Untuk bikin pemasaran tepat sasaran, dibutuhkan data dari konsumen. data-data yg dibutuhkan beragam rupa. saya ambil contoh di pasaran buku, data-data yg dibutuhkan dari konsumen contohnya:
1. Tema buku yang lagi heboh di pasar
2. Penulis yg lagi naik daun
3. Orientasi cara pembayaran
4. Orientasi cara pengiriman barang
5. Waktu-waktu ramai transaksi
6. Waktu-waktu sepi transaksi
7. Jenis buku apa yg tidak disukai
8. Media komunikasi apa yg jadi favorit untuk bertransaksi
9. Pola pikir calon pembeli
10. Cara apa yg biasanya efektif untuk closing
Data-data diatas bisa didapat dengan pola kerja yg telaten dan sistematis.
Saya sendiri selama 5 tahun jualan buku sudah punya database sendiri, setiap nomor yg kontak saya, sebisa mungkin saya simpan, dan diadakan komunikasi timbal balik di saat-saat yg pas.
Sekarang masanya big data, yakni siapa yg kuasai data (pasar), dia yg kuasai ekonomi. Tidak harus jadi perusahaan besar untuk punya database pasar, mulailah dari yg kecil. Dengan kata lain, milikilah dulu data medan tempur, sebelum terjun bertempur.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI