buat orang-orang yg seumuran dengan admin, tahun 2017-2020 mungkin jadi tahun-tahun untuk cari kerja. ini beberapa tips yg bisa ngelancarin proses wawancara kerja:
1. cari tau tentang calon tempat kerja, orang yang ngurus masalah perekrutan dan kesempatan kerja yang ada
sebelom terjun bertempur, siapkan dulu data seluk-beluk "musuh", supaya tau celah-celah yang kiranya bisa dipake buat ngelancarin misi.
cari tau seluk beluk calon tempat kerja lewat internet, kerabat, orang dalem dll.
2. paham pertanyaan pasaran
ada beberapa pertanyaan yang pasaran, selalu ditanya sama perekrut kepada calon pekerja. pahami pertanyaan-pertanyaan ini, biar kagak kepeleset. malu maluin kalo ditanyain pertanyaan pasaran aja udah kepeleset.
oh ya, cari tau juga saat diwawancara itu yang nanyain ada beberapa orang. beda jumlah penanya, beda taktik.
3. pake baju yang kiranya pas
kultur tiap tempat kerja itu beda-beda, jadi cari tau dulu kulturnya, terutama gaya berpakain yg umum disitu.
orang yang pake baju formal belom tentu dilirik, apalagi banyak usaha baru yang dibuat anak muda sekarang yg mereka itu carinya orang-orang bergaya riang gembira.
beda ladang, beda ilalang.
4. tepat waktu
dateng buat wawancara bagusnya tepat waktu, malah nunggu bentar kagak masalah.
telat itu bikin pikiran kacau.
nih ya, banyak orang yang kebiasaanya telat, tapi pas mau kerjasama sama orang, dia tetep mau pas waktunya.Â
realita di lapangan begitu.
5. buat kesan pertama yang indah
mayoritas orang tu ya, nilai orang lain dari pandangan pertama. jarang-jarang ada yang mau mikir mendalam setiap ketemu orang baru.
bagusnya, berlaku ramah kepada tiap orang yang baru ditemui. banyak perekrut pekerja baru itu yang ngamatin tindak-tanduk si calon di luar ruang wawancara.
jadi, buatlah kesan pertama yg indah.
6. percaya diri, fokus, jelas dan kagak ngeledek mantan majikan
percaya diri, fokus, jelas itu jelas dibutuhkan saat wawancara, karena biasanya ya, kalo kagak ada 3 itu, orang bakal gemeteran, sakit perut ama pusing. buyar dah.
juga jangan ngeledekin mantan majikan pas wawancara. lu kagak tau, mungkin aja calon tempat kerja anda ada hubungan khusus dengan mantan majikan anda.
biasain jangan seleding orang biar diri sendiri naek.
7. perhatiin bahasa tubuh
ada orang yang ngomongnya kemana, tapi bahasa tubuhnya ceritain yg laen.
yah, bahasa tubuh itu relatip di tiap tempat, jadi, sesuaikan saja.
tapi, ada bahasa yang menurut admin universal buat bikin orang yakin, yaitu: tatapan mata yg mantep, posisi duduk yang cocok, gaya bicara yang enak sama tangan yang kagak gatelan.
8. buat pertanyaan balik yang nancep
kadang pewawancara bikin pertanyaan yang buat si calon kepeleset. balikin tuh dengan yang lebih nancep.
kemungkinannya 2, anda ditolak mentah-mentah atau malah dikagumi dan langsung diterima.
pertanyaan yg nancep itu ya, biasanya dibuat sama orang yg udah cari-cari info. usaha ini biasanya dihargai sama pewawancara.
9. tampakkan diri anda sebagai pemecah masalah
suatu usaha itu cari orang baru yang bisa mecahin masalah, bukannya beban baru.
10. ucapkan terima kasih
ucapkanlah terima kasih kepada semua pihak yang terlibat.
ucapan terima kasih itu pendek, tapi efeknya dahsyat.
BONUS:
ADA KONEKSI ORANG DALEM!
tulisan ini banyak dirubah dari aslinya sama saya, karena saya masukin pengalaman saya sendiri sebagai pemilik usaha.
sumber:
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H