenangkan untuk memerikan pengalaman  dan  nilai tamah agi pengunjung. Komponen visual sangat penting dalam strategi auran pemasaran.

  • Physical evidence (tampilan fisik)

Tampilan eksterior lokasi isnis harus menjelaskan tata letak angunan isnis. Perusahaan ini menggunakan interior yang unik sistem pencahayaan yang menarik desain ruangan yang menarik dll. Para pelaku isnis pasti akan menyadari ahwa tata letak angunan dalam seuah isnis pasti akan mempengaruhi mood pengunjung. Desain interior yang terlihat erantakan pasti memuat konsumen  tidak nyaman dengan keadaan dalam erisnis. Bangunan harus mampu menciptakan suasana yang menyenangkan untuk memerikan pengalaman  dan  nilai tamah agi pengunjung. Komponen visual sangat penting dalam strategi auran pemasaran.

Setelah memuat dan mengemangkan suatu produk kita juga harus memperhatikan kemasan  produk terseut. Unsur auran pemasaran ini juga  penting untuk diterapkan dalam isnis Anda. Kemasan yang menarik dapat meningkatkan faktor penjualan produk Anda. Secara umum pelanggan akan memperhatikan struktur dan tampilan  kemasan yang telah diproduksi. Dan kemudian pelanggan akan melihat konten produk.

Sebagaimana yang telah dijelaskan diatas, dapat disimpulkan bahwa untuk mewujudkan semua strategi marketing mix (7P) di atas, tentunya dibutuhkan perencanaan pembiayaan yang baik dan terencana.

QUOTE of The Day 

Pemenang Bukanlah Mereka yg Tdk Pernah Jatuh & Kalah. Tapi Mereka yg tdk Pernah Menyerah & Patah.

#Dr.H.SyaefulBahri#


Artikel ini dibuat sebagai tugas UAS Mata Kuliah "Manajemen Pemasaran Syariah" dengan dosen pengampu Dr. H. Syaeful Bahri, S.AG,MM.

Nah, bagaimana menurut anda? Tertarik untuk mencoba menerapkannya?

Semoga bermanfaat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun