Mohon tunggu...
Achmad SFachrezzy
Achmad SFachrezzy Mohon Tunggu... Jurnalis - Journalis
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Kecintaan saya dengan bidang tulis menulis ( menulis di majalah, media online, buku hingga media lainnya). Pada akhirnya membuat saya selalu tertantang untuk selalu meningkatkan kemampuan saya dalam bidang tulis menulis

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Clubhouse, Media Sosial Favorit Para Pesohor Dunia, Bagaimana di Indonesia?

15 Maret 2021   16:39 Diperbarui: 15 Maret 2021   16:59 148
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber: Fox business

Jika saat ini banyak pesohor dunia baik seperti : Mark Zuckerberg, Oprah Winfrey, hingga Elon Musk. Serta beberapa publik figur di Indonesia, Joko Anwar, Ernest Prakasa, Arief Muhammad, Chef Arnold, hingga Rachel Vennya, mulai beralih ke media social clubhouse. Ada apa dengan clubhouse, seberapa keren fitur media social ini. 

Sejak Elon Musk secara tidak mengaja memperkenalkan clubhouse ke publik. Mungkin inilah momentum yang di tunggu-tunggu  oleh Paul Davison  dan Rohan Seth pada Maret 2020. Karena nyatanya sejak kejadian itulah  hingga saat ini clubhouse bagai melesat menyamai media social lain yang sudah sejak lama berada di panggung media social. 

Ada dua hal utama yang bisa kita jelaskan terkait para publik figur tersebut : (1) Mereka saat ini "tidak bisa berpaling ke clubhouse" (2) Mereka semakin nyaman dengan media social clubhouse. Mungkin bagi kita yang belum terbiasa mendengar media social clubhouse masih bingung. Apa itu clubhouse, dan apa bedanya media social clubhouse dengan clubhouse sesungguhnya.

Mungkin orang juga sudah  jelas, siapa Elon Musk sehingga bisa membuat dunia seolah menengok apa yang di lakukan  Elon dengan clubhousenya. Elon Musk, seorang jenius yang banyak memunculkan ide brilian serta pebisnis yang handal.  Pada saat itu seorang CEO Tesla dan SpaceX, Elon Musk melakukan sesi perbincangan lewat jejaring sosial tersebut lalu mengunggahnya di kanal YouTube.

Dari situlah hingga pada akhirnya clubhouse begitu mencuat dan menjadi trending topik untuk sebuah aplikasi media social yang cukup mendapatkan respon positif.  

Saat ini bukan hanya publik figur yang secara aktif menggunakan clubhouse. Tetapi begitu banyak kalangan top dunia sudah memanfaatkan aplikasi media social ini untuk media komunikasi mereka. Sekadar menjelaskan, saat ini clubhouse adalah platform tempat para orang-orang top seperti : selebriti terkenal, pemimpin perusahaan, investor Silicon Valley, dan beberapa pemberi pengaruh global top web menggunakan media social ini. Mereka dapat  melakukan obrolan grup audio tanpa sensor tentang kehidupan, hobi, pekerjaan, atau industri mereka.

6 HAL ISTIMEWA YANG BUAT CLUBHOUSE LANGSUNG TRENDING DI DUNIA 

Sebenarnya kemunculan clubhouse hingga menjadi trending di dunia, bukan semata karena  lebih melihat momentum yang tepat semata. Tetapi setidaknya ada 6 hal istimewa yang membuat clubhouse mampu menjadi magnet baru bagi para kalangan top dunia dalam melakukan komunikasi bisnis.

Dimana ke-6 hal istimewa tersebut coba kami bedah satu persatu sehingga bagi anda yang saat ini belum  familiar dengan clubhouse semakin memahaminya.

1. Clubhouse adalah sebuah media social yang basic-nya adalah layanan berbasis audio. Hampir sama dengan media social lain, jika IG fokusnya pada gambar atau photo  maka clubhouse fokus pada suara. Manfaatnya adalah para pengguna clubhouse bisa mengunggah suara  yang isinya bisa cerita, mengembangkan sebuah ide, memperdalam konteks persahabatan dan lainnya.

2. Clubhouse saat ini banyak di gunakan oleh tokoh dunia. Kenapa, karena keunggulan beberapa fitur  yang ada dalam media social  tersebut. Sehingga sejak di rilis oleh Paul Davison  dan Rohan Seth pada Maret 2020. Hingga saat ini clubhouse sudah memiliki 1.500 pengguna di dunia. Sekalipun belum besar, tapi yang menarik adalah valuasi marketnya sudah mencapai US$100 juta atau setara Rp1,4triliun.

3. Clubhouse adalah media komunikasi yang bersifat ekslusive. Karena anda baru bisa menjadi anggota atau pengguna clubhouse ketika anda mendapatkan undangan dari orang yang telah lebih dahulu menjadi pengguna aktif clubhouse tersebut.

4. Clubhouse juga istimewa karena beda dengan aplikasi media social lainnya. Karena untuk saat ini mereka yang bisa menggunakan clubhouse baru orang-orang yang menggunakan smartphone berbasis iOS alias pengguna Iphone dan iPad. Tetapi tidak perlu kuatir, karena dalam jangka waktu tidak terlalu lama lagi, bagi kalian yang menggunakan Androit pun sudah bisa menggunakan clubhouse.

5. Clubhouse hampir sama dengan media seperti podcast. Karena dengan clubhouse anda tidak akan bisa melakukan upload teks atau gambar, jadi hanya materi suara yang bisa anda upload. Tetapi kelebihannya,  bukan asal suara dalam arti hanya mendengarkan saja.  Tetapi anda juga bisa menjadi pembicara dalam forum atau ruang yang disediakan dalam clubhouse.  Dan semua topik atau tema boleh kalian bahas di ruang clubhouse.

6. Clubhouse saat ini sudah mulai booming di Indonesia.  Jadi  tidak perlu heran, dalam kondisi ekonomi yang masih belum normal. Dimana kita masih di batasi untuk bisa bertemu dengan orang. Maka clubhouse bisa jadi sarana komunikasi yang efektif dalam artian di gunakan untuk tujuan bisnis sesuai dengan kelebihan dan  fungsi clubhouse itu sendiri.

CRM CLUBHOUSE, MUNGKINKAN BISA JADI SOLUSI BISNIS SAAT INI.... TENTU BISA !!!!

Perkembangan teknologi memang pada akhirnya menjadi salah satu cara untuk mereka yang memiliki ide brilian dan jenius melihat adanya kesempatan. Seperti juga dengan clubhouse, jelas kehadirannya adalah untuk mengisi celah market yang belum ada. Sehingga tidak heran jika begitu muncul langsung di respon cukup bagus. Karena aplikasi ini bisa menjadi salah satu solusi bisnis bagi mereka .

Dengan tujuan yang sama dengan CRM ( Customer Relationship Management). Aplikasi inipun memiliki fungsi yang sama yaitu memberikan tingkat kepuasan yang maksimal kepada customer/ klien dari sebuah perusahaan.  Maka tidak heran jika kedepan kolaborasi kedua aplikasi ini bisa menjadi salah satu strategi bisnis yang bagus. Karena keduanya bisa memperkuat keunggulan dari masing-masing aplikasinya.

Sedikit menjelaskan soal CRM Barantum sendiri yang saat ini terus melakukan terobosan terbaiknya demi memuaskan customernya.  Dengan adanya kolaborasi dengan Manajemen Whatsapp dan  menjadi Whatsapp Official Partner Indonesia. Ini semakin memberikan satu bukti bahwa keberadaan Barantum CRM adalah sebagai media untuk meningkatkan kualitas customer dari regular customer menjadi loyal customer.

Karena dengan adanya kolaborasi bisnis tersebut. Pada akhirnya customer akan bisa mendapatkan fitur baru yang cukup menjanjikan sebagai media alternatif dalam proses komunikasi bisnis. Adalah  Whatsapp CRM dan Whatsapp Ticketing. Inilah dua fitur baru yang terlahir dari adanya kolaborasi bisnis Barantum dengan Manajemen Whatsapp.

Pada akhirnya dengan adanya kolaborasi tersebut, aplikasi Barantum CRM makin lengkap fitur dan keunggulannya. Dan bagi pengguna ( customer  Barantum yang saat ini bisa di nikmati oleh sekitar 20-an lebih jenis industri yang ada di Indonesia). Maka peningkatan revenue perusahaan makin bisa di target dengan baik dan benar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun