Mohon tunggu...
achmad soheh
achmad soheh Mohon Tunggu... Konsultan - Professional
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Ekosistem Logistik Dalam Negeri adalah sebuah program yang bertujuan untuk memaksimalkan dan mengoptimalkan potensi pasar dalam negeri yang ada di Indonesia, sehingga program ini mensinergikan 5 komponen bisnis yang ada dalam ekosistem tersebut : Kementerian ( pusat dan daerah), Perhimpunan / Asosiasi UMKM, Corporate/ Perusahaan, Perusahaan Logistik Dalam Negeri serta Pelaku bisnisnya sendiri.

Selanjutnya

Tutup

Money

4 Kebijakan Sistem Ekspor Indonesia, Guna Mendukung Performance Ekspor Indonesia

14 September 2022   14:40 Diperbarui: 14 September 2022   15:06 243
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber photo : smesco

Saat ini bisa di katakan Ketika ekonomi sudah mulai membaik setelah pandemi covid melanda dunia. Maka satu hal yang bisa menjadi concern Indonesia dan negara lainnya adalah meningkatkan potensi ekspor. Karena dengan tingginya nilai ekspor akan semakin memperkuat kondisi ekonomi sebuah negara.

Berdasarkan kondisi itulah, maka saat  ini Indonesia juga mulai menggencarkan peluang ekspor untuk semua pelaku bisnis di Indonesia. Bukan karena momentum ini harus di jalankan, juga karena saat ini adalah saat  yang tepat untuk semua pihak melakukan aktivitas ekspor untuk menunjang peningkatan potensi ekspor yang ada di Indonesia. Sehingga Ketika  kemampuan ekspor semakin meningkat maka kemampuan Indonesia untuk bisa mendapatkan tambahan penghasilan bisa di tingkatkan.

Oleh karena itulah, hingga pada akhirnya Pemerintah selaku pemegang regulasi ekspor melakukan beberapa pendekatan. Salah satunya adalah untuk membangkitkan semangat ekspor  pelaku bisnis agar bisa  meningkatkan ekspor ke semua negara yang bisa menjadi tujuan ekspornya.    Dengan demikian maka bisa di pastikan bahwa kedepan   Indonesia akan menjadi salah satu negara eksportir terbesar di dunia.

Hal itu bisa saja terjadi mengingat potensi produk ekspor Indonesia yang setiap tahunnya meningkat dengan beragam jenis dan variasi produk ekspor.  Sehingga di harapkan dengan adanya peningkatan ekspor dari beberapa produk itulah Indonesia bisa semakin menguasai pasar ekspor dunia.

 

10 Produk Utama Indonesia  Yang Mampu Bersaing di Pasar Global 

Indonesia sebagai negara yang terkenal dengan sumber daya alamnya yang berlimpah. Sudah barang tentu ini akan menjadi salah satu potensi bagus dalam pengembangan produk ekspor yang semakin membaik  dimana depan. Setidaknya dari beberapa jenis produk  yang saat ini menjadi  produk unggulan ekspor kita bisa lihat bahwa memang Indonesia punya kemampuan kearah sana.

1. Produk Perikanan Indonesia  yaitu Produk Udang

Produk Udang menjadi salah satu komoditi ekspor yang cukup banyak peminatnya di luar negeri, sehingga banyak negara yang concern dan berminat terhadap produk unggulan ekspor dari Indonesia yaitu Udang.

2. Produk Perkebunan Indonesia yaitu Produk Kopi

Produk unggulan ekspor Indonesia adalah produk kopi. Hal itu sesuai dengan cita rasa produk kopi yang ada di Indonesia. Sehingga tidak salah jika hingga saat ini banyak negara yang tertarik dengan produk kopi Indonesia.

3. Produk Perkebunan Indonesia yang masuk dalam produk unggulan dunia

Ada sekitar 3 produk unggulan ekspor Indonesia yang saat ini cukup banyak di minati karena potensi produksi produk tersebut yang ada di Indonesia seperti misalnya : Produk Perkebunan Karet, Kelapa Sawit dan Kakao ( Coklat ). Note untuk produk Kelapa sawit ( produk nomor 3), Karet ( produk nomor 4 ) dan Cacao/ Coklat ( produk nomor 5) 

6. Produk lain yang menjadi produk  unggulan adalah Produk TPT

Produk ini juga menjadi salah satu produk unggulan ekspor karena dunia tahu kualitas dari produk TPT Indonesia.

 7. Produk unggulan lain adalah Produk Alas Kaki.

Dimana  untuk  produk yang satu ini jelas karena adanya budaya Timur yang mempengaruhi kondisi orang  hingga pada akhirnya menggunakan alas kaki. Sehingga berdasarkan kondisi itulah, membuat  produk alas kaki menjadi sebuah produk unggulan Indonesia.

 8. Produk  ekspor yang berasal dari Industri yaitu Produk Elektronik

Terkait dengan keberadaan produk elektronika, memang  ini juga sebuah  pencapaian yang sempat berkembang hingga saat ini. Sekalipun ada negara  Asia lain seperti Cina, Jepang dan lainnya  yang juga sebagai produsen produk elektronik, tetapi Indonesia saat  ini juga dianggap sebagai salah satu produsen elektronik yang telah berkembang.

  9. Produk ekspor yang berasal dari Industri yaitu Produk Kendaraan bermotor

Dimana  beberapa negara tujuan ekspor yang sudah di jadikan acuan ekspor kendaraan    

 10. Produk unggulan lainnya yang masuk dalam 10 besar adalah Furniture

Dunia tahu bahwa produk furniture Indonesia  terkenal dengan kualitas produknya sehingga banyak negara di dunia  yang menjadi negara tujuan ekspor untuk produk furniture.

4 Kebijakan Penunjang Perkembangan Ekspor Indonesia 

 

Guna menunjang dan meningkatkan performance bisnis dan ekspor Indonesia itulah, hingga pada akhirnya Indonesia melalui kementerian terkait melakukan beberapa terobosan. Dimana beberapa terobosan yang  bisa menjadikan ekspor  Indonesia meningkat adalah adanya kebijakan ekspor.

Kita bisa tahu ada sekitar 4 kebijakan ekspor yang  bisa meningkatkan pertumbuhan ekspor Indonesia di masa kini dan mendatang.  Dimana beberapa kebijakan tersebut sudah mulai di jalankan dengan deskripsinya seperti berikut :

  • Kebijakan Pertama : Melakukan Penyederhanaan terkait system Pengurangan Jumlah Larangan dan Pembatasan untuk kegiatan ekspor.
  • Tujuan dari kebijakan ini adalah sudah jelas yaitu agar aktivitas ekspor Indonesia bisa bersaing dengan negara eksportir lainnya. Hingga pada akhirnya Indonesia dengan adanya beberapa kebijakan tersebut bisa memberikan daya saing terbaik untuk Indonesia.
  • Kebijakan Kedua : Melakukan Penyederhanaan terkait system Pengurangan Jumlah Larangan dan Pembatasan untuk kegiatan impor.
  • Tujuan dari kebijakan ini adalah agar ketersediaan bahan baku yang pada akhirnya akan bisa meningkatkan ekspor produk yang bersangkutan bisa lebih meningkat.  Sehingga harapannya kedepan ekspor Indonesia justru akan lebih meningkat.
  • Kebijakan Ketiga : Melakukan Percepatan system aktivitas ekspor dan impor terkait peningkatkan reputable traders.
  • Artinya adalah kebijakan tersebut di buat untuk meningkatkan performance perusahaan yang terkait ekspor dan impor agar bisa memiliki tingkat kepatuhan  yang  tinggi.
  • Kebijakan Keempat : Melakukan Peningkatan system untuk  Percepatan Layanan Proses ekspor dan impor dengan melakukan pengawasan melalui pengembangan NLE ( National Logistics Ecosystem).

Itulah ke-4 kebijakan yang saat  ini sedang di jalankan oleh pemerintah Indonesia dalam rangka  untuk meningkatkan performance aktivitas ekspor yang ada di Indonesia ke beberapa negara tujuan ekspor.  Dimana terkait untuk terjadinya ecosystem yang ada di industri logistic, saat ini Abang Express sebagai salah satu pelaku bisnis logistic yang berorientasi ekspor. Dimana salah satu visi dan misinya adalah untuk membantu meningkatkan performance ekspor dari pelaku bisnis UMKM  yang ada di Indonesia.


 

 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun