Mohon tunggu...
ACHMAD RIFQIFADHILLAH
ACHMAD RIFQIFADHILLAH Mohon Tunggu... Aktor - Mahasiswa Program Studi Geografi Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin

Main bola, dan travelling

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Transportasi Umum Bus Trans Banjarmasin di Kota Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan

11 September 2024   10:10 Diperbarui: 11 September 2024   10:11 479
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Latar Belakang

Kebutuhan akan transportasi merupakan kebutuhan turunan yang muncul akibat permintaan atas komoditas lain. Permintaan untuk bekerja, bersekolah, berbelanja atau aktivitas-aktivitas lainnya menghasilkan mobilitas yang disebut transportasi. Transportasi terbentuk dari komponen sarana, prasarana dan manusia, seluruh yang ada dalam komponen tersebut harus tertata dengan baik untuk menciptakan sistem transportasi yang baik. Tingkat kebutuhan terhadap suatu sistem transportasi untuk setiap daerah di Indonesia berbeda, hal tersebut sangat dipengaruhi oleh tingkat pertumbuhan dan perkembangan wilayah serta karakteristik kondisi fisik, demografis, sosial, ekonomi dan kultural yang berbeda pada tiap wilayah di Indonesia.

Angkutan umum merupakan sarana transportasi yang mempunyai peranan yang cukup besar bagi setiap individu untuk melakukan perjalanan dalam melaksanakan aktivitasnya. Terminal merupakan tempat pemberhentian angkutan umum baik angkutan kota maupun antar kota.

Trans Banjarmasin adalah layanan angkutan umum berbasis bus raya terpadu di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, yang menerapkan mekanisme subsidi BTS (Buy The Service) dan diselenggarakan berdasarkan standar pelayanan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Transportasi ini bertujuan untuk mengurangi kemacetan di kota, memberikan pilihan transportasi yang aman dan nyaman, serta mendukung upaya pengurangan polusi dengan mendorong masyarakat menggunakan transportasi umum.

Dulu sebagian besar warga Provinsi Kalimantan Selatan hanya bisa melihat di televisi yang namanya bus trans Jakarta sebagai angkutan umum modern yang tidak terbayangkan akan ada serupa di daerah mereka. Tapi sekarang mimpi untuk merasakan kemajuan transportasi umum seperti di ibu kota negara itu sudah terpampang nyata, sejak mulai diwujudkannya program kota metropolitan di Kalimantan Selatan (Kalsel).

Program kota metropolitan Kalsel dituangkan dalam Peraturan Pemerintah nomor 17 tahun 2017 yakni meliputi Kota Banjarbaru, Kota Banjarmasin, Kabupaten Banjar, Kabupaten Tanah Laut, dan Kabupaten Barito Kuala.

Tujuan dari karya ilmiah ini adalah untuk mengetahui perkembangan angkutan umum atau transportasi umum di Kota Banjarmasin.

Pembahasan

Gambaran Umum Kota Banjarmasin

Kota Banjarmasin secara geografis terletak antara 3° 16’ 46’’ sampai dengan 3° 22’ 54’’ Lintang Selatan dan 114° 31’ 40’’ sampai dengan 114° 39’ 55’’ Bujur Timur.

Berada pada ketinggian rata-rata 0,16 m di bawah permukaan laut dengan kondisi daerah relatif datar dan berpaya-paya. Pada waktu air pasang hampir seluruh wilayah digenangi air.

Kota Banjarmasin berada di sebelah selatan Provinsi Kalimantan Selatan, berbatasan dengan:

 » Di sebelah utara dengan Kabupaten Barito Kuala.

 » Di sebelah timur dengan Kabupaten Banjar.

 »  Di sebelah barat dengan Kabupaten Barito Kuala.

 »  Di sebelah selatan dengan Kabupaten Banjar.

Sesuai dengan kondisinya Kota Banjarmasin mempunyai banyak anak sungai yang

dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai sarana transportasi selain dari jalan darat yang sudah ada.

Kota Banjarmasin memiliki lima Kecamatan yaitu Kecamatan Banjarmasin Selatan, Kecamatan Banjarmasin Timur, Kecamatan Banjarmasin Barat, Kecamatan Banjarmasin Tengah, dan Kecamatan Banjarmasin Utara.

Untuk jumlah keseluruhan kelurahan di Kota Banjarmasin sendiri adalah 52 kelurahan.

Kota Banjarmasin terletak dekat muara Sungai Barito dan dibelah oleh Sungai Martapura, sehingga seolah-olah menjadi 2 bagian.

Kemiringan tanah antara 0,13% dengan susunan geologi terutama bagian bawahnya didominasi oleh lempung dengan sisipan pasir halus dan endapan aluvium yang terdiri dari lempung hitam keabuan dan lunak.

Luas Kota Banjarmasin 98,46 km persegi atau 0,26 persen dari luas wilayah Propinsi Kalimantan Selatan, terdiri dari 5 kecamatan dengan 52 kelurahan. Kecamatan Banjarmasin Selatan merupakan kecamatan yang terluas dengan persentase sebesar 38,90 persen (38,30 Km2).

Curah hujan pada tahun 2023 sebanyak 2.170,0 mm (lebih rendah dari tahun sebelumnya yaitu sebesar 2.788,4 mm). Curah hujan tertinggi terjadi pada bulan Februari 2023 yaitu 404,6 mm. Selain itu, jumlah hari hujan sebanyak 181 hari pada tahun 2023 atau lebih rendah jika dibandingkan dengan tahun 2022 yaitu sebanyak

258 hari hujan. Hari hujan terbanyak terjadi pada bulan Januari 2023 yaitu sebanyak 24 hari hujan.

Suhu rata-rata selama tahun 2023 sebesar 27,48ºC. Suhu tertinggi mencapai 37,6ºC pada bulan September 2023. Suhu terendah adalah sebesar 19,4ºC  yang terjadi pada bulan Agustus 2023.

Rata-rata kelembaban udara selama tahun 2023 adalah sebesar 81,13%, dengan kelembaban udara tertinggi berada pada bulan Februari dan Oktober 2023 yaitu sebesar 100,00%.

Rata-rata harian penyinaran matahari pada tahun 2023 mencapai 5,6 jam, dengan penyinaran terlama berada pada bulan Agustus 2023 sebesar 8,6 jam dan penyinaran paling sedikit pada bulan Januari 2023 sebesar 2,5 jam.

Transportasi Umum Bus Trans Banjarmasin

Pemerintah Kota Banjarmasin memiliki armada angkutan massal yakni Bus Trans Banjarmasin. Pemerintah Kota Banjarmasin berinisiatif melayani warganya dengan diluncurkannya Bus Trans Banjarmasin atau lebih dikenal bus Tayo (dari nama film kartun bus) pada 17 Februari 2020.

Bus Trans Banjarmasin melayani beberapa rute penting yang menghubungkan berbagai titik utama di kota, seperti:

  • Pasar tradisional
  • Pusat pemerintahan
  • Kawasan perumahan
  • Area komersial

Armada bis yang digunakan umumnya modern dan dilengkapi dengan AC untuk kenyamanan penumpang. Beberapa bis juga memiliki kapasitas besar untuk mengakomodasi jumlah penumpang yang lebih banyak.

Bus Trans Banjarmasin ini totalnya ada 17 unit. Lima diantaranya baru saja diresmikan.

Dari 17 unit bus ini melayani untuk empat koridor. Tiga koridor ada empat bus melayani penumpang. Sedangkan satu koridor ada lima bus.

Rute Bus Trans Banjarmasin melayani koridor 1 jalur Pasar Antasari - Kayu Tangi.

Koridor 2 Pasar Antasari - Terminal KM 6. Koridor 3 jalur Pasar Antasari - Jembatan Bromo Mantuil. Dan terbaru yakni koridor 4 yakni jalur Sungai Andai - Teluk Tiram. Penambahan koridor 4 itu dikarenakan adanya permintaan masyarakat untuk rute Sungai Andai – Teluk tiram. Dan bertujuan mengurai kemacetan lalu lintas pada kawasan tersebut.

Penambahan armada umum itu juga bertujuan untuk mengubah kebiasaan masyarakat yang selama ini sering menggunakan transportasi pribadi untuk berpergian. Lima bus BRT Trans Banjarmasin yang baru ini lebih besar dari yang sebelumnya, yakni bisa maksimal mengangkut sebanyak 20 penumpang, sedangkan yang lama hanya sekitar 12 penumpang.

Tarif yang ditetapkan biasanya cukup terjangkau untuk masyarakat umum, sehingga lebih murah dibandingkan moda transportasi lainnya. Untuk saat ini BRT Bus Trans Banjarmasin masih gratis.

Apabila di berlakukan tarif naik bis, bagi yang ingin menumpang Bus Trans Banjarmasin (Bus Tayo), disarankan untuk mempersiapkan pembayaran non tunai. Yakni, bisa dengan QRIS, kartu E-Money, maupun aplikasi pembayaran digital lainnya.

Bis beroperasi dari pagi hingga sore atau malam, tergantung rutenya. Biasanya, jam operasionalnya mengikuti aktivitas warga kota. Bus Trans Banjarmasin beroperasional awal pada pukul 05.00 Wita hingga 21.00 Wita pada masing-masing koridor yang tersedia. Untuk waktu tunggu bus dalam menunggu penumpang yang menggunakan jasa Trans Banjarmasin tak lebih dari 15 menit.

Solusi Pengurangan Kemacetan dan Polusi Udara

Data dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) juga menunjukkan bahwa transportasi paling dominan, sektor transportasi merupakan faktor terbesar pencemaran udara yaitu sebesar 44 persen.

Mengurangi Pemakaian Kendaraan Bermotor atau kendaraan ramah lingkungan memang masih sulit didapatkan. Sebagai gantinya, kurangi penggunaan kendaraan bermotor pribadi dan membiasakan memakai kendaraan umum contohnya transportasi umum modern trans Banjarmasin. Tidak hanya mengurangi polusi udara, namun juga mengurangi dan mengurai kemacetan di Kota Banjarmasin.

Kesimpulan

Kebutuhan akan transportasi merupakan kebutuhan turunan yang muncul akibat permintaan atas komoditas lain. Permintaan untuk bekerja, bersekolah, berbelanja atau aktivitas-aktivitas lainnya menghasilkan mobilitas yang disebut transportasi.

Pemerintah Kota Banjarmasin berinisiatif melayani warganya dengan diluncurkannya Bus Trans Banjarmasin atau lebih dikenal bus Tayo.

Bus Trans Banjarmasin ini totalnya ada 17 unit untuk melayani 4 koridor, yaitu : koridor 1 jalur Pasar Antasari - Kayu Tangi, koridor 2 Pasar Antasari - Terminal KM 6, koridor 3 jalur Pasar Antasari - Jembatan Bromo Mantuil dan terbaru yakni koridor 4 yakni jalur Sungai Andai - Teluk Tiram.

Dengan adanya fasilitas Bus Trans Banjarmasin ini diharapkan mengurangi polusi udara, namun juga mengurangi dan mengurai kemacetan di Kota Banjarmasin.

Referensi

BPS. 2024. Banjarmasin dalam angka tahun 2024. Badan Pusat Statistik

Calista Aziza. 2022. Transportasi umum di Kalsel yang sudah terasa seperti Trans Jakarta. https://elshinta.com

Eka Pertiwi. 2023. Miliki 17 Armada, Ini Jadwal dan Rute Bus Trans Banjarmasin. tribunnews.com

Eka Pertiwi. 2023. Layani 4 Koridor, Ini Tarif Naik Bus Trans Banjarmasin. tribunnews.com

Jumarto Yulianus. 2021. Angkutan Massal dengan Skema BTS di Banjarbakula Butuh Dukungan Pemda. https://www.kompas.id

Noor Masrida. 2023. Tambah Satu Koridor, Dishub Bakal Tambah Lagi 5 Unit Armada Bus Trans Banjarmasin. tribunnews.com

Taufik Ridwan. 2024. Dishub Banjarmasin sesuaikan jam operasional Bus Trans saat Ramadhan. Antara News

Taufik Ridwan. 2023. BRT Trans Banjarmasin tambah koridor dan armada pada 2023. Antara News

Wikipedia. 2024. Trans Banjarmasin. https://id.wikipedia.org/

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun