Mohon tunggu...
Jong Celebes
Jong Celebes Mohon Tunggu... Administrasi - pengajar

"Tidak ada kedamaian tanpa Keadilan"

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

7 Layanan Inovasi JNE bagi Kenyamanan Konsumen

2 Maret 2016   17:03 Diperbarui: 2 Maret 2016   17:39 651
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 

[caption caption="7 Magnificent Layanan terbaru JNE (dokpri)"][/caption]

Dunia telah memasuki era digital. Kondisi tersebut telah mengubah cara masyarakat dalam berkomunikasi dan berbisnis. Salah satu diantaranya dengan lahirnya digital commerce, yang merupakan kelanjutan dari e-commerce. Dunia digital ini menghasilkan kemudahan dalam segala hal, dunia seperti berada dalam genggaman, just one click. Gadget atau Smartphone kita sudah bisa dugunakan untuk berbagai layanan transaksi baik itu tranksaksi keuangan dan maupun bisnis.

efek selanjutnya adalah menjamurnya Industri–industri kreatif di dunia maya. (ineternet). Fenomena ini tidak saja terjadi di Indonesia,  tapi hampir di seluruh dunia. Hal ini yang mendorong JNE, perusahaan jasa pengiriman ekspres dan logistik skala nasional untuk menciptakan inovasi layanan yang berbasis digital atau Teknologi Informasi dengan investasi besar-besaran di sektor IT. Hampir 55 Milyar dana investasi yang diunakan untuk pengembangan Teknologi dan Informasi. Layanan kepada konsumen tersebut diberi nama ‘7 magnificent’ atau 7 yang mengagumkan.

Senin, 29 Februari 2016, bertempat  di D Consulate, Epicentrum JL. H.R Rasuna Said Kuningan Jakarta Selatan, JNE resmi memperkenalkan 7 layanan terbarunya yang diberi nama 7 Magnificent JNE. Ketujuh program tersebut adalah Aplikasi My JNE, JNE-PopBox, @Box Prepaid, Promo JNE Super Speed, JNE International Shipment, Layanan CD dan Music dan JNE Trucking.

Pertama,Layanan My JNE adalah layanan aplikasi berbasis android yang bisa diunduh dari smartphone. Setelah mengunduh aplikasi ini di smartphone, kita sudah bisa mengecek tarif pengiriman barang ke seluruh Indonesia, memonitor status pengiriman, mengecek lokasi JNE terdekat serta melakukan transaksi jual beli antara penjual dan pembeli individual.

Dengan adanya layanan ini, kita tidak perlu lagi repot untuk mendatangi kantor pusat atau cabang/gerai JNE seperti yang selama ini saya lakukan. Cukup memakai Smartphone kita bisa mengetahui status pengiriman kita. Inilah bentuk kemajuan teknologi.

Selain itu, fitur-fitur dalam aplikasi ini, sudah dilakukan pembaharuan dari versi sebelumnya. misalnya sejarah/histori data pengiriman yang terhubung dengan nomor telepon pengguna serta memiliki fitur My COD (Cash on Digital), fitur ini memungkinkan para penjual individual bisa menghubungkan dengan data pesanan toko online yang sudah terhubung dengan sistem JNE. Pengguna tinggal masuk ke menu My COD kemudian melakukan register.

[caption caption="My JNE salah satu Layanan terbaru JNE berbasis aplikasi android"]

[/caption]

Kedua,Layanan PopBox. Layanan ini diperuntukkan bagi pengguna yang memiliki mobilitas tinggi dan selalu bergerak. Dengan layanan ini, kita tidak harus menunggu kurir untuk mengantarkan kiriman kita ke ke rumah. Karena kiriman kita bisa kita ambil di PopBox JNE yang tersedia di berbagai tempat.

Konsumen diberikan kemudahan dengan fasilitas berupa loker otomatis tempat menaruh paket kiriman yang ditempatkan di beberapa titik strategis di Jakarta. Sampai saat ini ada sekitar 32 titik lokasi PopBox diantaranya Mall, Kampus, Mini Market, Stasiun Kereta Api, Apartement dan yang lainnya. Sebagai tahap awal, JNE-PopBox disediakan khusus bagi pemilik kartu JLC (JNE Loyalty Card). Cara memiliki Kartu ini bisa dibuka linknya di www.jne.co.id atau customer care 021-29278888.

KetigaLayanan @Box Prepadi. Layanan yang ditujukan sebagai alat pendukung pengiriman dan diperjualbelikan untuk kepentingan pengiriman wilayah DKI Jakarta. Harga Box sudah termasuk harga ongkos kirim.

Jenis Box prepaid ada dua, pertama @Box 2 prepaid dengan harga Rp 22.000. Ukurannya adalah P.30 x L. 30 x T.12 (Volumetric = 1,9 m3). Kedua, @Box 3 Prepaid dengan harga Rp 40.000. Ukurannya adalah P.35 x L.33 x T.17 (Volumetric = 2,7 m3). Berat maksimal adalah 5 kg.

Keempat, Promo Service Super Speed. Layanan ini dimulai pada 8 Februari sampai dengan 7 Maret 2016 jam 08.00 – 15.00 WIB khusus pengiriman dari dan tujuan Jakarta. Berlaku untuk customer yang datang ke 28 kantor perwakilan JNE di Jakarta atau bisa juga yang paketnya di jemput. Tarif yang berlaku dalam promo ini adalah Rp 40.000 per kilogram dan besaran berat selanjutnya adalah Rp 4000 per kilogram. (contoh : berat paket 10 kg biayanya adalah Rp 40.000 (berat kg pertama) + (Rp 4000 x 9 ) 9 kilogram berat selanjutnya.

Kelima, JNE International Shipment. Layanan ini adalah layanan untuk pengiriman internasional dengan harga yang kompetitif karena bekerjasama dengan mitra strategis seperti DHL untuk kiriman ke Eropa dan dengan Sung Fung untuk pengiriman paket ke negara-negara Asia.

Negara-negara tujuan utama pengiriman antara lain negara-negara Asia Pasifik seperti Singapore, China dan Hongkong.

kemudahan lainnya selain harga yang kompetitif, pelanggan JNE bisa melakukan trace and Track melalui website JNE di www.jne.co.id.

Keenam, Layanan CD Musik. JNE berperan dalam kampanye “Stop CD Bajakan”. Kerjasama dilakukan dengan Kirai Adiwarna Musik Indonesia (KAMI).

CD musik Indonesia dijual di 153 gerai JNE di seluruh Indonesia dan website Pesona (pesanan Oleh-Oleh Nusantara). Hanya saja waktu dan tanggal mulai penjualan di gerai-gerai akan diumumkan nanti.

Ketujuh, layanan JNE Trucking. Layanan ini merupaka layanan pengiriman jalur darat yang saat ini beroperasi untuk wilayah Sumatera, Jawa dan Bali dengan minimum berat pengiriman 10 kg dan segera beroperasi pada bulan Maret 2016.

Truck yang digunakan adalah berjenis Double-Ducker sehingga paket yang diangkut lebih aman dan minim resiko pada saat proses pengiriman. Namun perlu diperhatikan oleh konsumen,bahwa layanan ini tidak meneriman dalam bentuk makanan yang cepat rusak atau hanya bertahan selama beberapa jam.

Dengan hadirnya 7 layanan ini bisa memberikan terobosan pada aspek layanan JNE bagi masyarakat. “Kami sadar akan pentingnya kreatifitas dalam menumbuhkan terobosan pada aspek layanan serta penguatan kemitraan strategis guna memaksimalkan utilitas produk. Hal ini yang mendasari komitmen kami untuk berinvestasi dalam jumlah yang signifikan di tahun ini.” Kata Mohamad Feriadi, Presiden Direktur JNE di Kuningan Jakarta Selatan (29/2/2016).

Lebih lanjut Mohamad Feriadi mengungkapkan, “Sebagai perusahaan terpercaya, kami berkomitmen untuk terus mendukung perkembangan industri logistik di Indonesia. Hal ini selaras dengan komitmen pemerintah untuk menitikberatkan pada sektor perdagangan dimana JNE menjadi salah satu penyokongnya. Kami akan terus berupaya untuk membangun layanan yang bisa mengakomodasi kebutuhan pengguna yang terus berubah dengan cepat. Adaptasi terhadap situasi tersebut kami tuangkan dengan semangat  melahirkan terobosan baru yang baru dan inovatif.”

[caption caption="Bapak Mohamad Feriadi di depan PopBox dalam acara launching 7 maginificent,Jakarta (sumber foto :jakartakita.com)"]

[/caption]

*artikel ini juga dimuat di Blog pribadi saya

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun