Mohon tunggu...
Adam Perdana
Adam Perdana Mohon Tunggu... lainnya -

Saya menulis, maka saya Eksis. www.facebook.com/AdamPerdana007

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

[Cerpen] BlackBerry Bekas Seorang Penulis Amatir

10 Maret 2017   21:50 Diperbarui: 10 Maret 2017   22:15 328
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

 ***

 Pagi ini Aku bergegas ke warung dekat rumah yang menjual pulsa. Ini pertama kalinya Aku menggunakan BlackBerry, jadi Aku merasa harus membeli paket khusus BlackBerry yang disediakan operator yang kupakai. Karena hanya untuk percobaan, Aku beli paket harian saja, tapi yang full service. Sebenarnya Aku belum tahu, apa saja yang kudapat dengan paket full service. Yang jelas, dari namanya saja, paket ini adalah paket yang menyediakan semua layanan untuk BlackBerry.

 Aku segera membuka browser ketika paket BB full service sudah aktif. Aplikasi yang terinstal di BlackBerry ini masih sangat standar. Jadi Aku berencana menginstal beberapa aplikasi yang membuat BlackBerry ini lebih optimal. Karena Aku butuh aplikasi untuk edit dokumen, kubuka Google lalu kucari link download aplikasi itu. Hasil pencarian teratas menuntunku ke situs resmi milik BlackBerry, Appworld(dot)BlackBerry(dot)com. Aku klik link itu tapi yang muncul kemudian adalah halaman yang memintaku untuk mendownload aplikasi lain, yaitu BlackBerry World. Dijelaskan di halaman itu bahwa Aku harus meng-upgrade aplikasi App World yang ada di BlackBerry-ku. Tanpa pikir panjang Aku klik tombol download. Aku yakin, karena ini adalah situs resmi BlackBerry.

 Tak butuh lama meng-upgrade App World, tak sampai lima menit file yang di-download sudah komplit, ukuran file-nya tak sampai 10 megabyte. Setelah otomatis ter-instal, ada peringatan untuk me-restart BlackBerry. Aku mengkonfirmasi untuk restart, dan BlackBerry-ku mati sejenak lalu hidup lagi.

 Aplikasi pertama yang kucari di BlackBerry World adalah editor dokumen. Cukup banyak yang menyediakan, ada yang gratis, ada pula yang berbayar. Sebenarnya cukuplah editor sederhana, bahkan kalau bisa yang ringan operasionalnya, tidak banyak memakai memori. Aku sudah cukup puas jika dapat menyimpan hasil ketikan dalam file berekstensi txt. Karena nantinya Aku tetap akan menggunakan komputer untuk mengedit lebih lanjut. Sayang, Aku tak menemukan editor yang kumaksud. Mungkin lain kali kucari lebih lanjut.

 Aku coba instal Opera mini saja dulu, karena browsing dengan browser bawaan kurang memuaskanku. Rasanya Opera mini akan lebih cepat dan ringan, dengan fitur browser yang lebih lengkap. Versi yang kudownload adalah Opera mini versi 8. Yang paling kusukai dari versi ini adalah bisa membuka beberapa tab waktu browsing. Teks dari halaman internet juga bisa di-copy dan di-paste di aplikasi lain. Baiklah Aku akan browsing dulu. Rasanya Aku perlu informasi lebih banyak tentang BlackBerry yang sedang kugenggam ini....

 ***

 Tak terasa, sudah lebih sepuluh hari BlackBerry ini menemaniku. Blackberry ini nyaris sempurna untukku. Sayang, aplikasi andalanku untuk browsing, Opera mini, sering bermasalah dan tak mau terhubung dengan internet. Browser bawaan pun kadang bermasalah dan tak bisa terhubung dengan internet. Solusinya, jika Opera mini macet, Aku harus restart Blackberry. Untunglah restart bisa dilakukan dengan memencet tombol alt, shift kanan, dan del secara bersamaan. Jika restart dengan mencabut baterai dan memasangnya lagi, itu pasti merepotkan. Aku sudah membawa BlackBerry ini ke konter tempat membeli dulu. Walaupun sudah di-instal ulang, BlackBerry ini masih sering putus koneksi internetnya.

 Masalahnya sudah cukup jelas bagiku, Blackberry ini kekurangan memori untuk menjalankan Opera mini dengan stabil. Aku sudah coba versi Opera mini yang lebih rendah, tapi masalah itu belum teratasi. Aku juga sudah coba UC browser, tapi masalahnya tetap sama: Browser akan terputus dari internet setelah dipakai untuk mengakses data beberapa saat.

 Selain merestart, sesudah menggunakan browser Aku akan bersihkan log dan memori BB. Ya itulah solusinya. Namun sayang rasanya jika dalam sehari Aku harus melakukan reset BlackBerry berkali-kali. Jadi, solusi final untuk kendala koneksi internet BlackBerry ini adalah: Melakukan soft reset di pagi hari sesudah mengecas. Dan jika Opera mini sudah 'keok', Aku akan beralih ke browser bawaan kalau mau berinternet.

 Mengenai editor dokumen, rasanya Aku patut bersyukur bisa memakai Memo Pad, untuk menulis artikel, catatan, atau cerpen. Penyimpanan tulisan penting bisa kulakukan di Facebook, yang kuseting supaya tak bisa dilihat 'Publik' tapi 'Hanya saya'. Dan syukurlah, Aku juga sudah dapat program gratis yang bisa mentransfer tulisan di Memo Pad menjadi format txt, jadi bisa kusimpan di memori external ataupun kupindahkan ke komputer.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun