Alhamdulillah. Satu kata yang mewakili awal April tahun ini karena Ramadan sudah berada pada pertengahan bulan. Penulis bersyukur masih bisa melakukan banyak hal positif yang membuat Ramadan makin produktif. Salah satu yang penulis lakukan yaitu ikut serta dalam kompetisi lomba menulis bersama JNE yang berkolaborasi dengan salah satu platform media online. Sebagai apresiasi kebersamaan dengan #JNE, penulis juga menulis artikel ini sekaligus untuk berbagi informasi terkait Program Senyum Berkah Ramadan 2023.
   Setiap perusahaan tentu berlomba untuk menularkan semangat berbagi terhadap sesama di bulan suci. Sebagai layanan yang berkontribusi terhadap jasa pengiriman di Indonesia, JNE punya kegiatan yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Perusahaan nasional yang berdiri sejak tahun 90an ini bikin kolaborasi bersama stakeholder terkait untuk memberi manfaat lebih luas bagi masyarakat dalam rangka #JNE32Tahun. Berikut program-program yang diadakan:
1. Program Promo Gajian
Program ini bekerja sama dengan seller dari member JLC, yang mana setiap pembelian via merchant berpartisipasi akan mendapat hemat ongkos kirim untuk layanan YES dan Reguler. (Syarat dan ketentuan berlaku)
Program ini punya konsep giveaway melalui seluruh media sosial JNE dengan kuis Si JONI spesial Ramadan yang merebutkan hadiah produk dari jenama-jenama lokal ternama seperti Itang Yunasz, Ija Kroeng, Jeffry Tan, Kamiidea, dan brand lain. Semarak ramadan dari game si JONI memberi kesempatan #TemanJNE dapat hadiah yang diinginkan dari brand-brand yang sudah disebutkan tadi.
Tak hanya sekadar aktivitas online, secara offline JNE juga berbagi takjil untuk pelanggan dan masyarakat sekitar yang berada di cabang JNE untuk beberapa kota. Jangan lupa tersenyum ya buat Kompasianer yang sudah dapat gratis takjilnya!
3. Program THR
Bagi Kompasianer yang mendengar kata "THR" pasti langsung berharap supaya dapat. Cuma kalau kita hanya bisa raih THR bila menang dalam program "Samber THR Kompasiana 2023". Sementara program THR dari JNE berlaku untuk member JNE Loyalty Card (JLC).
Member JLC terpilih diambil dari transaksi dan pengiriman dalam jumlah banyak selama bulan lalu. Mereka akan mendapat benefit free ongkir untuk produk Mandjha Ivan Gunawan. Ada juga diskon ongkos kirim 50 % untuk pengiriman service international dengan tujuan negara Saudi Arabia, Turki, Qatar, Mesir, Uni Emirat Arab, Yordania, Kuwait, Bahrain atau Oman dari 23 Maret sampai dengan 21 April 2023. Lebih menariknya, member terpilih dapat menukar poin JLC menjadi donasi ke Rumah Zakat.
4. Program Desain Ramadan
Meski JNE hanya fokus pada bidang usaha jasa pengiriman dan pendistribusian barang saja, kolaborasi bareng juga dilakukan dengan seniman digital dalam konsep art work. Angkasa Nasrullah Emir dari Studio Tab Space Bandung menjadi sosok seniman yang mendapat ruang untuk berkarya. Output desain atau hasil karya Angkasa menghiasi pintu (gate) bertema Ramadan yang bisa Kompasianer lihat di Kantor JNE Pusat dan kantor cabang lain. Ornamen desain juga bisa ditemui pada jadwal imsakiyah, amplop THR, desain armada tematik, dan aktivasi Augmented Reality melalui postingan media sosial.
   Lalu, apa tujuan 4 program tersebut digelar sekaligus tahun ini?
"Di momen Ramadan dan Idul Fitri 2023, semangat berbagi diharap dapat meningkatkan kebutuhan pengiriman paket. Oleh karena itu, dengan tagline #ConnectingHappiness, JNE pun ingin berbagi melalui berbagai program - program menariknya. Kali ini, pelanggan setia dapat semakin mudah dan nyaman dalam mengirimkan paket ke seluruh Indonesia. JNE memberikan dukungan nyata kepada para online seller atau UKM di momen spesial dengan ragam program yang memberi senyum berkah", ujar Eri Palgunadi selaku VP of Marketing JNE.
Jangan sampai Kompasianer kehilangan harapan untuk tidak produktif saat bulan Ramadan seperti sekarang. Layanan jasa pengiriman akan menjadi kendaraan tempur untuk kegiatan berbisnis pada era digital. Tanpa ragu lagi, penulis jarang sekali pakai jasa pengiriman yang lain. JNE selalu menjadi pilihan sebab ekspansi usahanya makin banyak seperti layanan jasa pengiriman makanan khas daerah (PESONA), jasa kepabeanan, penjemputan di bandara, dan pengiriman uang atau money remittance.
Jumlah target peningkatan pengiriman JNE melesat berada di atas 20-30% saat peak season seperti Ramadan dan Idul Fitri. Dari siar rilis yang penulis baca, JNE akan memastikan berbagai antisipasi dan persiapan lonjakan permintaan kirim barang contohnya dengan penambahan sektor SDM dan armada. Selain itu, layanan jasa pengiriman yang selalu mendukung UMKM Go Digital ini menghadirkan titik-titik layanan yang beroperasi selama 24 jam, khususnya Kantor Pusat dan Kantor Cabang di kota-kota besar setiap provinsi demi melayani kebutuhan pengiriman pelanggan. #JNEBangkitBersama
Proses pengiriman barang apapun jadi bebas hambatan. Semua kebutuhan Ramadan dan lebaran bisa dipersiapkan dengan memanfaatkan pengiriman JNE yang punya jaringan dan mitra begitu luas. Asyiknya, Kompasianer akan selalu senyum penuh berkah saat mengikuti program-program bersama JNE pada momen Ramadan tahun ini.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI