Boneka, lebih banyak dipakai sebagai mainan,
hingga suatu hari produsen film Anabelle bikin film tentang boneka yang tidak bisa diajak main-main.
Dalam perkembangannya, boneka bisa juga dijadikan sebagai identitas.
mendampingi logo, dalam mengkomunikasikan Brand. Namanya maskot.
[caption caption="si Kuprit: boneka Maskot Adaideaja"][/caption]
Sebagai Brand Identitiy, boneka berfungsi untuk souvenir yang diberikan kepada kolega, atau pada acara-acara tertentu, boneka maskot hadir sebagai Brand Ambassador (duta yang mewakili brand berkomunikasi dengan customer)
Bukan hanya tempat usaha saja, namun kini bermunculan boneka-boneka customized dengan karakter mewakili brand masing-masing.
Misalnya boneka untuk sekolah, organisasi, komunitas, instansi, untuk program acara, bahkan untuk Personal Branding atau diri seseorang saja.
![](https://assets.kompasiana.com/items/album/2015/09/03/boneka-stecy-maskot-sma-stella-duce-high-school-jogja-55e822f81cafbdf308dbfbf9.jpg?v=400&t=o?t=o&v=770)
![](https://assets.kompasiana.com/items/album/2015/09/03/bu-ning2-55e82339f97a61a20c527a4f.jpg?v=400&t=o?t=o&v=770)
![](https://assets.kompasiana.com/items/album/2015/09/03/boneka-maskot-bu-ning-55e82373f59273d807449b4f.jpg?v=400&t=o?t=o&v=770)
Untuk saya sendiri, saya memperkenalkan si kuprit, pertama kali tahun 2012.
Hasilnya? lebih terkenal si Kuprit ketimbang Wahyu Liz.
Seneng donk, visi untuk 5 tahun ke depan, Kuprit menerbitkan komik Khusus berbahasa Inggris, sebagai icon atau maskot khas Indonesia yang mendunia.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI