Surat resmi merupakan sebuah surat yang digunkan untuk berbagai keperluan resmi seperti instansi atau organisasi.
Yang dimana jika dilihat saat ini surat sudah mulai tergantikan oleh teknologi, yang dimana surat resmi masih dibutuhkan untuk kegiatan yang sifatnya formal.
Ciri-Ciri Surat Resmi
Surat resmi sendiri memiliki ciri-ciri tertentu, berikut ciri-cirinya:
- Dikeluarkan oleh suatu instansi atau organisasi sehingga menggunakan kop surat
- Memuat nomor, lampiran, serta perihal surat
- Surat resmi menggunakan bahasa yang baku
- Memiliki cap atau stempel dari lembaga yang mengeluarkan surat tersebut
Struktur Surat Resmi      Â
Adapun Struktur Atau Format Yang Ada Dalam Surat Resmi:
Kop Surat
Kop surat atau bisa disebut juga sebagai kepala surat ini merupakan bagian dari surat resmi yang memuat identitas dari si instansi ataupun lembaga-lembaga yang bersangkutan.
Identitas yang dimuat adalah:
Nama instansi atau lembaga
Lambang atau logo instansi
Kode surat
Kontak (nomor telepon, email, atau faksimile)
Kode pos