Mohon tunggu...
Adeena iluh Maharani
Adeena iluh Maharani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Menulis dan membacaa

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Memahami Teknik Pensekoran Hasil Belajar untuk Evaluasi Pendidikan

2 Juli 2024   00:36 Diperbarui: 2 Juli 2024   00:54 45
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Apa sih pengertian dari teknik pensekoran hasil belajar itu?

Sebelum membahas tentang teknik pensekoran hasil belajar,alangkah baiknya kita mengetahui arti dari pensekoran atau disebut dengan penilaian itu sendiri.Penilaian merupakan rangkaian kegiatan untuk memperoleh,menganalisis, dan menafsirkan data tentang proses dan hasil belajar proses didik yang dilakukan secara sistematis dan berkeseimbangan,sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan.

selanjutnya akan membahas pengertian dari teknik pensekoran belajar itu apa.

 Teknik pensekoran hasil belajar merujuk pada metode atau pendekatan yang digunakan untuk menilai atau mengevaluasi hasil belajar siswa atau peserta didik. Dalam konteks pendidikan, teknik pensekoran ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana siswa telah mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. 

Macam-Macam Teknik Penilaian Hasil belajar ditinjau dari tekniknya, penilaian dibagi menjadi dua  yaitu tes dan non tes.

a.teknik tes

teknik yang digunakan dengan cara melaksanakan tes berupa pertanyaan yang harus dilaksanakan oleh orang yang di tes. Dalam hal tes hasil belajar yang hendak diukur adalah kemampuan peserta didik dalam menguasai pelajaran yang disampaikan meliputi aspek pengetahuan dan keterampilan. Alat penilaian dengan teknik tes dapat dikelompokkan sebagai berikut:

  • tes tertulis : teknik penilaian yang menuntut jawaban secara tertulis, baik berupa pilihan maupun isian
  • tes lisan : teknik penilaian hasil belajar yang pertanyaan dan jawabannya disampaikan dalam bentuk lisan.
  • tes praktik/perbuatan : teknik penilaian hasil belajar yang menuntut peserta didik mendemonstrasikan kemahirannya atau menampilkan hasil belajarnya dalam bentuk unjuk kerja.

b. Teknik non tes

Teknik penilaian untuk memperoleh gambaran terutama mengenai karakteristik, sikap, atau kepribadian. Teknik penilaian nontes dapat dikelompokkan sebagai berikut:

  • pengamatan/observasi : observasi dilakukan dengan cara menggunakan instrumen yang sudah dirancang sebelumnya.
  • penugasan : teknik penilaian yang menuntut peserta didik melakukan kegiatan tertentu di luar kegiatan pembelajaran di kelas.
  • produk : penilaian produk merupakan penilaian terhadap keterampilan menghasilkan suatu produk dalam waktu tertentu.
  • portofolio : kumpulan karya siswa yang tersusun secara sistematis dan terorganisasi yang diambil selama proses pembelajaran. Portofolio digunakan pendidik dan siswa untuk memantau perkembangan pengetahuan, keterampilan,dan sikap siswa.

Adapun prinsip penilaian hasil belajar sebagai berikut :

1. Valid atau sahih

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun